fbpx

Inilah Kelebihan dan Kekurangan VPN, Simak Ulasan Ini 

Banyak informasi beredar bahwa bisa menjadi salah satu solusi aman dari kejahatan dunia maya. Sehingga, ada banyak orang yang bertanya – tanya apakah VPN itu? Kelebihan dan kekurangan VPN seperti apa jika digunakan? 

Tepat sekali jika Anda merasakan pertanyaan – pertanyaan tersebut karena di bawah ini akan membantu menjadi pertanyaan – pertanyaan tersebut, terutama pada bagian apa kelebihan dan kekurangan VPN? 

Pengertian dari VPN dan Kegunaannya

Sebelum sampai di tahap pengetahuan kelebihan dan kekurangan VPN, tentunya mengetahui arti VPN itu sangat penting.Virtual Private Network merupakan kepanjangan dari VPN. Apa lagi itu? Jadi, VPN merupakan jaringan yang aman bagi penggunanya. Dimana jika Anda menggunakan VPN untuk akses dimanapun akan berjalan secara aman dan bersifat pribadi. 

Artinya VPN berfungsi untuk mengkoneksikan apapun itu perangkat ke perangkat lain di suatu tempat agar terhubung internet, sehingga VPN akan berguna untuk memberikan perizinan dalam menjelajahi internet menggunakan jaringan internet perangkat tersebut. 

Jadi, secara garis besar VPN ini sebenarnya aman dan legal untuk digunakan karena tindakannya tidak melanggar hukum dan mengacu pada kegunaan VPN yang menjadi sambungan internet pribadi dan aman. Berbeda cerita, jika VPN digunakan untuk mengakses jaringan perbaikan atau orang lain karena jelas itu ilegal dan akan bermasalah. 

Jadi, Apa Kelebihan dan Kekurangan VPN? 

Kelebihan dan kekurangan VPN akan dibahas secara terpisah, hal itu agar membuat Anda lebih paham dan fokus untuk mencermati informasinya. Pertama hal yang akan dibahas adalah tentang kelebihan VPN.

Baca Juga :  Perbandingan WordPress dan Drupal (Bagian 2 )

6  Kelebihan VPN

1. Mengamankan Data Sensitif 

Hal ini berguna jika Anda mengakses internet menggunakan Wi-Fi gratis atau public, maka kejahatan peretas akan mudah untuk mendapatkan bocoran . Jadi, jika Anda menggunakan VPN maka semua data tersebut akan aman karena data tersebut dienkripsi kan sebelum data dikirim ke internet. 

2. Adanya Remote Access

Kelebihan selanjutnya datang dari adanya remote access atau bisa dikenal juga dengan VPDN ( Virtual Private Dial -up Network) akan memudahkan Anda mengakses jaringan dari mana saja selama tetap terhubung ke internet. 

3. Menghemat Biaya Setup Jaringan

Kelebihan lainnya yang Anda akan rasakan yaitu bisa menghemat biaya setup jaringan. Alasannya karena VPN dalam menggunakan transmisi data antara satu dengan lainnya menggunakan media jaringan publik yang tersedia, sehingga Anda tidak perlu membangun jaringan pribadi lagi. 

4. Menyamarkan Lokasi

Kelebihan dari VPN selanjutnya yaitu bisa menyamarkan keberadaan VPN. VPN akan bertindak sebagai proxy Anda di internet. Jadi, data demografis yang berasal dari lain akan tidak bisa menemukan lokasi sebenarnya. Sehingga, ada beberapa penyedia VPN tidak menyimpan log aktivitas.

5. Mengakses ke Konten Regional

Konten yang berasal dari regional tidak dapat diakses dari mana saja, akan terdapat beberapa yang hanya dapat diakses di beberapa negara tertentu. Dalam hal ini VPN akan membantu server untuk beralih ke negara tertentu, sehingga nantinya Anda bisa mengakses situs regional tersebut.

6. Mengurangi Adanya Gangguan Koneksi

Sebenarnya layanan VPN merupakan layanan dalam jaringan pribadi, jadi hanya Anda saja yang bisa menggunakannya. Dengan hal itu, maka gangguan – gangguan akan minim untuk Anda temu. Jadi, VPN akan bertindak sebagai peranan pengaman dari koneksi.

6 Kekurangan VPN

1. Koneksi Internetnya Sulit

Anda sudah tahu bukan jika jaringan yang digunakan pada VPN ini sangat luas maka Anda harus benar – benar bersabar dan merasa maklum jika koneksi yang Anda gunakan dengan jaringan VPN akan sulit untuk diprediksi. 

Baca Juga :  Cara Paling Mudah Membuat Blog [Lengkap]

2. Berpotensi Gangguan Adware dan Malware

Virus berbahaya yang menyebar pada internet biasanya akan lebih mudah untuk masuk pada jaringan VPN, karena Anda tahu sendiri bahwa jaringan VPN mempunyai sistem menahan yang lemah termasuk perangkat yang lelet. 

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Ganti Password Cloud VPS Dengan Mudah

3. Rawan Penyadapan Data Perbankan

Disarankan sangat keras jika Anda menggunakan VPN jangan melakukan saat transaksi perbankan. Karena lalu lintas internet yang sifatnya luas ini akan cenderung dapat dimanfaatkan oleh pihak – pihak tidak bertanggung jawab. 

4. Berisiko Terkena Blokir

Risiko terkena blokir ini akan Anda rasakan ketika ada beberapa layanan jasa yang tidak memperbolehkan penggunaan VPN. Hal ini bisa terjadi pada jenis jasa streaming yang tidak seharusnya diakses, namun Anda memaksa untuk menggunakannya. 

5. Biasanya Pengguna VPN Bersifat Ilegal

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan VPN, kekurangan VPN selanjutnya yaitu tergolong sesuatu yang cenderung bersifat ilegal. Hal ini ada di beberapa negara dalam arti hanya beberapa negara saja yang melegalkan VPN tersebut. Ada beberapa hal yang mempunyai kuasa penuh untuk mengelola VPN.

6. Adanya Kesulitan Untuk Memerintah Kualitas Enkripsi

Jika Anda menggunakan VPN tidak ada pilihan yang bisa dijanjikan. Jadi, mungkin Anda akan menemui beberapa gangguan atau masalah saat menggunakan VPN. Karena pada umumnya PC tidak mempunyai pengetahuan yang memadai tentang kriptografi. Sehingga, diperlukan adanya pengetahuan khusus dan mendetail saat menggunakan VPN tentang ulasannya. Jadi, sebelum menggunakan Anda harus membanyak ulasannya terlebih dahulu.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan VPN yang akan Anda temukan. Jadi, sebelum menggunakan VPN pikirkan secara matang – matang apa saja risiko – risiko atau dampak baik positif maupun negatif yang akan Anda dapat. Jadi, buatlah pertimbangan yang matang sebelum menggunakan VPN.

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Meningkatkan Security VPS di Cloud Dengan Mudah