fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Ketahui Cara Memutuskan Koneksi Wifi Orang Lain Paling Mudah

Rianda

Jaringan internet pada wifi memang mempunyai kecepatan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan data seluler. Namun karena belum banyak yang bisa menikmati layanan wifi, beberapa oknum mulai membobol wifi milik orang lain. Hal ini menyebabkan koneksi wifi menjadi tidak lancar, sehingga pemilik wifi menerapkan berbagai cara memutuskan koneksi wifi orang lain yang tersambung.

Bisa dibayangkan berapa banyak tagihan yang harus dibayarkan jika ada banyak perangkat tidak dikenal menggunakan jaringan wifi tersebut. Bukan hanya koneksi menjadi tidak lancar atau membengkaknya tagihan. Pembobolan jaringan internet wifi juga bisa berdampak pada hal lainnya. Bagi yang ingin memblokir pengguna tidak dikenal bisa menerapkan beberapa cara berikut:

1. Gunakan CMD

Fungsi dari Command Prompt (CMD) adalah menjalankan instruksi apa pun di komputer termasuk menghubungkan atau memutuskan jaringan internet. Bahkan CMD ini juga bisa mengetahui perangkat mana saja yang terhubung pada koneksi WiFi. Jadi bukan masalah bagi orang yang mengetahui seluk beluk CMD untuk memutuskan jaringan internet.

Memutus jaringan Wifi dengan CMD bisa dimulai dengan membuka CMD (tekan Windows + R), ketik New View. Selanjutnya pilih komputer yang akan diputus jaringan internetnya. Ketik Ping Nama Komputer untuk tahu IP perangkat. Jika IP sudah didapatkan, ketika Shutdown – i. Masukkan IP dengan klik Add, setting menu sesuai keinginan. Terakhir pilih shutdown atau restart.

2. Pakai Aplikasi Wifi Kill

Kemudian bisa memanfaatkan aplikasi Wifikill jika ingin memutuskan koneksi internet orang lain dengan mudah. Pertama-tama unduh dan install aplikasi terlebih dahulu. Apabila menginginkan hasil optimal, berikan akses root ketika menggunakan aplikasi ini. Lalu scan wifi yang terhubung untuk mengetahui IP, pilih IP yang terlihat asing, aktifkan Grab & Kill. Jaringan wifi akan terputus.

3. Putuskan dengan MAC Address Filtering

Memakai MAC Address Filtering ini bisa untuk tahu identitas sebuah perangkat jaringan di device. Untuk cara memutuskan koneksi wifi orang lain dengan MAC Address Filtering bisa masuk ke modem. Selanjutnya pilih menu Networking > Advanced > Security > Wi-Fi Mac Filtering. Lalu memilih mode Blacklist, pilih New & masukkan Mac Address pada perangkat itu.

4. Pakai Netcut

Merupakan salah satu aplikasi yang bisa dipakai untuk memutus koneksi wifi pada perangkat tidak dikenal. Menggunakan aplikasi Netcut bisa mengetahui pengguna mana saja yang terhubung pada jaringan wifi dan memutusnya. Unduh terlebih dahulu aplikasi Netcut dan install di komputer atau laptop.

Setelahnya jalankan aplikasi Netcut, selanjutnya memilih tombol refresh. Ini dimaksudkan untuk menampilkan semua daftar perangkat mana saja yang terhubung ke wifi. Jika menemukan perangkat asing dan jumlahnya tidak hanya satu maka bisa diputus koneksi dengan memilih perangkat dan klik Cut Off.

5. Ganti Password

Sedangkan cara paling simpel jika ingin memutus jaringan wifi adalah dengan mengganti password router. Untuk cara ini tidak perlu harus mengunduh dan install aplikasi, karena bisa dilakukan dari router wifi. Caranya adalah dengan menyambungkan perangkat ke wifi. Selanjutnya buka browser dan ketik serial nomor 192.168.100.1.

Terus masukkan username serta password, apabila bingung bisa mencoba mengetik Admin pada dua bagian itu. Jika ingin mengganti password, maka bisa memilih menu Advanced. Di dalamnya terdapat beberapa sub menu, pilih Security > Account Management > Masukkan password lama. Nantinya akan diminta untuk memasukkan password baru, ketikkan password baru dan klik Apply.

Demikianlah kelima ulasan mengenai cara memutuskan koneksi wifi orang lain yang mudah dan bisa dilakukan sendiri. Menerapkan salah satu cara di atas bisa membantu meminimalisir terjadinya pembobolan wifi. Jangan lupa untuk mengecek perangkat yang terhubung pada wifi jika koneksi mulai lambat.

Baca Juga