8 Plugin WordPress CRM untuk Mengelola Bisnis Anda

CMS WordPress memang sudah terkenal dengan kemudahaannya untuk membuat sebuah website yang menampilkan tampilan menarik dan profesional. Dengan pembuatanya tidak menyita banyak waktu, namun dengan WordPress ini tidak tersedianya sebuah tool untuk mengelola klien, menindaklajuti prospek pada bisnis, membuat kiriman invoice, atau lain-lain yang dibutuhkan untuk bisnis.
Apabila anda menginginkan sebuah fitur-fitur diatas didapatkan, maka anda harus mengakses sebuah platform yang mempunyai nama Customer Relationship Managemen atau (CRM). Dengan begitu plugin WordPress akan berperan.

Pengertian dan Kegunaan CRM untuk Bisnis

Pada tipe CRM mempunyai berbagai macam variasi, namun biasanya platform ini akan menyediakan sebuah fungsionalitas yang akan banyak dibutuhkan oleh para pebisnis. Perlu anda tahu, jika anda bisa menyimpan sebuah data pelanggan, mengelola, dan dapat mengaturnya untuk bisa melihat kembali kapan saja data tersebut, itu merupakan salah satu contoh dari fungsionalitas CRM tersebut.

Adapun fitut-fitur yang disediakan oleh platform CRM ini adalah sebagai berikut ini!

– Bisa Menghitung Key Analytics

Dalam bisnis diperlukan sebuah evaluasi untuk memantau perkembangan bisnis serta menganalisis dan meneliti terntang perilaku dari para pelanggan.

– Bisa Menyimpan Data/Informasi Kontak

Langkah awal untuk membangun sebuah bisnis yang sukses adalah anda bisa menyimpan data atau informasi kontak dari semua pelanggan

– Bisa Mengelola Accounting

Menyimpan informasi untuk mengelola pendapatan, pengeluaran, dan invoice pelanggan itu sangat dibutuhkan untuk bisnis. Oleh karena itu CRM bisa menjadi solusi yang karena sebagian software ini bisa memudahkan dalam mengelola hal tersebut.

– Menyimpan Data Pelanggan lama dan baru sesuai golongannya

Dengan membuat sebuat daftar pelanggan lama dan pelanggan baru yang dipisahkan, maka target yang akan ditetapkan kemungkinan akan lebih maksimal dan efektif. Maka dengan CRM ini anda bisa memfilter data tersebut.
Untuk menjalankan supaya bisnis semakin maju, kuat, dan berjalan. Maka banyak sekali orang yang menggunakan uangnya untuk menikmati platform CRM ini. Berikut adalah contoh dashoard salesforce yang merupakan platform CRM salah satunya banyak digunakan oleh para pebisnis.

Bagi para perusahaan yang ingin menjalankan berbagai bisnis, maka CRM bisa menjadi sebuah solusi terbaik untuk anda gunakan.
Namun, kekurangan dari CRM ini adalah harganya yang memang cukup mahal. Karena kabarnya platform ini target konsumennya adalah bisnis-bisnis dengan skala besar dengan menyediakan berbagai fitur. Oleh sebab itu, untuk menerapkan dan mengaktifkan software ini anda didorong harus kreatif supaya pengeluaran uang tidak terlalu banyak. Contohnya pada WordPress anda tidak menerapkan CRM, maka anda bisa saja menggunakan plugin yang memang tepat dan terukur untuk bisnis anda. Maka dengan itu, anda bisa menghemat uang dan waktu.

Maka, sebelum kami memberikan pembahasan untuk 8 plugin WordPress CRM yang baik untuk anda, sebaiknya anda berpikir dan memperhatikan kembali apakah bisnis anda tersebut membutuhkan sebuah CRM atau tidak. Jika saat ini anda membukan usaha dengan skala kecil dan hanya mengelola data pelanggan yang sedikit, maka dengan menggunakan platform CRM bukanlah langkah yang tepat dan bijak. Namun jika sebaliknya maka itu diharuskan anda menggunakan jasa CRM.

Tapi itu semua kembali lagi ke pada masing-masing, karena tidak ada salah apabila anda menggunakan platform CRM dari awal membangun website. Dengan catatan bahwa hal tersebut masih bisa menggunakan dengan modal yang cukup. Dengan begitu, anda bisa mengelola berbagai macam yang berkaitan dengan bisnis supaya lebih berkembang terus.

8 Plugin WordPress CRM

Ada 8 plugin WordPress CRM yang bisa kami rekomendasikan untuk mengelola bisnis anda supaya lebih berkembang. Maka anda harus lebih mengenal dulu satu persatu dari 8 plugin tersebut, supaya ketika anda memutuskan memilih sudah dengan kriteria yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis anda.

1. Zero BS WordPress CRM

Plugin Zaro BS WordPress CRM mempunyai fitur yang sangat canggih untuk bisnis anda. Dengan memudahkan anda untuk menginstallnya dan sangat cocok untuk bisnis besar maupun kecil.
Jika anda menggunakan untuk memilih plugin tersebut, maka anda akan mendapatkan sebuah unggulan yang akan diberikan oleh Zaro BS WordPress CRM. Adapun keunggulan-keunggulan tersebut sebagai berikut ini!

– Dapat membuat informasi pelanggan dengan fitur formulir sederhana yang disediakan serta menyimpan data tersebut
– Dapat melacak alur dari pemasukan dan juga pengeluaran yang bisa anda bagi untuk kategori-kategori tertentu
– Invoice yang belum dibayar bisa anda cek
– Dapat mengawasi angka uang yang anda dapatkan dari semua pelanggan

Itulah keunggulan-keunggulan yang bisa anda nikmat saat menggunakan plugin Zero BS WordPress CRM.

2. WP ER

Kabar baiknya, CRM ini merupakan plugin yang banyak digunakan. Dengan software ini juga anda bisa menikmati sistem CRM full fledged atau telah sepenuhnya dikembangkan. Pada plugin WP EPR anda akan mendapatkan sistem dengan fitur pilihan fungsionalitas accounting dan pengelolaan sumber daya manusia.

 

Namun, plugin tersebut mempunyai sebuah kekurangan yakni tidak mempunyai antarmuka yang canggih yang tidak seperti paltform-platform CRM lainnya. Adapun fitur-fitur unggulan yang bisa anda nikmati saat menggunakan plugin WP ERP sebagai berikut ini!

– Mampu melacak masuk dan keluarnya pendapatan
– Bisa menyimpan dan melacak file informasi karyawan
– Mengelola langsung dari dashboard untuk customer relation
– Tersedianya 44 mata unag yang bisa ana analisis untuk bisnis anda
– Ada fitur berbagai jenis bisnis untuk dikelola dalam 1 dashboard

Itulah fitur-fitur unggulan yang bisa anda dapatkan saat menggunakan plugin WP ER untuk mengelola bisnis anda

3. Brilliant Web-to-Lead for Salesforce

Jika anda menggunakan plugin Brilliant Web-to-Lead for Salesforce maka pelanggan anda akan bisa memasukkan datanya sendiri situs web WordPress anda. Kemudian plugin tersebut akan mengirim data pada salesforce untuk diproses dan disimpan sebagat database untuk anda.

Brilliant Web-to-Lead for Salesforce bisa dikatan adalah plugin CMS yang paling sederhana. Karena anda hanya melakukan customisasi sebuah formulir dan menerpakannya pada halaman yang anda inginkan dengan shortcode yang disediakan.

Adapun fitu-fitur unggulan dari plugin Brilliant Web-to-Lead for Salesforce sebagai berikut ini!

– Website WordPress anda akan terhubung dengan akun yang ada di salesforce
– Dengan formulir sederhana, pelanggan kemungkinan bisa mengirim data pribadinya.
– Bisa menambahakn field atau kolom yang dibutuhkan pada formulir kontak tersebut.

Itulah keunggulan-keunggulan yang bisa anda dapatkan saat menggunakan plugin Brilliant Web-to-Lead for Salesforce.

4. WooCommerce Customer Relationship Manager

Apabila anda memutuskan untuk memilih plugin ini, maka anda akan mendapatakan sebuah kemudahan untuk menambahkan sebuah custom field pada database pelanggan anda.

Fitur-fitur unggulan yang bisa anda nikmat menggunakan plugin ini diantaranya :

– Disediakannya metrics tingkat lanjut untuk para pelanggan anda
– Bisa memfollow up calon klien dan bisnis yang berpotensi yang ditugaskan kepada karyawan atau orang lain yang anda percaya
– Adanya fitur untuk menambahkan custom field pada file para pelanggan

Adapun plugin lain yang bisa anda gunakan dan cari informasinya sebagai berikut ini!

5. UkuuPeople
6. WP-CRM
7. vCita
8. UpiCRM

Semoga informasi bermanfaat untuk anda semuanya