5 Plugin Backup Terbaik Untuk WordPress

Dewabiz.com – Plugin yang bisa melakukan sebuah proses backup merupakan hal yang penting bagi anda. Ada berbagai plugin terbaik yang bisa anda pakai untuk proses backup tersebut. Namun sebelum anda memilih plugin untuk backup WordPress, anda harus mengerti dulu tentang pengertian dari backup.

Hal yang perlu anda lakukan saat memiliki website adalah mempunyai fitu backup. Fungsi dari backup tersebut adalah untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Contoh hal tersebut adalah ketika website anda terkena virus, hack, atau masalah-masalah saat anda sedang update plugin dan thema pada website anda.

Biasanya, layanan web hosting suka memberikan sebuah fitur backup. Tapi untuk mendapatkan hal yang maksimal tidak ada salahnya anda untuk melakukan backup tersebut dengan berkala dan mandiri. Backup tersebut akan bisa memulihkan website WordPress anda saat ada masalah pada waktu-waktu yang tak tentu.

Pertimbangkan Fitur Ini Sebelum Memilih Plugin Backup

Untuk mencari dan memilih plugin backup terbaik pada wordpress, sebaiknya anda memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal dibawah sebagai berikut ini!

– Automated Backup

Ada sebagian plugin backup yang menyediakan fitur otomatis untu backup. Fitur ini diterapkan karena kebanyak para pengguna sering lupa untuk melakukan prosese backup tersebut dengan berkala. Jadi apabila ada fitur otomatis tersebut dan tidak akan lupa dan para pengguna tidak direpotkan lagi dalam hal backup secara berkala.

– Manual Backup Options

Selain ada fitur otomatis, para plugin backup akan memberikan sebuah fitur untuk backup secara manual. Untuk melakukan backup secara manual anda hanya memerlukan beberapa klik saja dan jangan terlalu khawatir untuk menjalankan proses tersebut.

– Incremental Backups

Fitur plugin backup yang akan bekerja untuk melakukan proses backup dengan cara otomatis saat terjadi perubahan pada file atau bagian yang lainnya dari website adalah incremental backups. Pada fitur incremental backups tidak akan memberatkan pada server karena mereka hanya membackups beberapa saja dan tidak secara penuh

– Downloadable backups

Beberapa plugin backup akan memberikan penawaran fitur tersebut, atau bahkan hampir semua plugin backup menawarkan fitur downlaodable backups. Sekalipun biasanya file backup tersebut akan masuk ke bagian server backups, namun kadang-kadang akan harus melakukan suatu tindakan untuk menyimpan file ke folder komputer lokal atau fitur offline.

– Disaster Recovery

Fitur disaster recovery merupakan fitur yang berfungsi untuk mengatasi suatu masalah yang terjadi kepada proses backup. Misalnya anda gagal mengupgrade, maka itu adalah tugas dari disaster recovery untuk mengatasi masalah tersebut.

5 Plugin Backup Terbaik WordPress

Adapun 5 plugin backup yang bisa anda pilih dengan berbagai fitur dan versi yang disediakan, maka simak dan ikuti terus pembahasan dibawah ini!

1. BackupBuddy

Sejak tahun 2010, BackupBuddy sudah menjadi plugin backup terlama yang tersedia di WordPress. Plugin tersebut dikabarkan sudah mengamanakan 1,5 juta lebih untuk para pengguna WordPress

Dengan memilih plugin ini untuk masalah backup, saat menggunakannya cukup mudah karena anda hanya tinggal melakukan beberapa klik saja dengan backup secara otomatis. Semua database dan file dengan plugin BackupBuddy akan terbackup penuh karena prosesnya dilakukan secara penuh.

Selain itu, anda juga bisa melakukan sebuah file yang akan diarahkan ke lokasi lain untuk memudahkan restore. Dengan plugin tersebut, anda juga bisa mejadwal untuk proses backup supaya anda tidak perlu melakukan backup dengan manual.

Kelebihan lainnya dari Plugin BackupBuddy

– Tersedia optimasi database

– Gratis 1 GB penyimpanan pada Stash Live Storage

Sekalipun anda menggunakan web shared hosting, maka fitur tersebut akan tetap berjalan dengan baik.

2. BlogVault

Plugin BlogVault ini bisa dibilang merupakan plugin backup yang cukup populer. Dengan proses backup yang dilakukan oleh plugin BlogVault di server mereka, sehingga dalam proses backup tersebut tidak akan membebani server web hosting anda. Dengan adanya fitur tersebut, BlogVault terkenal dengan Software as a Service.

Selain melakukan backup dengan cara otomatis, anda juga bisa melakukan backup tersebut dengan cara manual yang di sebut dengan backup unlimited on demand. Fitur tersebut merupakan sebuah proses backup yang memungkinkan anda hanya memperbarui file yang sudah dimodifikasi. Dengan proses tersebut akan sangat menguntungkan anda karena menghemat server load dan performa pada server hosting tetap optimal.

Kelebihan lainnya dari Plugin BlogVault

– Bisa melakuakn recover website secara mudah
– Dapat menyimpan file backup selama 90 hari sehingga memungkinkan anda untuk bisa melakukan recover saat situs terjadi masalah yang tidak disengaja.
– Dapat melakukan Staging WordPress. Staging merupakan fitur untuk tese website dengan mudah.

Itulah sekilas informasi tentang plugin BlogVault.

3. BoldGrid Backup

Plugin BlodGrid Backup bisa dibilang merupakan plugin yang cukup sederhana. BoldGrid Backup bisa anda menggunakannya untuk backup file pada webiste.

Dengan plugin BoldGrid Backup, anda bisa memproses sebuah backup serta restore saat ada masalah. Plugin ini juga sama seperti plugin plugin yang lainnya, mereka mempunyai fitur backup dengan otomatis dan manual. Jika anda berniat melakukan backup manual anda hanya cukup satu klik dan lakukan dengan mudah untuk memindahkan pada web hosting lainnya.

Kelebihan BlodGrid Backup yang Lainnya

– Mempunyai fitur proteksi kesalah
– Dapat menyimpan file backup sd 10
– Penyimpanan ke storage server seperti server VPS dan FTP

Itulah tentang plugin backup BoldGrid Backup dengan berbagai fitur yang dihadirkan.

4. VaultPress [Jetpack Backups]

VaultPress merupakan plugin backup yang dikembangkan oleh Matt Mullenweg dengan cara mandiri. Matt Mullenweg adalah co founder dari CMS WordPress. Tapi untuk saat ini ketika anda ingin menggunakan plugin VaultPress harus melakuakn subcribe JetPack, karena plugin tersebut sudah menjadi bagian dari produk JetPack.

Untuk menggunakan plugin VaultPress anda harus mengeluarkan uang untuk menikmatinya, karena plugin backup ini tidak menyediakan fitur gratis. Tapi dengan itu semua anda akan mendapatkan beberapa fitu lain seperti fitur keamanan.

Pada plugin backup VaultPress anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan paket yang bisa anda pilih dengan menyesuaikan kebutuhan dan keinginan anda.

5. Duplicator

Dengan plugin backup Duplicator anda akan melakukan sebuah proses backup yang dimasukan ke dalam file format zip. Jadi dengan proses seperti itu akan membuat anda lebih mudah serta bisa mengunduh file tersebut dengen cara offline, setelah itu anda bisa memindahkannya pada server lain dan simpan file tersebut untuk cadangan apabila anda membutuhkannya pada saat terjadi masalah yang tak diduga.

Duplicator mempunyai sebuah fitur backup yang menarik, salah satunya adalah plugin ini bisa mempunyai kemampuan untuk meduplikasi website yang sebelumnya sudah anda konfigurasi.

Plugin backup duplicator juga sama seperti plugin plugin backup lainnnya, mereka menyediakan fitur backup secara otomatis dan terjadwal dengan mengirimnya pada server cloud lain serta memberikan notifikasi pada email.

Itulah tentang plugin backup Duplicator dengan berbagai fitu yang dihadirkan untuk menunjang kebutuhan anda.