Cara Blokir komentar spam WordPress

Adanya komentar spam dalam blog WordPress Anda merupakan sebuah masalah yang harus di selesaikan, terlebih situs web Anda merupakan sebuah situs web bisnis. Anda harus mempunyai strategi yang bagus dalam mengatasi masalah ini. Untungnya, WordPress memilki cara dan trik yang mudah untuk anda terapkan dalam memblokir komentara spam.

Cara Blokir Spam Komentar WordPress

Ada banyak strategi yang dapat Anda terapkan untuk menghentikan spam komentar WordPress, mereka mungkin berbeda berdasarkan pengaturan dan tujuan situs WordPress Anda saat ini. Kami sarankan untuk mencoba salah satu dari yang berikut dan melihat mana yang paling cocok untuk Anda:

Nonaktifkan Komentar Sama sekali

Cara pertama Anda perlu menonaktifkan komentar sama sekali. Mungkin bisnis Anda tidak menggunakan atau menginginkan komentar, jadi buat melindungi diri Anda dari mendapatkan komentar spam, Anda harus menonaktifkannya. Salah satu cara termudah untuk melakukan ini adalah cukup hapus centang opsi “Izinkan orang untuk mengirim komentar pada artikel baru”, yang terletak di bawah “Pengaturan → Diskusi.”

Cara cepat dan mudah lainnya untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan plugin gratis seperti Disable Comments. Plugin ini memungkinkan administrator buat menonaktifkan komentar secara global, serta menonaktifkannya berdasarkan jenis postingan, semua dilakukan dengan satu klik. Plugin tersebut juga menonaktifkan trackback dan pingback .

Matikan Komentar Anonim

Cara lain yang Anda lakukan adalah mematikan komentar anonim. Komentar asli WordPress secara default meminta pengunjung mengisi informasi: komentar, nama, email, dan situs web. Apabila komentar anonim diaktifkan, mereka tidak akan diminta untuk memasukkan nama atau email mereka. Hal ini secara instan membuka situs web Anda ke banyak bot spam yang terus menerus merayapi formulir komentar di situs web.

Buat menonaktifkan komentar anonim cukup centang opsi “Penulis komentar harus mengisi nama dan email” di bawah “Pengaturan> Diskusi.”

Aktifkan Moderasi Komentar

Cara berikutnya untuk Anda dalam menghentikan spam komentar WordPress adalah dengan menggunakan beberapa fitur moderasi bawaan. Yang pertama adalah kemampuan buat menyetujui secara manual setiap komentar. Sekalipun ini tidak akan mengurangi spam, namun bisa menjadi cara yang efektif buat memastikan pengunjung ke situs web Anda hanya melihat komentar berkualitas tinggi yang telah Anda setujui.

Yang kedua adalah antrian moderasi komentar. Misalnya, Anda dapat secara otomatis menahan komentar dalam jumlah sedang apabila berisi sejumlah tautan atau lebih. Anda juga dapat membuat daftar kata, nama, URL, IP, dll. Yang berlaku buat moderasi juga.

Yang ketiga adalah daftar hitam komentar. Di sini, Anda juga dapat membuat daftar kata, nama, URL, IP, dll. Tetapi alih-alih ditahan lebih moderat, mereka akan secara otomatis langsung menuju tempat sampah sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang mereka. Semua opsi di atas dapat anda temukan di dasbor Anda di bawah “Pengaturan> Diskusi.”

Hapus Tautan Komentar Penulis WordPress

Apabila pengunjung mengisi bidang situs web ketika meninggalkan komentar, secara default, nama mereka akan hyperlink. Meskipun tautan ini merupakan nofollow, artinya Google mengabaikannya, pengunjung terkadang masih akan meninggalkan komentar semata-mata dengan tujuan mendapatkan tautan ini. Mungkin mereka berharap seseorang akan mengkliknya.

Anda dapat menambahkan potongan kode ke situs WordPress Anda untuk hanya menghapus tautan komentar penulis WordPress. Apabila pengunjung melihat bahwa nama penulis pada komentar yang ada tidak ditautkan daripada mereka mungkin kurang terdorong untuk meninggalkan komentar hanya karena alasan itu. Hal ini berarti Anda diharapkan hanya mendapat komentar dari pengunjung yang ingin terlibat dengan komentar Anda.

Cukup tambahkan kode berikut ke functions.phpfile tema WordPress Anda. Lebih baik lagi, untuk menghindari pengeditan tema Anda secara langsung, kami sarankan untuk menggunakan Code Snippets plugin gratis.

add_filter( ‘get_comment_author_link’, ‘rv_remove_comment_author_link’, 10, 3 );
function rv_remove_comment_author_link( $return, $author, $comment_ID ) {
return $author;
}
add_filter(‘get_comment_author_url’, ‘rv_remove_comment_author_url’);
function rv_remove_comment_author_url() {
return false;
}

Memanfaatkan Plugin Spam Komentar WordPress

Cara populer lainnya yang sangat mudah diterapkan adalah dengan menggunakan plugin spam komentar WordPress. Ada banyak yang terbaik di luar sana dan kebanyakan dari mereka benar-benar gratis.

Plugin Akismet

Akismet Plugin disertakan secara default dengan setiap instalasi WordPress dan dikembangkan oleh tim di Automattic. Hal ini menganalisis data dari jutaan situs web dan komunitas secara real time dan melindungi situs web WordPress Anda dari spam. Plugin tersebut sepenuhnya gratis buat penggunaan pribadi dan mulai dari $ 5 / bulan untuk situs komersial.

Kami sangat menyarankan mencoba plugin ini terlebih dahulu karena sangat ringan dan melakukan satu hal yang baik dan itu akan melindungi Anda dari spam. Fitur lain termasuk:

Secara otomatis memeriksa semua komentar dan memfilter yang buruk
Riwayat status untuk melihat mana yang diblokir
Buang fitur untuk menghemat ruang disk

Saat ini memiliki lebih dari 5 juta pemasangan aktif dengan peringkat 5 dari 5 bintang. Anda dapat mengunduh Akismet dari repositori WordPress atau dengan mencarinya di dalam dashboard WordPress Anda di bawah plugin “Tambah Baru” (walaupun seharusnya sudah ada di situs Anda kecuali sudah dihapus). Plugin ini memiliki sejarah panjang dalam membangun aturan dan filter spam yang bekerja sangat baik buat memastikan Anda melihat komentar yang baik dan bukan yang buruk.

Berikut adalah beberapa plugin spam komentar tambahan populer yang mungkin ingin Anda cek. Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa di antaranya mungkin merusak kinerja situs Anda karena fakta bahwa beberapa dari mereka berusaha menyediakan semua fitur keamanan satu-satunya, bukan hanya perlindungan spam.

  • Spam protection FireWall, AntiSpam by CleanTalk
  • Antispam Bee
  • WordPress Zero Spam
  • WP-SpamShield Anti-Spam – All-in-One Spam Protection
  • All In One WP Security & Firewall
  • WPBruiser {no- Captcha anti-Spam}

Aktifkan Captcha

Cara populer lainnya adalah menggunakan CAPTCHA yang merupakan beberapa bentuk formulir atau pertanyaan untuk menantang bot dan atau lebih tepatnya membuktikan bahwa pengunjung adalah manusia. Ada banyak plugin bagus di luar sana yang memungkinkan Anda untuk menerapkan strategi ini ke situs web Anda dan kebanyakan dari mereka benar-benar gratis.

Google Captcha (reCAPTCHA) oleh BestWebSoft

Saat ini mereka memiliki lebih dari 200.000 pemasangan aktif dengan nilai 4,5 dari 5 bintang. Anda dapat mengunduh Google Captcha (reCAPTCHA) dengan plugin BestWebSoft dari repositori WordPress atau dengan mencarinya di dalam dashboard WordPress Anda di bawah plugin “Tambah Baru”. Fitur lain termasuk:

Juga berfungsi pada formulir pendaftaran, formulir masuk, setel ulang formulir kata sandi, dll.
Menyembunyikan CAPTCHA untuk IP yang masuk daftar putih
Tema berbeda
Multilingual dan RTL siap

Gunakan Sistem Komentar Pihak Ketiga

Dan yang tak kalah pentingnya lagi, cara mudah lain untuk menghentikan spam komentar WordPress adalah dengan melepaskan komentar asli bawaan dan menggunakan sistem komentar pihak ketiga .

Merapkan WAF

Menambahkan firewall aplikasi web (WAF) seperti Sucuri atau Cloudflare dapat membantu dalam mengurangi jumlah spam yang diterima situs Web Anda. Mengapa? Karena layanan ini berada di antara host WordPress dan situs web Anda buat memblokir dan memfilter semua lalu lintas dan bot proxy buruk. Mereka juga memungkinkan Anda untuk dengan mudah memblokir seluruh negara dengan mengklik tombol.

Itulah beberapa cara blokir komentar spam WordPress yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat!