fbpx

Inilah Perbedaan SEO dan SEM Bagi Website Bisnis yang Wajib Diketahui

Dalam sebuah website memang ada beberapa jenis platform yang dapat digunakan nantinya. Dimana platform ini biasanya digunakan untuk para pebisnis khususnya dalam sebuah bisnis marketing. Adapun jenis platform yang digunakan disebut SEO dan . Tentunya ada perbedaan SEO dan SEM yang dilihat dari segi manfaat dan harus diketahui sebelum digunakan.

Karena memang kedua platform tesebut mempunyai perbedaan yang mendasar sehingga harus diketahui dahulu. Meskipun perbedaan yang dimiliki terletak pada segi manfaat, namun hal tersebut sama-sama menguntungkan jika diterapkan untuk web. Bahkan pemilik website tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk memperoleh keuntungan dari web bisnis.

Pengertian SEO

Mempunyai kepanjangan Search Engine Optimization, dari SEO ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan . Dengan begitu, situs dapat masuk ke peringkat teratas pada saat pengunjung melakukan pencarian dan memasukkan kata kunci. Nantinya website yang dibuat dengan platform SEO akan muncul teratas di hasil pencarian.

Cara Kerja SEO

Pada umumnya, mempunyai sebuah tool yang dinamakan web crawler. Tool ini akan bekerja membantu Google untuk mengumpulkan beragam konten yang ada di internet. Setelah itu, konten tersebut akan disimpan ke database pada mesin pencarian. Kemudian SEO akan mengolahnya untuk menampilkan pada bagian atas di hasil pencarian.

Manfaat SEO

Setelah mengetahui cara kerja dari SEO ini tentunya sangat banyak manfaat yang diberikan kepada pemilik website. Dari platform inilah pemilik web biasanya memperoleh penghasilan yang banyak. Adapun manfaat dari SEO yang menjadi perbedaan SEO dan SEM akan dijelaskan pada pembahasan berikut:

  1. Dapat Meningkatkan Pengunjung

Manfaat yang dapat dirasakan pemilik website adalah trafik pengunjung dapat ditingkatkan jika menggunakan platform ini. Proses meningkatkan pengunjung ini tentunya dilakukan secara organik. Dengan kata lain, pemilik website tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang banyak untuk mendapatkan pengunjung. Sebab dengan menggunakan SEO, trafik pengunjung meningkat otomatis.

Baca Juga :  Cara Memperpanjang Domain Dengan Mudah dan Cepat

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Meningkatkan Konversi Bisnis

Website bisnis yang dimiliki memang mempunyai nilai konversi yang akan ditingkatkan jika menggunakan SEO. Pemilik tidak lupa untuk selalu memastikan jika target transactional. Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan pengunjung yang ingin membeli produk yang ditawarkan melalui website tersebut.

  1. Dapat Menjangkau User yang Lebih Luas

Manfaat SEO dapat mengjangkau user yang lebih luas sehingga pemilik website tidak perlu melakukan hal yang banyak untuk mendapatkan pengunjung. Dengan begitu, pemilik website hanya perlu saja dan menerapkan keyword. Selain itu, pemilik website juga perlu melakukan optimasi dengan menggunakan on page atau off page.

  1. Mendapatkan  Keuntungan Bisnis

Pemilih website tentu bisa memperoleh keuntungan bisnis yang banyak apabila menerapkan SEO dalam webnya. Menariknya karena keuntungan bisnis yang diperoleh ini tentunya berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Dengan begitu, pemilik web harus melakukan optimasi secara rutin dan melakukan riset terhadap kompetitor.

Pengertian SEM

SEM mempunyai kepanjangan Search Engine Marketing dan diarikan sebagai strategi dalam digital marketing sehingga menempati halaman pertama Google. Nantinya pemilik website bisa memanfaatkan iklan Google Ads yang berbayar agar web muncul di halaman pertama Google. Memang karakteristik SEM ini dengan memanfaatkan iklan pada web.

Cara Kerja SEM

Hal yang menjadi perbedaan SEO dan SEM juga terletak pada cara kerjanya. SEM akan bekerja untuk melakukan pengiklanan memasang kampanye SEM menggunakan kata kunci. Dimana kata kunci tersebut harus relevan berdasarkan bisnis yang ditawarkan. Dengan begitu, orang yang mengetikkan kata kunci tersebut, secara otomatis web akan muncul di halaman pertama.

Manfaat SEM

Melihat cara kerja dari SEM memang lebih memfokuskan pada pengiklanan dan kata kunci yang digunakan. Selain itu, ada juga manfaat yang dapat dirasakan oleh pemilik website yang menggunakan SEM untuk websitenya. Manfaat tersebut seperti menjangkau pelanggan yang lebih banyak. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan terkait manfaat dari SEM:

Baca Juga Artikel Berikut : Kelebihan & Kekurangan Search Engine Optimization (SEO)

  1. Pencapaian Target
Baca Juga :  Begini Cara Backup Email dan Restore Email pada cPanel Hosting DewaBiz

Dengan menggunakan SEM, pencapaian website akan lebih tertarget karena pemasaran yang didapatkan jauh lebih spesifik. Hal ini disebabkan karena kata kunci yang dimasukkan pengunjung lebih tertuju ke web pemasaran yang telah dibuat. Secara otomatis, trafik juga ikut meningkat ke website yang dimiliki sehingga dapat dikatakan jika keuntungan yang diperoleh semakin besar.

  1. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Manfaat menggunakan SEM karena dapat menjangkau lebih banyak pelanggan sehingga produk yang ditawarkan dapat laku cepat. Menariknya karena pelanggan tersebut bukan hanya yang ada di sekitar saja namun juga yang berada di luar daerah. Banyaknya pelanggan yang mengunjungi web tentu menjadi peluang untuk memperoleh keuntungan yang besar.

  1. Melakukan Kontrol Secara Menyeluruh

Menggunakan SEM ini juga dijadikan sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan produk atau bisnis yang dibuat. Dengan begitu, pemilik web bisa lebih leluasa saat mengontrol proses promosi tersebut. Dimana hal yang bisa dikontrol seperti biaya, timeline, jenis iklan, dan bahkan pemilihan kata kunci. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah oleh pebisnis.

  1. Meningkatkan Percakapan dan Konversi

Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan percakapan dan konversi terhadap search marketing. Karena SEM memang menggunakan iklan yang berupa sehingga pengunjung bisa langsung mengkliknya. Meskipun begitu, hal yang dilakukan ini tentu mengeluarkan biaya yang digunakan untuk membayar setiap mengklik iklan.

Demikian informasi mengenai perbedaan SEO dan SEM yang dapat dilihat dari berbagai segi. Dimana perbedaan tersebut dapat dilihat dari segi pengertian, cara kerja, dan juga manfaat yang dapat diperoleh pemilik web. Memang keduanya sama-sama menguntungkan sehingga pebisnis bisa memilih salah satunya untuk diterapkan sesuai kebutuhan.

Baca Juga Artikel Berikut : Apa itu SEO? Pengertian , Manfaat dan Cara Kerja