fbpx

Pengertian Parked Domain dan Keuntungan Membuatnya

Nama yang bagus merupakan sebuah komoditas berharga untuk suatu atau , misalnya untuk meningkatkan rangking pencarian . Namun, seringkali saat kita menginginkan satu nama, ternyata nama tersebut sudah dipakai. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan .

Anda bisa memarkir sebuah domain walaupun konsep atau bisnis Anda masih dalam perencanaan, atau disebut parked domain.

Simak penjelasan detail mengenai parked domain berikut ini.

Pengertian Parked Domain

pengertian parked domain

Parked domain adalah suatu nama domain yang sudah teregistrasi, namun belum tertaut ke manapun. Jadi, domain ini belum ada yang menggunakan secara aktif. Domain ini hanya diparkir untuk bisa digunakan nanti di kemudian hari.

Biasanya, sebuah nama domain yang sudah terdaftar akan mengarah pada layanan . Hosting inilah yang merupakan rumah untuk semua website. Namun, untuk parked domain, tidak ada sambungan yang mengarah pada hosting.

Jadi, Anda tetap bisa membuat sebuah domain sesuai kebutuhan, tanpa harus tertaut pada layanan hosting.

Manfaat Membuat Parked Domain

fungsi parked domain

Membuat parked domain pasti karena mendatangkan manfaat-manfaat tertentu, bagi pemilik website. Lalu, apa saja manfaat membuat parked domain? Berikut penjelasannya:

1. Memesan Nama Domain

Seperti dijelaskan di atas, salah satu alasan yang mendasari seseorang untuk membuat parked domain adalah untuk “mengamankan” sebuah nama domain. Nama ini bisa jadi merupakan nama yang unik, bagus, atau relevan dengan bisnis atau brand yang akan ia bangun.

Saat sudah menemukan sebuah nama domain, sebaiknya Anda segera mendaftarkannya. Karena, persaingan dalam memperebutkan nama domain yang bagus sangat ketat. Bisa jadi nama yang Anda inginkan tiba-tiba diambil orang lain dan tentunya akan membuat Anda sangat kecewa.

Baca Juga :  9 Istilah dalam Web Hosting yang Wajib Diketahui

2. Memaksimalkan SEO

Dengan memiliki nama domain tertentu yang sesuai dengan bisnis, tentu akan memudahkan orang-orang menemukan website tersebut. Hal ini tentu berpengaruh pada brand awareness yang dapat Anda raih dengan lebih mudah.

Selain itu, ini juga berkaitan dengan optimasi , di mana nama yang relevan dengan pencarian Google, akan meningkatkan peringkat dan reputasi website. 

Saat peringkat bagus, tentunya website Anda akan menjadi semakin kredibel dan tepercaya. Sehingga hal ini bisa meningkatkan bisnis Anda dan mendatangkan transaksi yang diharapkan.

3. Menyempurnakan Konsep Website Terlebih Dahulu

Tak jarang saat menemukan nama yang bagus dan cocok, ternyata konsep bisnis Anda belum terlalu sempurna untuk segera melakukan launching. Nah, dengan parked domain, Anda bisa segera mendaftarkan nama domain impian Anda, sembari menyempurnakan konsep website atau bisnis terlebih dahulu.

Dengan begitu, Anda tidak perlu terburu-terburu untuk merilis website saat rancangan belum matang. Saat waktunya sudah tepat, Anda bisa launching website yang sudah sempurna sekaligus dengan nama yang sesuai keinginan Anda.

4. Menghasilkan Uang

Walaupun parked domain tersebut tidak aktif dan belum ada kontennya, bukan berarti tidak bisa menghasilkan apa-apa. Anda bisa mengisinya dengan memasang iklan-iklan di situs tersebut.

Jadi, saat orang mengunjungi website dan mengklik iklan di sana, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan. Anda hanya cukup menunggu tanpa harus mengisi website dengan konten-konten.

Tak hanya memberikan penghasilan dari iklan saja. Seperti yang Anda ketahui, perebutan nama website ini sangat ketat sehingga banyak orang yang rela membayar mahal untuk mendapatkan nama domain yang unik dan bagus. 

Nah, ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menjual nama domain tersebut apabila ada orang yang menawarnya. Tentu ini menjadi potensi bisnis yang menggiurkan, bukan?

Baca Juga :  Substack vs WordPress : Mana yang Lebih Baik?

Nah, itulah parked domain dan manfaat membuatnya. Apakah Anda tertarik untuk memesan sebuah parked domain?