fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

cPanel

Cara Install Letsencrypt cPanel dan Manfaatnya

Rianda

Bagi pengembang website bisnis atau e-commerce, sertifikat SSL sangat penting keberadaannya. Sebab, berkaitan dengan informasi pengunjung website dan pelanggan bisnis yang penting. Untuk itulah, diperlukan pemahaman cara install letsencrypt cPanel untuk menjamin keamanan website.

Sertifikat SSL pada dasarnya berupa protokol yang mampu mengamankan lalu lintas data dari server ke pengguna melalui enkripsi. Jenis SSL paling sering digunakan adalah Let’s Encrypt, yang mana tersedia gratis. Adapun cara instalasi Letsencrypt cPanel dan manfaatnya dijelaskan berikut:

Cara Menginstall Let’s Encrypt cPanel

Proses instalasi Let’s Encrypt sebetulnya tidak terlalu panjang, namun langkah-langkah tersebut patut dipahami. Terutama bagi seseorang yang baru pertama terjun untuk mengelola website bisnis, sehingga membutuhkan keamanan data tang tinggi. Berikut langkah-langkah install Letsencrypt cPanel yang perlu diperhatikan:

  • Silahkan login pada akun cPanel yang dimiliki.
  • Pada bagian kolom penelusuran, ketik SSL.
  • Klik menu yang tertulis SSL/TLS.
  • Pengguna akan diarahkan pada halaman untuk melakukan tahap instalasi, pilih fitur Manage Auto SSL atau Kelola Situs SSL di bagian bawah.
  • Apabila selesai, lanjutkan dengan cara scroll ke bawah dan fokus pada tahap install situs web SSL.
  • Pilih nama domain yang akan digunakan.
  • Setelah memilih salah satu domain, klik perintah Isi Otomatis Berdasarkan Domain.
  • Mulai instalasi dengan klik Install Sertifikat.
  • Apabila prosesnya berhasil, maka akan ditampilkan kotak berisi SSL Host Berhasil Diinstall.
  • Masuk ke menu SSL/TLS Status.
  • Checklist pada salah satu auto SSL yang ingin diaktifkan, klik Run AutoSSL.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

Mengapa Harus Menginstall Let’s Encrypt cPanel?

Bagi seseorang yang awam mungkin sempat bertanya mengapa instalasi Let’s Encrypt cPanel perlu dilakukan. Untuk mengetahui alasannya, maka pengguna perlu memahami berbagai manfaat dari SSL itu sendiri. Berikut manfaat mengerjakan instalasi Let’s Encrypt cPanel tersebut:

1. Menjaga Informasi Sensitif Selama Pengiriman Data

Dengan menginstal Let’s Encrypt cPanel, maka Pengiriman data akan dilakukan dengan cara enkripsi. Ini membuat pesan yang dikirimkan hanya dapat dipahami oleh penerima pesan saja. Enkripsi yang diberikan mampu melindungi data-data pengunjung website, sehingga tidak dapat dirusak atau dimodifikasi.

Fitur ini akan sangat menguntungkan bagi bisnis online. Enkripsi akan memberikan isyarat berupa ikon kunci atau bar warna hijau yang memastikan bahwa pengunjung terkoneksi dengan enkripsi yang aman. Instalasi Let’s Encrypt cPanel secara tidak langsung dapat menanamkan kepercayaan pelanggan.

2. Mampu Meningkatkan Peringkat Website

Sertifikat SSL akan berpengaruh pada peringkat website bisnis di halaman Google. Ini menjadi peluang positif agar ranking website dalam mesin pencari dan SEO semakin baik. Apalagi Google merupakan mesin pencari terpopuler di dunia dan menjadi sumber utama mendapatkan pelanggan bisnis.

3. Menyediakan Otentifikasi Dengan SSL

Instalasi Let’s Encrypt akan memastikan bahwa setiap informasi terkirim ke server tujuan dan bukan ke mesin lain yang tidak memiliki hak. Poin tersebut sangat penting, mengingat internet sangat berkaitan dengan pengiriman data. Otentifikasi Dengan SSL tersebut menjadi salah satu upaya mengamankan website.

4. Menghindari Pencurian dan Pemalsuan Data

Tindak kriminal sangat mungkin terjadi, baik berupa pemalsuan maupun pencurian data. Contoh pemalsuan data yang sering terjadi seperti kiriman e-mail palsu dari seseorang dengan meniru tampilan website. Biasanya berisi tautan untuk mengarahkan pengguna, sehingga keamanan data terancam.

Akan tetapi, setelah instalasi Let’s Encrypt dilakukan maka pengguna akan mendapatkan sertifikat SSL. Pihak kriminal akan sulit meniru sertifikat dengan akurat, sehingga tampilan website tidak akan sama persis. Hal tersebut akan meminimalkan terjadinya pemalsuan atau pencurian data.

Itulah penjelasan cara install Letsencrypt cPanel yang dapat menjadi pedoman dalam meningkatkan keamanan website melalui SSL. Seperti yang sudah dipelajari di atas, instalasi Let’s Encrypt sangat penting dan membawa banyak manfaat. Untuk itulah, informasi ini sangat penting dipahami.

Baca Juga