Cara Membuat Page di WordPress

Tugas pertama yang ingin Anda selesaikan dengan situs web WordPress baru Anda yang mengkilap adalah membuat halaman. Baik Anda membuat situs web WordPress Anda sendiri, mendaftar di WordPress.com atau memiliki yang dibuat khusus untuk Anda oleh seorang profesional, membuat postingan page atau laman akan menjadi salah satu hal yang harus diselesaikan oleh Anda. Tentu, Anda juga ingin menambahkannya ke menu navigasi Anda sehingga pengunjung Anda dapat menemukannya.

Pada tutorial ini akan mengajarkan Anda dasar-dasar cara membuat page di WordPress. Panjang posting mungkin membuat prosesnya terasa berat dipikiran, tetapi sebenarnya hal tersebut tidak terlalu sulit. Setelah Anda melakukannya beberapa kali, Anda akan terbiasa juga nantinya.

Cara Membuat Page di WordPress

Tugas pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke area admin situs web WordPress Anda.

Setelah selesai melakukannya, Anda klik pada item menu “Page/Laman” di menu navigasi bagian kiri. Tombol tersebut akan membawa Anda ke daftar semua halaman Anda.

Kemudain klik tombol “Tambah Baru” di bagian atas halaman. Pada bagian ini akan membawa Anda ke halaman Tambahkan Halaman Baru, yang memiliki editor WordPress dan semua pengaturan untuk page baru Anda.

  • Di kotak paling atas, Anda menulis untuk judul halaman baru Anda.
  • Area editor adalah tempat Anda akan memasukkan teks page atau laman Anda dan menyisipkan gambar. Saat Anda mengisi berbagai bidang untuk halaman baru, pada titik tertentu Anda akan melihat bahwa bidang permalink akan muncul langsung di bawah judul.
  • Permalink sering disebut “siput” dan pada dasarnya itu adalah alamat atau URL halaman yang Anda buat. WordPress akan secara otomatis menentukan permalink berdasarkan judul yang Anda masukkan. Jika Anda tidak suka permalink yang dibuat WordPress, Anda bisa mengklik tombol Edit di sebelahnya untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih cocok.

Setelah Anda mengonfigurasi bidang yang sesuai untuk page Anda, klik tombol Terbitkan yang berwarna biru. Hal ini akan membuat page Anda langsung dilihat oleh publik, tetapi mungkin muncul atau tidak muncul di menu navigasi Anda, tergantung pada bagaimana menu sekarang dikonfigurasi (lebih nanti). Anda juga dapat mengklik tombol Simpan Konsep untuk menyimpan halaman nanti; dalam kondisi ini, halaman tidak terlihat oleh publik.

Sekarang Anda sudah memiliki page baru yang bagus, bagaimana pengunjung Anda bisa membacanya? Apakah halaman ditampilkan secara otomatis di menu navigasi Anda, itu sangat tergantung pada bagaimana tema Anda diatur atau apakah hal tersebut mendukung sistem menu bawaan WordPress.

Jika tema Anda tidak mendukung Menu WordPress, maka halaman yang Anda diterbitkan kemungkinan sudah ditampilkan pada menu navigasi Anda secara default. Hal ini juga akan menjadi masalah jika tema Anda mendukung Menu WordPress, tetapi belum memiliki menu yang ditetapkan.

Cara termudah untuk memeriksa konfigurasi yang tepat dari tema Anda untuk Menu WordPress adalah dengan melihat apakah halaman baru telah ditambahkan dengan melihat halaman beranda. Jika tidak, maka Anda harus mengkonfigurasi menu untuk tema Anda (kemungkinan besar) atau tema Anda tidak mendukung Menu WordPress.

Demikianlah tutorial cara membuat page di WordPress yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat!