fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Kecepatan Jaringan 5G di Indonesia Terbukti Tunjukan Kecepatan yang Unggul

Wiliam

Teknologi terutama di dunia internet semakin berkembang pesat dan mengalami pembaruan di setiap waktunya. Adapun salah satu terobosan terbaru yang sudah mengubah cara manusia berkomunikasi serta terhubung dengan dunia adalah dengan jaringan 5G. Kecepatan jaringan 5G pun dianggap mampu menggantikan generasi sebelumnya yaitu 5G. Tak heran jika banyak orang yang tertarik menggunakan jaringan tersebut.

Jaringan internet 5G menjanjikan latensi rendah, kecepatan tinggi, serta kapasitas yang relatif lebih besar. Oleh karenanya, jaringan internet 5G membuka pintu pengguna menuju era konektivitas yang lebih canggih. Hal itulah yang membuat banyak pengguna internet tertarik mengupgrade jaringan internetnya yang awalnya 4G menjadi 5G. Dengan begitu, pengguna bisa bebas berkomunikasi lewat internet dengan lebih cepat dan efektif.

Mengetahui Kecepatan Jaringan 5G

Berbicara tentang kecepatan jaringan 5G, ini adalah generasi kelima teknologi di bidang seluler yang memungkinkan komunikasi secara nirkabel dalam skala lebih canggih dan lebih besar. Teknologi tersebut dirancang untuk menghadirkan kecepatan penggunaan internet yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jaringan sebelumnya. Selain itu, jaringan 5G juga memungkinkan transfer data lebih cepat serta respons mendekati intan.

Bukan itu saja, jaringan 5G juga menawarkan tingkat latensi yang sangat rendah, yakni waktu yang diperlukan untuk mengirimkan data dari satu perangkat menuju perangkat lainnya. Bahkan banyak orang menyebut jaringan 5G mampu memposting data 10 sampai 20 kali lebih cepat daripada 4G. Kemunculan teknologi jaringan 5G memberikan kemudahan pengguna dalam menikmati kecepatan data dengan koneksi yang lebih luas.

Di Indonesia, jaringan 5G memang masih tergolong baru diimplementasikan oleh beberapa operator telekomunikasi antara lain Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata. Walaupun begitu, kecepatan jaringan 5G patut diacungi jempol karena disebutkan mempunyai peningkatan yang tergolong signifikan. Analisa lembaga riset OpenSignal pun mengakui bahwa layanan 5G di Indonesia memang masih dalam tahap awal.

Kendati demikian, jaringan 5G di Indonesia sudah memberikan peningkatan yang signifikan dalam hal pengalaman seluler jika dibandingkan dengan teknologi 3G dan 4G yang lebih lama diluncurkan. Keunggulan jaringan 5G jika dibandingkan dengan jaringan 3G dan 4G mencakup berbagai hal, mulai dari streaming video, download dan posting rata-rata, pengalaman bermain game seluler, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan hasil reset, kecepatan jaringan 5G dalam hal unduh atau download pengguna Indonesia rata-rata menyentuh angka 64.3 Mbps ketika terhubung dengan jaringan 5G. Angka tersebut 3.9 kali lebih cepat daripada 4G dan sekitar 10,8 kali lebih cepat daripada jaringan 3G. Di sisi lain, pada kecepatan upload atau unggah, pengguna HP di Indonesia mendapat kecepatan unggah rata-rata di angka 19.6 Mbps ketika terhubung dengan jaringan 5G, atau sekitar 2.6 kali lebih cepat saat terhubung ke 4G yakni 7.4 Mbps.

Kecepatan unduh jaringan internet memang kerap mendapat perhatian lebih, sedangkan kecepatan unggah termasuk aspek yang semakin penting dari pengalaman pemakaian jaringan seluler. Pasalnya ini berpengaruh terhadap pola penggunaan serta kebiasaan konsumsi. Selain itu, kecepatan unggah berpengaruh terhadap seberapa cepat serta nyaman pengguna seluler bisa berbagai file besar seperti video atau foto lewat layanan sosial media.

Di samping itu, perhatian kecepatan jaringan 5G juga mencakup saat streaming video. Berdasarkan hasil riset, pengguna bisa menikmati pengalaman menonton video yang begitu bagus dengan angka 65 sampai 75 ketika terhubung ke jaringan 5G. Angka tersebut jelas lebih tinggi dibandingkan pengalaman menonton video biasa di angka 40 sampai 55 yang tampak ketika pengguna ponsel terhubung dengan jaringan internet 4G.

Hasil riset kecepatan jaringan 4G dan 5G juga mencakup penggunaannya untuk bermain game online. Sebagai salah satu pasar game seluler terbesar se Asia Tenggara, orang Indonesia menunjukkan minat bermain game seluler multiple online yang tinggi dengan harapan keberadaan jaringan internet yang lebih cepat. Karena itulah, penggunaan jaringan 5G dianggap membantu gamers di Indonesia untuk merasakan pengalaman gaming menakjubkan.

Analisa riset tentang game multipemain seluler menunjukkan kecepatan jaringan 5G untuk pemakaian game online di ponsel pengguna Indonesia menyentuh angka 75 sampai 85. Skor yang ditunjukkan ketika menggunakan jaringan 5G tersebut lebih tinggi 15.8 poin lebih tinggi dibandingkan saat ponsel terhubung dengan jaringan 4G. Hal itu membuktikan pengalaman jaringan seluler mengalami peningkatan signifikan untuk bermain game seluler.

Keuntungan Menggunakan Jaringan 5G

Selain tingkat kecepatan jaringan 5G lebih tinggi, banyak sekali keuntungan yang dirasakan pengguna saat memakai jaringan internet tersebut. Oleh sebab itu, tak heran jumlah peminat jaringan 5G semakin banyak semakin seiring berjalannya waktu. Lantas apa saja keuntungan memakai jaringan 5G? Berikut pembahasannya untuk Bizzie.

1. Kapasitas Tergolong Lebih Besar

Sebagai informasi, jaringan 5G mempunyai kapasitas yang lebih besar agar bisa menampung jumlah perangkat lebih banyak terhubung bersamaan. Dalam era IoT yang tengah berkembang, jaringan 5G dapat menangani lalu lintas data yang begitu besar dengan efisiensi lebih baik.

2. Inovasi Baru

Kehadiran jaringan 5G membuka pintu untuk inovasi baru yang tak terbayangkan sebelumnya. Dengan kapasitas dan kecepatan jaringan 5G yang lebih tinggi, maka berpotensi besar mengubah cara pengguna belajar, bermain, bekerja, serta berinteraksi dalam aktivitas sehari-hari.

Itulah pembahasan seputar kecepatan jaringan 5G yang menarik perhatian banyak orang. Dengan informasi tersebut, Bizzie bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jaringan internet 5G untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Baca Juga