fbpx

Apa Saja Kelebihan Reseller Hosting? Simak Selengkapnya

Kelebihan reseller hosting, membuat banyak orang yang menganggapnya sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Pada konsepnya, menjual kembali sesuatu yang diperdagangkan akan memberikan kemudahan bagi reseller. Hal yang sama juga diterapkan pada layanan hosting.

Singkatnya, reseller hosting merupakan penjualan kembali layanan hosting dari pihak ketiga, yang berasal dari penyedia hosting. Hal ini merupakan bentuk dari kerjasama antara kedua pihak yang saling menguntungkan. Bagi yang tertarik menjadi reseller, simak berbagai kelebihan berikut:

1. Modal yang Tidak Besar

Sesungguhnya, modal merupakan halangan bagian sebagian orang untuk beralih menjadi pembuka usaha. Namun dengan reseller hosting, maka reseller tidak membutuhkan pengeluaran awal yang terlalu besar. Bahkan, sebagian penyedia juga menawarkan partnership tanpa modal.

Selain itu, reseller akan mendapatkan arahan bagaimana meningkatkan sales, agar banyak yang tertarik menggunakan hosting. Dengan persiapan yang minim, hingga persyaratan yang tidak macam-macam, orang sudah dapat memulai karirnya sebagai reseller hosting.

2. Layanan Teknisi Ditanggung Provider

Yang namanya hosting pasti akan membutuhkan layanan teknisi, khususnya jenis managed hosting. Sebagai reseller, ibaratnya hanya menyediakan layanan hosting seperti sales, bukan sebagai IT support. Maka itu, kelebihan reseller hosting yaitu reseller tidak perlu mengelola layanan yang dijual.

Layanan seperti konfigurasi control panel dan server, adanya error, hingga upgrade server, semuanya sudah ditanggung penyedia hosting. Layanan lainnya seperti customer support 24/7 juga bukan menjadi tugas reseller hosting. Sesuai namanya, reseller hanya menjual kembali produk hosting.

3. Bebas Dilakukan dan Tidak Terikat

Adapun kelebihan dari freelancer dibandingkan pekerja kantoran, yaitu tidak adanya skedul dan ikatan kontrak. Sebagai freelancer, reseller dapat menyesuaikan jam kerja sesuai aktivitas sehari-hari. Jika hari ini sedang tidak ingin berjualan, maka reseller tidak perlu berjualan.

Selain itu, selagi berjualan, reseller dapat melakukan pekerjaan lainnya bila ada. Alhasil, penghasilan yang diraih dapat melebihi gaji bulanan yang diterima pegawai. Tak heran mengapa banyak orang yang berpindah menjadi reseller hosting.

4. Proses Penjualan Tidak Sulit

Seperti yang dijabarkan sebelumnya, bahwa reseller akan mendapatkan arahan dalam melakukan sales. Salah satu arahan yang diberikan, yaitu bahan promoting dan persediaan yang sudah disediakan penyedia hosting. Reseller jadi tidak perlu membuat strategi marketing pribadi karena sudah diatur.

Meski sudah diatur, reseller juga diperbolehkan untuk mengatur strategi penjualan. Misalnya, reseller dapat memberikan harga sesuai keinginan, asalkan wajar. Keuntungan yang didapatkan reseller bisa diatur sendiri, yang terpenting adalah apakah banyak yang membeli atau tidak.

5. Dapat Berdiri sebagai White Label

Jika orang ingin membuat brand sendiri, maka kelebihan reseller hosting berikut ini harus wajib diketahui. Meski bergerak di bawah naungan penyedia hosting, namun reseller juga diperbolehkan untuk membuat brand sendiri. Hal inilah yang dinamakan sebagai white labelling.

White labelling sejatinya merupakan metode penjualan yang membuat reseller seolah-olah penyedia hosting. Di bawah brand baru, reseller dapat memutuskan strategi marketing sendiri untuk membangun kepercayaan customer. Meski terdengar bebas, namun reseller tetap harus mengikuti kebijakan penyedia hosting.

6. Demand Hosting yang Masih Banyak

Di saat perkembangan zaman yang serba digital, maka semakin banyak orang yang membutuhkan hosting untuk menjalankan website. Berbeda dengan resell produk lain, kelebihan reseller hosting yaitu demand dari pasar yang selalu ada. Hal ini dikarenakan hosting adalah produk sewaan.

Salah satu jenis hosting yang memiliki demand terbesar adalah shared hosting, karena harganya yang murah. Reseller dapat mencoba mengajak berbagai pemilik website, untuk berbondong-bondong menyewa shared hosting. Alhasil, pendapatan yang dimiliki akan lebih besar.

Demikian penjelasan mengenai berbagai macam kelebihan reseller hosting, yang bisa dijadikan usaha mandiri. Dengan keuntungan yang berlimpah, jenis usaha ini akan memiliki banyak peminat untuk kedepannya. Secara long run, reseller hosting memang usaha yang memiliki potensial tinggi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!