Memahami Istilah Domain dan Hosting

Domain dan hosting merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Domain akan sangat membutuhkan apabila ingin aktif. dan Hosting jika ingin digunakan juga harus ada domainnya. Jadi domain dan hosting itu sangat penting bagi anda apabila ingin membuat website, apalagi websitenya dengan CMS WordPress.

Berikut ini adalah penjelasan tentang hosting dan domain

Apa itu Web Hosting?

hosting

image by chemist2writer.com

Untuk mengirim situs web atau halaman web ke Internet, itu merupakan tugas dari layanan web hosting. Penyedia layanan hosting merupakan penjualan teknologi yang diperlukan oleh perusaah atau individu untuk menampilkan website dan menyimpan data di internet. pada komputer khusus yang disebut server, situs web di-host, atau disimpan, .

Jika ingin pengguna Internet melihat website Anda, mereka harus mengetikkan  domain atau alamat situs web Anda pada alat pencarian diinternetnya. Komputer mereka kemudian akan terhubung ke server Anda dan halaman web Anda akan dikirimkan kepada mereka melalui browser.

Biasaya, penyedia hosting akan menyarankan anda untuk memiliki domain. Jika Anda tidak memiliki domain, perusahaan hosting akan membantu Anda membelinya.

Berikut adalah beberapa fitur yang harus Anda dapatkan dari penyedia hosting Anda:

Akun Email Seperti disebutkan sebelumnya, sebagian besar penyedia hosting mengharuskan pengguna untuk memiliki nama domain sendiri. Dengan nama domain (mis. Www.yourwebsite.com) dan fitur akun email yang disediakan oleh perusahaan hosting Anda, Anda dapat membuat akun email domain (mis. [email protected]).

Akses FTP Penggunaan FTP memungkinkan Anda mengunggah file dari komputer lokal ke server web Anda. Jika Anda membangun situs web menggunakan file HTML Anda sendiri, Anda dapat mentransfer file dari komputer Anda ke server web melalui FTP, yang memungkinkan situs web Anda diakses melalui internet.

Dukungan WordPress WordPress adalah alat pembuatan situs web online. Ini adalah blogging yang kuat dan sistem manajemen konten situs web, yang merupakan cara mudah untuk membuat dan mengelola situs web. WordPress memiliki lebih dari 25% situs web di internet. Sebagian besar penyedia hosting akan segera memberi tahu Anda jika paket mereka kompatibel dengan WordPress atau tidak. Persyaratan sederhana untuk hosting situs web WordPress Anda meliputi: PHP versi 7 atau lebih tinggi; MySQL versi 5.6 atau lebih tinggi.

Jenis Layanan Web Hosting

Ada berbagai jenis layanan hosting web yang tersedia untuk meng-host situs web Anda. Sebelum mendaftar untuk layanan hosting web, penting untuk memahami jenis layanan apa yang dibutuhkan situs web Anda, jenis server yang Anda atau kebutuhan bisnis Anda, anggaran Anda, dan jenis layanan apa yang ditawarkan oleh host web.

Opsi hosting yang tersedia adalah :

  • Website Builders
  • Shared Hosting
  • Dedicated Hosting
  • Collocated Hosting
  • Website Builders

Layanan pembangun situs web adalah jenis layanan hosting yang melayani pemula yang perlu meng-host situs web, tetapi tidak memiliki keterampilan teknis dan pengetahuan untuk membangunnya. Layanan pembangun situs web biasanya memberi Anda antarmuka berbasis browser online untuk membangun situs web Anda, dan juga menghosting situs web untuk Anda tanpa pengaturan tambahan.

Shared Hosting

Di lingkungan hosting bersama, pemilik situs web Anda dan lainnya berbagi satu server. Ini termasuk berbagi server fisik dan aplikasi perangkat lunak di dalam server. Layanan hosting bersama terjangkau karena biaya untuk mengoperasikan server dibagi antara Anda dan pemilik lainnya. Namun, ada beberapa sisi bawah, seperti menjadi lebih lambat.

Dedicated Hosting

Dalam lingkungan hosting khusus, Anda memiliki seluruh server web untuk diri sendiri. Ini memungkinkan kinerja yang lebih cepat, karena Anda memiliki semua sumber daya server sepenuhnya, tanpa berbagi dengan pemilik situs web lainnya. Namun, ini juga berarti bahwa Anda akan bertanggung jawab untuk biaya operasi server sepenuhnya. Ini adalah pilihan yang baik untuk situs web yang membutuhkan banyak sumber daya sistem, atau memerlukan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Collocated Hosting

Dalam jenis hosting ini, Anda akan membeli server Anda sendiri dan menyimpannya di fasilitas host web. Anda akan bertanggung jawab untuk server itu sendiri. Keuntungan dari jenis layanan hosting ini adalah Anda memiliki kontrol penuh terhadap server web. Anda dapat menginstal skrip atau aplikasi yang Anda butuhkan.

Apa itu ASP Web Hosting?

ASP web hosting mengacu pada perusahaan web hosting yang menyediakan dukungan untuk ASP, atau Active Server Page.

Apa itu ASP?

ASP / Active Server Pages adalah halaman HTML dengan skrip ASP tertanam. Script ASP diproses di server sebelum halaman dikirim ke browser pengunjung. ASP memungkinkan Anda membuat halaman yang didorong oleh basis data dinamis, pengunjung dapat mengakses data dalam database dan berinteraksi dengan objek halaman seperti komponen Active X atau Java.

Bagaimana cara kerja ASP?

Saat Anda mengetikkan URL di Kotak Alamat browser Anda, Anda meminta server web untuk mengirim file ke komputer Anda. Jika file tersebut adalah HTML standar, maka file yang diterima browser web Anda akan terlihat sama persis dengan yang ada di server web. Namun, jika file ASP dikirim ke komputer Anda dari server, pertama-tama ia menjalankan kode HTML, kemudian kode ASP. Kode ASP dapat berupa apa saja seperti waktu saat ini, tanggal, atau informasi lainnya.

Bagaimana cara menemukan host web ASP?

Anda harus menemukan host web yang akan meng-host situs web Anda di server Windows. Untuk menghost halaman ASP lebih aman di server Windows karena lebih stabil dan sebagian besar komponen ASP bekerja khusus untuk Windows. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah situs web Anda menggunakan database, seperti SQL dan Access. Pastikan host web Anda menyediakan dukungan untuk jenis database yang dibutuhkan situs web Anda.

Apa itu nama domain?

Domain adalah alamat situs web Anda. Jadi Anda akan memerlukan domain sebelum membuat website.

Untuk memiliki nama domain, Anda harus mendaftarkannya dengan pendaftar domain.

Nama domain bukan fisik, yang dapat Anda sentuh atau lihat. Ini adalah string yang memberikan identitas pada situs web Anda (ya, nama, seperti orang dan perusahaan). Contoh nama domain: Google.com, Alexa.com, Linux.org, eLearningEurope.info, dan Yahoo.co.uk.

contoh domain

Domain Name Server (DNS)

Setiap komputer di Internet diberi alamat unik, yang disebut alamat IP. Alamat IP tipikal terlihat seperti ini: 199.123.456.7

Sangat sulit untuk mengingat alamat IP dari semua situs web yang kami kunjungi setiap hari. Kata-kata lebih mudah diingat daripada deretan angka. Di sinilah nama domain muncul. Saat Anda mengunjungi situs web, yang perlu Anda ketahui hanyalah URL-nya. Komputer mengingat angka, dan DNS membantu kami mengonversi URL menjadi alamat IP yang dapat dipahami komputer.

Saat Anda mengetik domain.com ke dalam browser Anda, browser pertama-tama harus mendapatkan alamat IP www.domain.com. Peramban menghubungi server DNS untuk menanyakan lokasi server tempat laman web disimpan. Anggap saja sebagai layanan direktori alamat IP.

Analogi direktori buku telepon klasik, Anda perlu menemukan perusahaan “Toko Buku Joe”, Anda melihat di direktori dan melihat bahwa itu terletak di 123 Main Street. Kemudian Anda pergi ke alamat untuk mengunjungi toko.

Untuk menyederhanakan, Nama domain seperti alamat rumah Anda dan Web hosting di sisi lain adalah ruang rumah, tempat, meletakkan furnitur atau barang-barang Anda.