fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

HostingTechnology

Ternyata Begini Menentukan Hosting Web Server dengan Mudah

Rianda

Merupakan sebuah layanan yang dapat menyimpan setiap file serta data website online membuat hosting pun banyak dipilih. Pasalnya untuk menentukan hosting web server yang dapat digunakan, tentu harus mempertimbangkan beberapa aspek. Berikut ulasan tentang informasi selanjutnya yaitu:

Tentang Hosting Web Server

Menyediakan teknologi serta resource yang dibutuhkan oleh setiap pengguna, membuat keberadaan hosting pun sangat diperlukan. Pasalnya, pengguna bisa melakukan akses internet dengan efektif dan juga aman. Mengingat tugas yang dilakukan oleh hosting web yaitu mengelola dan menjalankan server.

Tidak hanya itu saja, hosting juga mampu memastikan setiap data seperti foto, file web, teks yang bisa diakses secara online. Secara umum hosting diibaratkan seperti rumah untuk website, sehingga siapa pun bisa mengunjunginya. Bagaimana sangat fleksibel bukan penggunaanya?

Kemudian, jika dilihat berdasarkan jenisnya, hosting terdiri dari beberapa jenis yang dapat pengguna sesuaikan. Oleh sebab itu, pengguna harus dapat memilih hosting yang tepat. Daftar jenis dari hosting yang ditawarkan di antaranya yaitu:

  • VPS
  • Cloud Hosting
  • Shared Hosting

Jika dilihat dari beberapa jenis hosting yang disebutkan, VPS sendiri diperuntukan bagi website project, ecommerce hingga high traffic blog. Namun untuk cloud hosting, lebih diperuntukan bagi toko online serta portal berita. Beda lagi halnya dengan share hosting untuk blog pribadi.

Cara Menentukan Hosting Web Server Bagi Pemula

Persaingan yang terjadi antara para pengembang saat ini cukup menarik, terlebih lagi layanan pengembang hosting. Hal ini, tentu membuat pengguna cukup kesulitan untuk menentukan hosting yang tepat. Sekarang pengguna tidak perlu bingung lagi, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu:

1. Memperhatikan Jenis Website

Cara menentukan hosting web server yang pertama yaitu dengan memperhatikan jenis website. Mengingat setiap jenis website mempunyai karakteristik yang berbeda sesuai fungsinya. Oleh sebab itu, pengguna dianjurkan untuk memperhatikan lewat informasi web yang disediakan.

Contohnya, pengguna menginginkan pembuatan blog atau web pribadi, maka bisa menggunakan shared hosting. Pasalnya kisaran harga yang diberikan untuk perorangan cukup murah. Biasanya kisaran harga yang ditetapkan perbulan yaitu belasan ribu rupiah.

2. Berdiskusi dengan Web Developer

Selanjutnya cara yang dapat dilakukan untuk menentukan hosting yang tepat yaitu dengan berdiskusi dengan web developer. Cara yang satu ini merupakan salah satu yang efektif, mengapa? Pasalnya setiap web developer memahami jenis serta fungsi web yang pengguna butuhkan.

Hal tersebut dapat pengguna lakukan dengan berkonsultasi dengan developer yang selama ini mengerjakan website pengguna. Pasalnya, pertimbangan tersebut dilakukan bukan hanya berdasarkan harga. Namun juga kecepatan akses dan bandwidth yang diperoleh.

3. Mencari Tahu Kebutuhan Web

Selanjutnya, penentuan hosting web pun bisa dilakukan dengan mencari tahu kebutuhan web. Hal ini, dapat pengguna identifikasi mulai dari kecepatan akses, traffic, disk space dan lainnya. Lewat berbagai pertimbangan itulah, baru hosting pun bisa ditentukan.

Apa Saja Kriteria Menentukan Hosting?

Supaya tidak salah dalam memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan, pengguna tentu harus menetapkan sebuah kriteria. Dalam kriteria tersebut berisikan beberapa aspek penting yang dibutuhkan dalam web. Berikut kriteria dalam memilih hosting yang bisa digunakan yaitu:

  • Kecepatan
  • Keamanan
  • Skalabilitas
  • Bantuan tim support

Berdasarkan penjelasan beberapa aspek yang dapat digunakan, setiap pengguna tentu akan cenderung menginginkan semuanya. Pasalnya keseluruhan aspek tersebut mendukung sistem kerja web. Belum lagi aspek kecepatan yang sangat dibutuhkan oleh semua jenis web.

Demikianlah menentukan hosting web server yang dapat diketahui dan dipelajari sebelumnya. Jika masih ada hal yang ragu atau belum dipahami, pengguna bisa berdiskusi dengan para developer. Jangan lupa juga cari beberapa ulasan terkait agar cepat memahaminya.

Baca Juga