fbpx

Macam-Macam Tools Gratis Untuk Riset Keyword

Sebelum menentukan mana kata kunci yang tepat ketika akan membuat artikel, maka satu hal harus dilakukan riset keyword terlebih dahulu. Untungnya di era perkembangan seperti sekarang sudah banyak tools gratis untuk riset keyword.

Sehingga untuk hasil yang diberikan lebih efektif dan mudah untuk digunakan ketika melakukan riset. Dengan adanya beberapa tools gratis untuk riset keyword bisa menemukan kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan para pembaca.

Nantinya dengan penggunaan kata kunci atau keyword ini akan lebih mudah ditbizziei oleh mesin pencarian artikel yang ber friendly. Bahkan juga bisa saja artikel yang bizzie buat berada di posisi yang balik atas pada mesin pencarian.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap dan jelas mengenai beberapa tools gratis untuk riset keyword. Sedangkan untuk bizzie yang penasaran apa saja jenis tools tersebut bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini.

4 Jenis Tools Gratis Untuk Riset Keyword

Suatu keyword atau kata kunci yang baik tentunya harus bisa membantu kita dalam melakukan SEO. Tujuannya yaitu dapat meningkatkan kualitas dari sebuah konten atau artikel. Untuk beberapa tools gratis untuk riset keyword adalah:

Tools gratis untuk riset keyword yang pertama adalah Search. Pada tools kali ini mempunyai cara penggunaan paling mudah. Pada saat menggunakan Google Search akan diberikan beberapa kata kunci atau keyword yang saling berhubungan dengan mesin pencarian.

Hal tersebut bisa terjadi, karena Google Search telah memberikan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan pencarian secara instan. Misal bizzie sedang mencari kata kunci “tool riset terbaik” mak pada Google Search maka untuk hasil yang diberikan saling berkaitan dengan topik tersebut.

Semua hasil yang diberikan oleh Google Search ini bisa dijadikan sebagai ide konten. Ada beberapa tips yang bisa digunakan pada Google Search yaitu menggunakan mode incognito atau guest window.

Pada saat bizzie menggunakan tools gratis untuk riset keyword ada satu tujuan yang didapatkan. Untuk satu tujuan tersebut adalah semua hasil pencarian bisa tetap akurat tanpa terpengaruh dengan beberapa riwayat pencarian sebelumnya.

Google Trends adalah tools gratis untuk riset keyword yang sudah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Untuk tools Google Trends kali ini dapat memudahkan bizzie mengetahui trend pencarian di dalam waktu tertentu.

Baca Juga :  Cara Melacak Hp Dengan Mudah

Selain itu, pada tools gratis untuk riset keyword kali ini dapat memberikan hasil pencarian secara real time. Pada platform Google Trends diberikan hasil satu keyword yang sedang banyak digunakan oleh kalangan blogger, marketer dan pebisnis.

Sedangkan untuk kelebihan lainnya adalah dapat menyaring pencarian berdasarkan dengan wilayah, daftar trending topic di kurun waktu tertentu. Fitur lainnya dari Google Trends adalah mempunyai navigasi dengan cara yang paling mudah untuk digunakan.

Pada Google Trends juga bisa memberikan hasil pencarian keyword yang sesuai dengan topik dengan membandingkan beberapa kata kunci secara bersamaan. Bahkan, Google Trends juga bisa memberikan keyword dari platform Google Image, sampai dengan .

Dengan adanya beberapa keunggulan pada Google Trends ini bisa memberikan nilai pada keyword mana yang mempunyai tingkat pencarian tinggi. Sehingga dengan banyaknya keyword yang muncul tersebut bizzie tinggal memilih mana mau digunakan.

3. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner ini hampir sama dengan tools gratis untuk riset keyword pada sebelumnya. Selain itu, Google Keyword Planner ini dapat membantu bizzie untuk memperoleh kata kunci yang tepat dan akurat.

Perbedaan dengan tools gratis untuk riset keyword sebelumnya adalah dapat memberikan kata kunci untuk iklan sebagai salah satu layanan pada . Artinya untuk tools kali ini bisa dikatakan sangat efektif untuk menargetkan kata kunci dengan tujuan SEO.

Selain itu, untuk tools Google Keyword Planner ini dapat mendukung proses riset keyword bisnis. Salah satunya adalah keyword iklan yang mampu memberikan dukungan pada peningkatan conversion rate.

Di dalam fitur tersebut bizzie bisa menikmati dua fitur lainnya yaitu discover new keyword and get search volume and forecast. Pada fitur discover new keyword akan membantu bizzie dalam mencari sampai lebih dari sepuluh keyword atau kata kunci yang saling berhubungan.

Sekaligus di dalam fitur tersebut juga bisa memberikan kata kunci yang sesuai dengan website bizzie. Lebih menariknya lagi pada saat menggunakan Google Keyword Planner bisa mengetahui tingkat pencarian dengan kata kunci yang berada di peringkat pertama.

Sedangkan fitur get search volume bizzie forecast dapat membuat bizzie untuk mendapatkan informasi lebih spesifik dengan paid search. Sehingga bizzie bisa memetakan keyword supaya bisa mendapatkan target yang diinginkan.

Baca Juga :  Cara Melihat Website Palsu, Perlu Kamu Waspadai Agar Tidak Tertipu!

Banyaknya informasi yang disediakan oleh tools kali ini, maka Google Keyword Planner dapat membantu bizzie untuk melakukan analisis. Analisis yang dilakukan adalah amna keyword yang paling potensial untuk bisa digunakan.

Tapi untuk bizzie lebih baik tidak terlalu mengandalkan tools gratis untuk riset keyword Google Keyword Planner saja. Tidak ada salahnya juga bizzie menggunakan keyword tools lain supaya mendapatkan hasil riset yang lebih maksimal.

4. Google Search Console

Tools gratis untuk riset keyword selanjutnya ada Google Search Console. Google Search Console merupakan salah satu tools gratis yang berasal dari Google dan bisa digunakan untuk melakukan pemantauan performa website secara efektif.

Selain itu, dengan adanya tools ini para pengguna bisa melihat laporan performa keyword pada semua konten. Contohnya para pengguna akan diberikan berapa jumlah klik yang mampu dihasilkan pada suatu konten dan kata kunci.

Bahkan para pengguna juga bisa memantau posisi keyword konten di dalam mesin pencarian. Tools kali ini sangat mudah untuk digunakan dan bisa langsung terintegrasikan dengan website yang berbasis .

Sehingga dengan hal tersebut bisa melakukan monitoring secara mudah. Semua laporan yang diberikan oleh Google Search Console nantinya bisa dilihat pada menu tab performance.

Sedangkan untuk hasil ada riset keyword bisa melihatnya pada menu tab quires. Di dalam menu tersebut bizzie bisa mendapatkan beberapa daftar kata kunci yang bisa digunakan secara lengkap.

Semua jumlah klik pada website atau bizzie akan diberikan diberikan penjelasan secara rinci di dalam laporan tersebut. Dengan data yang diberikan oleh Google Search Console ini dapat dijadikan alat untuk meningkatkan efektivitas dan performa keyword yang akan digunakan.

Bizzie juga bisa menemukan beberapa kata kunci atau keyword baru sebagai ide konten pada artikel. Selain itu, bizzie juga bisa menggunakan beberapa filter seperti posisi dari hasil pencarian tersebut.

Meski terlihat sederhana, akan tetapi fitur kali ini mampu memberikan hasil pencarian yang sesuai dengan filter tersebut. Sehingga untuk beberapa keyword yang mempunyai performa kurang maksimal bisa langsung dilakukan optimasi lebih lanjut.

Itulah dia empat tools gratis untuk riset keyword yang bisa digunakan oleh kalangan masyarakat. Sedangkan untuk bizzie yang ingin melakukan riset keyword bisa memilih salah satu tools dengan cara penggunaan paling mudah dipahami.