fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Ketahui Cara Mengundang Zoom Meeting Di Laptop Untuk Acara Online

Rianda

Di tahun 2022 ini, ada banyak hal yang mungkin akan dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui cara mengundang zoom meeting di laptop dengan benar. Tentu saja informasi ini tepat guna untuk dicoba  dan diketahui terlebih bagi seorang pengajar, guru dan profesi lainnya.

Terlebih, aplikasi zoom juga memiliki banyak fitur yang menarik sehingga sangat cocok untuk digunakan berdiskusi, mengajar, hingga mengadakan rapat. Selain itu, penggunaan aplikasi zoom meeting cukup mudah digunakan bahkan untuk pemula yang ingin mengundang orang lain untuk ikut ke dalam meeting. Selengkapnya, inilah cara untuk mengundang zoom meeting di laptop:

1. Menginstall Aplikasi Zoom Meeting

Sebelum memulai cara mengundang zoom meeting di laptop, unduh aplikasi zoom meeting dan menginstalnya terlebih dahulu untuk kenyamanan penggunaan saat meeting berlangsung. Cara menginstalnya pun cukup mudah, dan juga tidak akan memberatkan memory laptop karena ukurannya yang kecil.

Jika kesulitan untuk mengunduh dan menginstal, maka ada cara lainnya yang bisa digunakan yakni dengan mengakses zoom meeting melalui laman website. Halaman website yang digunakan adalah laman website resmi milik zoom.

2. Memasukkan Email Dan Identitas Diri

Setelah berhasil melakukan penginstalan, silahkan sign in atau log in jika masih belum memiliki akun zoom meeting sebelumnya. Proses sign in dan log in menggunakan email dan password. Pengguna bisa merubah nama yang ditampilkan di aplikasi zoom sesuai dengan yang diinginkan.

3. Memulai Meeting Baru

Cara mengundang zoom meeting di laptop ini tentunya dimulai dari membuat meeting baru pada aplikasi zoom. Cara memulai meeting baru ini yaitu dengan memilih menu new meeting pada aplikasi zoom yang berlambangkan kamera dan berwarna orange. Pastikan untuk menggunakan aplikasi zoom meeting dengan koneksi internet yang nyaman  agar tidak terjadi kendala.

4. Memilih Menu Participant

Menu participant merupakan menu yang akan menampilkan daftar peserta zoom meeting yang mengikuti. Dalam hal ini, jika baru memulai meeting maka undangan yang harus disebar juga terletak pada menu ini. Menu participant terletak di bagian bawah layar PC. Sementara itu, menu ini memiliki ikon orang tanpa adanya tulisan.

Pilih menu ini untuk menuju pilihan yang selanjutnya sebagai salah satu cara mengundang zoom meeting di laptop. Ikon ini tidak akan muncul jika koneksi terganggu atau aplikasi zoom meeting belum tersambung dengan baik. Jadi, jika belum menemukan ikon orang atau menu participant tunggulah beberapa saat hingga zoom benar-benar tersambung.

Cara mengundang zoom meeting di laptop yang paling utama adalah dengan menyebarkan link undangan zoom tersebut kepada pihak yang ingin diundang. Link undangan tersebut berada pada menu participant yang telah dibuka sebelumnya. Pada menu participant terdapat pilihan menu invite.

Setelah menekan menu invite, maka akan ditampilkan pilihan cara penyebaran undangan atau invitation. Pengguna bisa menyebarkan link meeting secara langsung ataupun menyebarkan undangan secara tertulis lengkap disertai dengan kode masuk dan password. Kedua undangan tersebut memiliki tujuan yang sama yakni untuk mengundang namun dengan tampilan yang berbeda.

Demikian informasi terkait cara mengundang zoom meeting di laptop untuk meeting online dengan cara yang mudah untuk diterapkan. Saat mengakses aplikasi ini, baik melalui aplikasi maupun website, pastikan untuk menggunakan jaringan yang stabil. Aplikasi zoom meeting akan lemot atau tersendat jika koneksi dalam keadaan yang buruk.

Baca Juga