Inilah 8 Tips Maintenance di WordPress

Dalam membuat sebuah website permasalahan atau perawatannya bukan hanya pada konten dan desain halaman yang menarik saja. Namun ada banyak hal yang perlu anda tahu supaya pada WordPress anda tidak ada maintenance atau semua website akan berjalan lancar tanpa ada masalah yang terjadi.

Jika pada saat ini anda mempunyai sebuah website yang tidak terpelihara, kemungkinan besar kualitas atau kinerja dari website tersebut akan semakin menurun. Oleh karena itu kami akan memberikan 8 tips yang bisa anda lakukan untuk manitenance pada WordPress anda.

8 Tips Maintenance di WordPress

1. Periksa Secara Berkala Waktu Loading Website

Loading untuk setiap website sangat perlu anda perhatikan. Waktu loading pada halaman sebuah website akan sangat berpengaruh kepada pengalaman para pengunjung atau pelanggan anda. Biasanya, mereka akan meninggalkan sebuah website yang mempunyai waktu loading lama. Maka jangan sampai website akan mengalami keadaan yang biasanya disebut dengan high bounce rate yang akan menyebabkan menurunnya konversi anda.

Website yang bagus adalah mereka yang hanya membutuhkan 2 detik untuk waktu loading konten. Apabila tidak seperti itu, maka para pengunjung akan menunggu lama yang akhirnya bisa ada rasa kecewa serta pada akhirnya tidak akan mengunjungi website anda kembali. Oleh sebab itu, lakukanlah untuk mengetes loading dengan rutin menggunakan layanan berikut ini!

Mengetes loading website menggunakan pingdom tools

1. Masukan alamat URL website anda
2. Pilih test server
3. Lakukan hal tersebut berkali-kali dan secara rutin

2. Lakukan Pembersihan Trash dan Draft Postingan

Apabila website anda sudah mempunyai umur yang sangat lama, maka akan ada sampah-sampah yang terdapat pada dashboard. Sampah-sampah tersebut biasanya akan menganggu website yang diantaranya adalah sebagai beriku ini!

– Halaman website yang gagal desain
– Komentar-komentar yang termasuk spam
– Draft postingan
– Dan masih banyak lagi

Dengan sampah-sampah yang ada diatas, tidak sedikit website yang mengalami penurunan pada kinerjanya. Maka dari sekarang anda untuk rutin melakukan pembersihan sampah-sampah tersebut supaya website anda selalu ada pada kinerja yang maksimal.

Cara yang bisa anda lakukan diantarnya sebagai berikut ini!

Menghapus sampah draft

– Buka tab All Post/All Page > lihat item yang tertinggal pada Trash


– Kemudian klik Trash > Cek item yang penting dan tidak penting
– Pilih item yang tidak penting > klik Bulk Actions > klik Delete Permanently > klik Apply

Cara diatas juga bisa anda terapkan untuk sampah-sampah lainnya yang ingin dibersihkan. Kecuali untuk sampah comments anda harus membuka tab Comments > Area Spam > Trash .
Lakukanlah cara diatas dengan rutin setidaknya satu kali dalam sebulan.

3. Jangan Lupa Update Plugin dan Tema

Salah satu keistimewaan anda memang CMS WordPress adalah mereka mempunyai plugin dan tema. Ada banyak sekali plugin dan tema yang bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan anda dengan menambahkannya pada website. Tapi apabila anda memasang tema dan plugin dengan banyak, maka tanggung jawab untuk merawatnya tersebut semakin beresiko.

Sebuah plugin dan tema yang sudah lama dan belum diupdate-update akan sangat berpengaruh pada keamanan sehingga website anda kemungkinan besar akan terkena malware. Maka untuk menghindari itu semua sebaiknya anda cek pada tab plugin dan tab tema dengan teratur untuk melihat sebuah pesan pemberitahun update.

4. Backup Website WordPress

Dalam meningkatkan keamanan untuk website anda, sebaiknya anda melakukan sebuah backup dalam melakukan maintenance pada website WordPress tersebut. Supaya dalam prosesnya anda tidak khawatir dengan apa yang akan terjadi nantinya.

Contohnya, apabila anda mengalami sebuah kejadian error atau yang lainnya pada website anda, maka anda cukup restore backup yang terbaru. Atau saat anda menghadapi masalah yang tidak sengaja anda menghapus sebuah informasi yang penting dan kompatibilitas pada plugin.

Oleh karena itu, anda harus sadar dalam melakukan backup pada website WordPress anda. Karena mereka sudah menyediakan sebuah pilihan untuk membackup website.

Lakukanlah secara rutin dalam membackup website anda, setidaknya satu minggu sekali. Namun apabila anda melakukan postingan konten yang baru denga rutin tiap minggunya, maka lakukanlah untuk membackup harian demi terciptanya keamanan yang maksimal.

Dalam sebuah postinga, mungkin anda akan menyertakan sebuah link yang mengarahkan pada domain yang lain. Namun dengan waktu yang terus berlalu, mungkin akan da link atau tautan yang sudah rusak atau tidak berfungsi kembali.

Dengan adanya link yang rusak merupakan suatu masalah serius yang tidak boleh anda remehkan. Apabil link yang rusak masih ada pada konten anda serta terbaca oleh para pengunjung, kemungkinan besar itu akan menurukan image website anda dan bisa jadi website anda tidak dianggap profesional lagi.

Maka untuk menghindari semua itu, cobalah anda untuk mengecek link yang terdapat pada postingan baik itu dengan cara manual atu menggunakan tool.

Cek Link Rusak Menggunakan Plugin WP Broken Link Status Checker

– Install dan Akifkan Plugin WP Broken Link Status Checker

– Klik Tab WP Link Status > Lalu Klik Add New Scan


– Kemudian klik Save dan Run crawler serta anda sabar untuk menunggu prosesnya sampai selesai.


– Setelah selesai akan ada notifikasi seperti dibawah ini!

Untuk melihat semua alamat URL yang rusak, cobalah anda klik crawling results yang akan muncul pada plugin. Setelah itu silahkan anda bertindak untuk menghapus atau mengedit link rusak tersebut. Lakukanlah cara tersebut setidaknya satu kali dalam satu bulan.

6. Membersihkan Cache WordPress

Cara termudah yang bisa anda lakukan untuk mempercepat WordPresa adalah dengan membersihkan caching pada website. Hal tersebut adalah supaya para pengunjung website anda agar tetap betah. Lakukanlah untuk membersihkan cache secara berkala, apabila jika anda telah melakukan update yang besar-besaran.

Untuk membersihkan cache pada WordPress anda dengan memasang WP Super Cache yang sudah banyak dipakai oleh para praktisi WordPress

– Install dan Aktifkan Plugin WP Super Cache
– Kemudian buka tab Settings > Klik WP Super Cache
– Lalu klik opsi Delete Cache yang terdapat di bawah tab Easy

Yang paling bagus untuk membersihkan cache pada website WordPress anda adalah ketika setiap kali anda melakukan sebuah perubahan pada situs web. Dengan melakukan seperti itu supaya para pengunjung website anda akan melihat situs terbaru dan buka salian yang terdapat pada cache.

7. Mengoptimasi Database pada WordPress

Pasanglah plugin WP Optimize dan Aktifkan, kemudian anda buka tab WP Optimize > Klik opsi Run all selected optimizations, setelah itu anda sabar untuk menunggu prosesnya beberapa saat.

8. Update Password Website WordPress

Cobalah anda untuk melakuakn update password untuk melakukan sebuah kecepatan WordPress supaya bisa meningkat.

Itulah 8 tips maintenace WordPress yang bisa anda lakukan, semoga panduan tersebut bisa bermanfaat!