fbpx

Mengenal Domain .CO.ID Domain Untuk Perusahaan

Saat ini memang sudah sangat banyak platform maupun yang bisa digunakan seseorang sebagai wadah untuk menghasilkan uang. Salah satu wadah yang dimaksud yakni mendirikan untuk menyajikan beragam informasi khusus. Dalam sebuah website ada yang dinamakan yang perannya sangat penting bagi kelancaran sebuah situs.

Selain itu, domain ini  sangat banyak jenisnya seperti salah satu contohnya adalah .CO.ID. Jenis ini yang kerap kali dikunjungi oleh para pengguna . Namun, perlu Anda ketahui jika domain ini dikhususkan untuk menyajikan informasi mengenai sebuah perusahaan. Sudah banyak pihak yang menggunakan dan .CO.ID memang begitu populer digunakan.

Pengertian Domain .CO.ID dan Sejarahnya

Seperti yang diketahui bersama bahwa saat ini memang sudah banyak domain yang bisa digunakan untuk kebutuhan website. Salah satunya contohnya, yakni domain .CO.ID yang banyak digunakan untuk website perusahaan. domain .CO.ID sendiri merupakan domain yang pengambilan datanya dari kata CO dan ID. Untuk kata CO berarti Company dan untuk kata ID berarti Domain.

Kata ID tersebut  merupakan identitas dari Indonesia untuk digunakan dalam sebuah website lokal. Dengan melihat pengambilan kata dari .CO.ID ini memang hanya dikhususkan untuk perusahaan saja yang ingin membuat situs-situs tertentu. Dimana dalam situs tersebut nantinya akan tertuang terkait dengan sejarah dari perusahaan hingga produk dan yang ditawarkan.

Berdasarkan dengan sejarah dari domain ini, pada awalnya dikemukakan oleh seseorang yang bernama Verisign pada tahun 1985. Dimana domain saat ini hanya ada 6 dan kemudian di kembangkan menjadi 265 nama domain. Jika ingin mempunyai website yang sukses, pengguna harus memilih nama domain yang sesuai dengan kebutuhan.

Apa Fungsinya?

Mengenai fungsi yang dimiliki dari domain .CO.ID memang kerap dijadikan sebagai kode dari sebuah perusahaan. Dengan begitu, kode ini pun dijadikan sebagai kode dari situs yang dimiliki dan hanya digunakan oleh website perusahaan Indonesia. Bahkan kegunaan dari domain ini pun untuk dijadikan sebagai pembeda dari perusahaan dan juga organisasi yang ada.

Baca Juga :  Apa itu SEO On Page? Pengertian, Manfaat dan Cara Optimasinya

Olehnya itu, .CO.ID ini sangat cocok digunakan untuk seseorang yang masih baru merintis situs perusahaan. Dengan Anda menggunakan domain ini tentunya dapat memudahkan situs perusahaan untuk dikunjungi oleh banyak orang. Mengapa? karena tingkat kredibilitasnya sangat terjamin dan hanya digunakan oleh perusahaan resmi saja.

Syarat Mendaftar Domain .CO.ID

Untuk menggunakan domain ini tentu pengguna harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Dimana dalam melakukan pendaftaran, ada syarat yang harus dipenuhi oleh pengguna karena domain ini memang bersifat resmi. Lantas apa saja syarat yang diperlukan? Berikut penjelasan terkait dengan syarat yang diperlukan untuk mendaftar domain .CO.ID:

1. Kartu Identitas

Pada umumnya kartu identitas yang dibutuhkan dalam persyaratan ini dapat berupa KTP elektronik. Dimana KTP ini memang kerap kali dijadikan sebagai persyaratan dalam segala hal yang akan diurus yang sifatnya resmi. Karena dalam KTP ini sudah tercantum identitas dari seseorang mulai dari nama lengkap hingga NIK yang dimilikinya.

Selain KTP yang dapat dijadikan sebagai kartu identitas dalam pendaftaran domain ini, pasport juga bisa digunakan sebagai pengganti KTP. Sama halnya dengan KTP, passport pun mencantumkan identitas lengkap dari orang yang bersangkutan. Dengan begitu, pihak pelayanan domain .CO.ID bisa mendaftarkan pemilik perusahaan untuk menggunakan domain tersebut.

Baca Juga Berikut : Mengenal Domain .ID Yang Banyak Digunakan

2. Surat Izin

Ternyata surat izin juga sangat diperlukan jika seseorang ingin menggunakan domain tersebut ke dalam sebuah website perusahaan. Dimana surat izin yang ada saat ini memang cukup beragam dan yang dibutuhkan bisa salah satu dari jenis surat izin tersebut. Adapun jenis surat izin yang berkaitan dengan perusahaan seperti SIUP, NPWP, AKTA, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Cara Pindah Hosting Di Wordpress Dengan Mudah

Untuk memperlihatkan surat izin yang dimiliki tersebut, pemilik perusahaan bisa menggunakan salah satu dari surat izin yang dimaksud. Karena dengan adanya surat izin ini akan menambah kepercayaan bagi pihak pelayanan domain untuk didaftarkan. Selain itu, surat izin ini juga bersifat resmi dan didapatkan dari pihak yang bersangkutan.

3. Sertifikat Merek

Untuk persyaratan yang satu ini memang tidak diwajibkan namun bisa dibawa jika pihak perusahaan mempunyai sertifikat tersebut. Dimana sertifikat ini biasanya dimiliki oleh perusahaan yang mempunyai produk berupa barang yang ditawarkan kepada . Nantinya produk tersebut harus mempunyai sertifikat kepemilikan merek.

Maksudnya, adanya sertifikat ini dapat menunjukkan bahwa merek dari produk yang ditawarkan benar-benar berasal dari perusahaannya. Olehnya itu, sangat dibutuhkan sertifikat ini jika mempunyai produk yang akan ditawarkan nantinya dalam website. Maka dari itu, pengguna harus menyediakan sertifikat ini untuk mengantisipasi jika diminta.

4. Surat Keterkaitan

Adanya surat keterkaitan ini dijadikan sebagai persyaratan apabila nama domain yang dicantumkan nantinya berbeda dengan nama perusahaan. Sebab, pada saat ini memang tidak dapat dipungkiri jika ada nama domain yang tidak sama dengan nama dari perusahaan. Kejadian seperti inilah yang membutuhkan surat keterkaitan yang biasanya berasal dari perusahaan.

Jangan sampai hanya mengatasnamakan sebuah perusahaan saja untuk kepentingan website yang tidak jelas. Sebab nama domain berbeda dengan nama perusahaan yang tercantum dalam surat izin yang diperlihatkan seperti SIUP. Pengguna perlu mempertimbangkan hal ini pada saat ingin mendaftarkan website yang dimiliki agar menggunakan domain .CO.ID.

Itulah penjelasan terkait dengan domain .CO.ID yang dapat diketahui oleh seseorang utamanya oleh pemilik perusahaan. Karena domain ini memang hanya diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai website menyajikan terkait dengan perusahaan. Selain itu, syarat untuk melakukan pendaftaran domain ini pun tidak terlalu sulit untuk dipenuhi pengguna.

Baca Juga Artikel Berikut : Macam-Macam Daftar Harga Domain Baru Murah