Inilah 9 Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org

Apabila dari sekarang anda udah berniat untuk membuat sebuah website WordPress, sebaiknya anda perlu memahami terlebih dahulu tentang perbedaan antara WordPres.com dan WordPress.org. Mungkin dari sebagian orang udah ada yang mengetahuinya tentang perbedaan 2 domain tersebut. Namun tidak ada salahnya anda membaca-baca kembali tentang perbadaan WordPress.com dan WordPress.org.

Inilah 9 Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org

Maka pada pembahasan kali ini kami akan membahasa 10 perbadaan tentang WordPress.com dan WordPress.org. Dengan pembahasan ini semoga bisa membantu anda untuk memilih sebuah layanan yang disediakan oleh WordPress. Oleh karena itu, silahkan anda simak tentang penjelasannya sebagai berikut ini!

1. Harga Yang Berbeda

Pada dasarnya WordPress.com dan WordPress.org tidak usah memelurkan biaya dalam pemakaiannya alis gratis. WordPress merupakan Software yang bisa digunakan oleh siapapun yang bisa dimodifikasi, dan didistribusikan secara gratis. Karena Software ini mempunyai sifat Open Source.

Anda juga bisa memberikan sebuha kontribusi untuk WordPress dengan melaporkan apabila anda bug, menambal sebuah kerusakan pada veris WordPress, atau menyarankan untuk menyediakan fitur, sekalipun WordPress sendiri memiliki developernya.
Untuk melihat perbadaan dari harga WordPress.com dan WordPress.org adalah terletak dari biaya tambahan untuk WordPress.org sedangkan untuk WordPress.com tidak ada tambahan biaya. Biaya yang keluar untuk menggunakan WordPress.org bukan untuk membeli software, tapi untuk membeli domain dan hosting.

Namun, apabila anda menggunakan WordPress.com tidak akan mengeluarkan biaya sekecil apapun, karena untuk fasilitas hosting dan domain sudah disediakan. Tapi dengan fitur gratis ini anda tidak akan leluasa untuk memodifikasnya, karena layanan gratis ini mempunyai batasan dalam penggunaannya.

2. Menentukan Domain

Layanan WordPress.com yang disediakan secara gratis dengan mempunyai batasannya, maka apabila anda menentukan sebuah domain atau ekstensi domain, maka dengan otomatisnya domain anda akan seperti dewa.wordpress.com apabila menggunakan layanan yang gratis.

Jika anda tidak ingin menggunakan domain ekstensi yang seperti itu dan ingin menerapkan domain yang bervariasi, maka gunakanlah WordPress.org yang akan menjadi solusi anda. Karena apabila anda menggunakan WordPress.org anda bisa memilih domain dengan nama apapun yang diinginkan selama itu tersedia. Domain-domain ekstensi tersebut adalah yang paling populer seperti net, co.id, dan com. Selain itu masih banyak domain ekstensi yang bisa digunakan misalnya, tech, site, websit, dan online.

Untuk menggunakan domain ekstensi tersebut, anda harus membeli dari layanan hosting dan penyedia domain. Maka anda perlu mengeluarkan biaya untuk memakai domain tersebut. Tapi selikpun berbayar website anda akan terlihat lebih profesional dengan domain ekstensi yang anda pilih.

3. Memakai Hosting

Jika hari ini anda menggunakan WordPress.com dengan versi gratis, maka website yang anda buat dengan otomatis akan menggunakan hosting dari WordPress.com yang disediakan. Hosting yang gratis dari WordPress.com mempunyai kapasitas dick space yang kecil yang hanya disediakan 3 GB untuk disk space tersebut. Maka dengan fasilitas yang seperti itu akan sangat membatasi anda untuk meupload konten pada situs web anda.

Namun apabila anda menggunakan WordPress.org akan sangat bebasa untuk menetukan disk space yang anda inginkan. Dengan begitu anda bisa memilih disk space yang biasanya disediakan oleh penyedia layanan hosting seperti 3GB, 5GB, 10GB, atau bisa juga unlimited.

4. Memilih Tema

Jika tema pilihan yang terlihat oleh anda banya, maka kemungkinan besar anda bisa lebih berkreasi untuk membuat sebuah website yang menarik. Pada WordPress.com, apabila anda menggunakan platform itu, maka mereka hanya mengizinkan tema yang sudah disediakan oleh WordPress.com. Jadi dengan begitu anda tidak bisa menggunakan layanan tema dari pihak luar sekalipun itu berbayar.

Apabila anda tidak suka dengan tema yang disediakan oleh WordPress.com dan mengiginkan lebih banyak tema, sebaiknya anda menggunakan WordPress.org untuk menjadi solusinya. Dengan begitu anda bisa mengambil tema dari mana saja yang anda suka selagi tema itu masih kompatibel dengan WordPress baik yang berbayar ataupun gratis.

5. Plugin yang Disediakan

Bukan hanya tema yang dibatasi, pada WordPress.com anda tidak dizinkan untuk menerapkan atau menginstall plugin apapun baik itu plugin gratis atau berbayar. Maka dengan begitu bisa saja menurunkan performa pada website atau blog anda. Sekalipun pada WordPress.com sudah menyediakan berbagai dan macam-macam fitur. Namun dengan tersedianya fitur-fitur tersebut belum bisa untuk menciptkan website atau blog dengan performa terbaiknya.

Adanya plugin ini akan sangat bermanfaat untuk berbagai fitur pada website anda. Mulai dari mengamankan website, optimasi SEO, media sosial, dan caching pada website. Apabila anda menginginkan sebuah website dengan fitur yang lengkap dan memenuhi kebutuhan anda, maka anda wajib menggunkana WordPress.org. Dengan begitu bisa memenuhi kebutuhan website yang anda inginkan.

6. Powered By

Kelihatannya ini sangat sepele, tapi diluar sana masih banyak orang yang ingin menghilangkan powere by WordPress tersebut. Ada powered by itu bisa memungkinan akan menganggu sebagian orang secara visualnya, tapi untuk menghilangkan powered by ini tidak bisa dilakukan pada WordPress.com dan hanya bisa diterapkan pada WordPress.org.

Jika anda memaksakan untuk menggunakan WordPress.com, maka suka ataupun tidak suka anda harus menanggu link powered by WordPress pada website atau blog anda. Mungkin ini adalah harga yang perlu anda bayar ketika anda menggunkan WordPress.com dengan mempromosikannya secara tidak langsung.

7. Search Engin Optimization (SEO)

SEO merupakan sebuah elemen yang peting pada sebuah website. Karena ini merupakan alat yang pokok untuk menentukan sebuah kinerja website yang akan ditemukan pada mencari pencari. Jika anda menerapkan kualitas SEO yang baik, maka kemungkinan besar website anda akan terlihat dan muncul oleh mesin pencari di halaman pertama.

Para pengguna WordPress.com tidak bisa menerapkan plugin seperti yang sudah kami katakan pada poin sebelumnya diatas. Padahal salah satu yang penting untuk website untuk meningkatkan performanya adalah menggunakan plugin SEO.

Tanpa plugin SEO yang disediakan oleh para penyedia seperti All in One Pack SEO atau Yoast SEO, anda para pengguna WordPress.com hanya bisa mengandalkan dari konfirgurasi dasar WordPress. Namun untuk apabila anda ingin menambahkan plugin SEO, mau tidak mau anda harus menggunkan WordPress.org. Dengan begitu website anda akan terbantu untuk mendapatkan peringkat terbaik dimesin pencari.

8. Analytics Website

Dengan menerapkan analytics ini, anda bisa mengevaluasi kinerja website anda dengan melihat berapa banyak pengunjung yang sudah didapatkan dalam sehari, seminggu, atau sebulan. Dan bisa mengevaluasi website dengen bermacam indikator lainnya yang bisa anda lihat.

Jika anda menggunakan WordPress.com hanya akan menganalisi dengan analiytics dasar, sehingga tidak bisa mengevaluasinya secara mendalam. Namun untuk mendapatkan analytics yang mendalam untuk sebuah website, anda bisa menggunakan Google Analytics dengan persyaratan anda harus menggunakan WordPress.org.

9. Membuat Toko Online

Untuk membuat sebuah toko online, anda harus menggunakan WordPress.org karena pada WordPress.com para pengguna tidak dizinkan untuk membuat toko online. Mengingat spesifikasi pada WordPress.com sangatlah minim pada versi gratisnya yang bisa membahayakan pada keamanan toko onlien anda.

Itulah 9 perbedaan tentang WordPress.org dan WordPress.com yang bisa kami sampaikan untuk anda, semoga informasi ini bisa membantu anda dalam memilih WordPress.