fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Kenapa Smarwatch Tidak Bisa Nyala? Inilah Penyebabnya!

Rianda

Smartwatch merupakan jam tangan pintar yang memiliki banyak manfaat selain untuk menunjukkan waktu seperti pada umumnya. Harga smartwatch memang tergolong mahal, namun kegunaanya sebanding dengan harganya. Sayangnya, terkadang masih terdapat masalah kenapa smartwatch tidak bisa nyala yang membuat pengguna resah.

Sama juga dengan peralatan elektronik lainnya, smartwatch terkadang juga terjadi masalah tertentu seperti layarnya yang tidak bisa nyala. Hal tersebut tentu meresahkan penggunanya karena bingung kenapa hal tersebut terjadi. Untuk mengetahuinya berikut ulasan penyebab smartwatch tidak bisa menyala:

1. Baterai Lemah

Hal yang menyebabkan smartwatch tidak bisa menyala yang umum yakni karena baterai lemah. Baterai yang mulai lemah dan gagal biasanya membuat kinerja smartwatch menjadi tidak baik. Baterai lemah tersebut biasanya disebabkan berada pada suhu tinggi akibat pengisian daya yang terlalu lama.

Seperti baterai pada perangkat elektronik lainnya seperti handphone atau laptop, baterai pada smartwatch juga perlu untuk dirawat dengan baik pengisian dayanya. Dikarenakan apabila tidak akan membuat sel pada baterai memburuk yang hal tersebut akan membuat smartwatch menjadi tidak bisa menyala.

2. Kesalahan Perangkat Lunak

Penyebab smartwatch tidak bisa menyala yang juga cukup umum lainnya yakni karena adanya kesalahan perangkat lunak. Kesalahan tersebut dapat membuat smartwatch tidak sinkron dengan ponsel pengguna, sehingga membuat aplikasi yang dipasang tidak berfungsi dengan baik. Bahkan, menjadi tidak bisa dinyalakan.

Untuk masalah kesalahan perangkat lunak tersebut perbaikan yang disarankan yakni dapat dengan melakukan setel ulang pabrik atau merestart smartwatch. Kekurangannya setel ulang pabrik ini dapat membuat smartwatch menjadi di mulai ulang, sehingga data yang sebelumnya sudah dipasang menjadi hilang.

3. Kerusakan Tombol Power

Masalah lain yang menyebabkan smartwatch tidak bisa dihidupkan yakni kerusakan pada tombol power. Tombol power yang teksturnya halus dan digunakan pada saat yang lumayan mendadak dapat menyebabkan rusaknya tombol power pada smartwatch.

Tentunya apabila rusak pengguna otomatis tidak bisa menyalakan smartwatch.Biasanya tombol-tombol tersebut rusak karena tenggelam pada perangkat smartwatch, sehingga tidak bisa dioperasikan kembali.

Disarankan untuk menghindari hal tersebut adalah menggunakan tombol power dengan baik dan tidak terlalu kasar. Agar tombol power tidak mudah masuk dalam perangkat smartwatch.

4. Konektor Rusak

Selain penyebab kenapa smartwatch tidak bisa nyala yang dijelaskan di atas, penyebab yang lainnya yakni adanya kesalahan konektor. Kesalahan konektor bisa terjadi karena dari konektornya sendiri yang rusak atau adanya kesalahgunaan perangkat. Akibatnya, smartwatch yang digunakan tidak bisa menyala.

Kerusakan pada konektor tersebut biasanya terjadi karena pengguna yang terlalu sering memindah-mindah konektor saat mengisi daya. Hal tersebut kemungkinan menjadikan kabel atau konektor pengisi daya smartwatch menjadi rusak, sehingga smartwatch tidak nyala.

5. Masalah Layar

Penyebab tidak menyalanya smartwatch yang lainnya adalah karena adanya masalah pada layar smartwatch itu sendiri. Layar smartwatch yang rusak dapat menyebabkan smartwatch tidak bisa difungsikan dengan baik. Masalah layar biasanya terjadi karena kemasukan oleh air atau mengalami error dari perangkatnya sendiri.

Apabila memang smartwatch yang digunakan tidak sengaja terkena air dan layarnya mendadak mati, segerakan untuk mengeringkannya dengan handuk. Dapat juga dengan menaruhnya ke dalam beras, lalu dianginkan agar air dalam layar hilang. Setelah itu dapat melakukan isi daya smartwatch kembali.

Demikianlah, ulasan mengenai penyebab kenapa smartwatch tidak bisa nyala yang perlu untuk diketahui para pengguna smartwatch. Penyebab-penyebab tersebut dapat menjadi pengetahuan bagi pengguna agar lebih perhatian terhadap perawatan smartwatch.

Baca Juga