fbpx

Apa Itu Domain XYZ, Kelebihan, dan Kekurangannya untuk Bisnis

Apa itu domain XYZ? XYZ merupakan salah satu domain paling populer di dunia saat ini, selain ekstensi .com, .net atau .org.

Jika Anda atau perusahaan Anda sedang mengembangkan dan ingin lebih mendunia tanpa terbatas oleh batas geografis, domain XYZ merupakan pilihan yang tepat.

Untuk lebih mengenal tentang domain ini, berikut akan menjelaskan lebih detail terkait hal tersebut.

Mengenal Apa Itu Domain XYZ

Apa itu Domain XYZ

Domain XYZ adalah domain yang berkembang di tangan Daniel Negari pada Juni 2014 sebagai alternatif gTLD baru. Kreasi ini lahir sejak masyarakat mulai kebingungan mencari nama untuk nama domain .com mereka.

Domain ini semakin populer pada tahun 2015 ketika grup induk Alphabet Inc masuk dan mengadopsi penggunaan ekstensi domain ini.

Alhasil di tahun tersebut, pengguna domain XYZ makin melesat dan mencapai lebih dari 1,5 juta user yang mendaftar. Jumlah tersebut bertambah besar di tahun 2021 dengan angka lebih dari 3,6 juta pengguna, dengan jumlah terbesar berada di China.

Keistimewan Domain XYZ

Domain XYZ adalah

Domain XYZ muncul di tengah semakin sesak dan mahalnya domain .com maupun .net. Daniel Negari selaku pengembang pun meluncurkan domain ini untuk generasi muda yang belakangan identik dengan istilah generasi X Y Z.

Domain ini pun hadir dengan menawarkan berbagai manfaat, terutama bagi seorang pebisnis. Meski XYZ adalah tiga huruf di akhir alfabet, namun penggunaannya tidak terbatas pada spesifikasi atau kalangan tertentu.

Baca Juga :  Manfaat dari Penggunaan Media Sosial

Selain itu, Anda dapat berkreasi dengan membuat nama domain yang pendek dan menarik sehingga Anda mudah mengingatnya.

Alasan lain kenapa domain XYZ menjadi cukup populer adalah domain ini tidak terbatas wilayah atau geografis. Oleh karena itu cocok untuk Anda yang sedang mengembangkan bisnis mancanegara.

Kelebihan dan Kekurangan Domain .xyz

kelebihan dan kekurangan domain XYZ

Berikut ini kelebihan dan kekurangan domain XYZ:

Kelebihan

Beberapa kelebihan yang membuat banyak pengguna tertarik menggunakan domain ini, antara lain:

1. Domain Tidak Terbatas Letak Geografis

Domain XYZ bersifat internasional dan antargenerasi. Selama ini sebagian besar gTLD baru terbatas secara geografis seperti .eu, .co.uk, .cologne atau .

Namun dengan ekstensi domain .xyz, tidak ada batasan dalam mendaftarkan nama domain baru karena Anda dapat menyelesaikan registrasi domain di negara mana saja.

2. Tidak Spesifik pada Industri Tertentu

Domain XYZ menawarkan fleksibilitas dan mencakup penggunaan gTLD yang luas. Terlebih domain .xyz ini pendek, menarik, dan membuat pengguna mudah mengingatnya.

Domain .xyz sangat cocok untuk berbagai keperluan mulai dari bisnis, pekerja lepas, eCommerce, , dll. Domain ini pun tidak terbatas pada tema, proyek, atau bidang tertentu.

3. Bisa Berkreasi dengan Nama Domain

Anda memiliki kesempatan untuk membuat alamat yang branded, contohnya namaperusahaanAnda@domainanda.xyz. Selain itu, Anda juga bisa membuat domain premium dengan memilih sendiri sesuai nama yang Anda inginkan.

Karena sesuai dengan keinginan, Anda bisa dengan mudah mengingat nama domain yang Anda buat.

Kekurangan Domain XYZ

Meski punya banyak kelebihan, domain ternyata juga memiliki kekurangan, yaitu:

1. Belum Banyak yang Menggunakan

Penggunaan domain ini lebih sedikit daripada ekstensi domain .com atau .net sehingga masih sangat asing di telinga pengguna awam.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu GTMetrix Dan Cara Kerjanya

2. Berpotensi Terjadi Tindakan Ilegal

Domain XYZ apakah penipuan? 

Pertanyaan tersebut belakangan ramai didiskusikan di dunia maya setelah adanya laporan dugaan penipuan oleh domain berakhiran xyz Swagbuck.

Laporan tersebut berawal dari cuitan warganet pada 17 Januari 2022 tentang situs Swagbuck.xyz dan Swagbuckssn.xyz yang mengimingi-imingi komisi bagi pengguna seperti layaknya penipuan online.

Akses yang dapat siapa pun punya karena murah dan tidak terbatas wilayah,  membuat domain XYZ berpotensi menjadi tempat seseorang atau kelompok tertentu untuk berbuat kejahatan online (cyber crime).

Itulah penjelasan tentang apa itu domain XYZ yang belakangan tren penggunaannya terus berkembang.

Nah, bagi Anda tertarik membuat domain, dapat berlangganan untuk pembuatan domain di Dewabiz.com. Terdapat promo diskon termurah untuk pembuatan domain .xyz yang Anda bisa dapatkan dengan harga hanya Rp23.000 saja.