fbpx

Inilah Cara Mengubah Bahasa di WordPress 

Cara mengubah bahasa di bisa saja dilakukan secara mudah dan cepat. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk melakukan hal tersebut seperti dashboard dan manual. 

Secara default, untuk website wordpres sudah menggunakan bahasa inggris. Akan tetapi, dengan bahasa inggris tersebut membuat banyak orang yang merasa kesusahan ketika terjadi permasalahan teknis. 

Maka dari itu, saat ini telah menyediakan banyak sekali macam-macam bahasa yang dapat dipilih oleh para penggunanya. Salah satu bahasa yang bisa dipilih adalah Indonesia.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara mengubah bahasa di wordpress. Sedangkan untuk bizzie yang penasaran bisa langsung saja simak lebih lengkapnya di bawah ini. 

Cara Mengubah Bahasa di WordPress Secara Manual 

Untuk cara mengubah bahasa di wordpress yang pertama bisa dengan menggunakan manual. Artinya pada saat menggunakan cara ini membutuhkan barisan file supaya bahasa pada CMS dapat berubah. 

Ketika menggunakan cara kali ini tidak hanya memberikan langkah saja, akan tetapi juga cara mendapatkan file yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila, bizzie belum mempunyai modul bahasa bisa melakukan pada halaman resmi wordpress terlebih dahulu. 

Ada beberapa langkah yang dapat diterapkan pada cara mengubah bahasa di wordpress manual ini. Langkah atau cara yang dapat dilakukan oleh bizzie adalah:

  • Langkah pertama, langsung saja masuk pada halaman polyglot teams pada halaman wordpress. 
  • Langkah kedua, scroll sampai dengan bagian bawah dan menemukan tulisan “modul bahasa Indonesia”. 
  • Langkah ketiga, bisa memberikan klik pada angka 100% yang berada di kolom tersebut. 
  • Langkah keempat, klik pada kolom “development”. 
  • Langkah kelima, lakukan gulir sampai dengan bawah. Pada langkah kali ini juga bisa langsung melakukan perubahan file export setting ke format .mo. 
  • Apabila semuanya sudah selesai, berikan klik lagi pada menu “export” dan lalu simpan file tersebut pada atau laptop. 
Baca Juga :  8 Template Gratis Yang Cocok Buat Para Pemula

Setelah melakukan langkah yang sudah dijelaskan diatas, maka bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Untuk tahap selanjutnya adalah melakukan unggahan file pada file manager dengan melalui

Ada juga beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan upload file bahasa indonesia dengan menggunakan cPanel. Untuk langkah yang dapat dilakukan oleh bizzie adalah:

  • Langkah pertama, bisa langsung saja login pada cPanel bizzie. 
  • Langkah kedua, cari menu file manager pada laptop atau komputer yang sedang bizzie gunakan. 
  • Langkah ketiga, pada saat sudah berada di menu file manager bisa langsung mencari folder wp-content/languages. Untuk menemukan menu tersebut bisa langsung mencarinya di bagian sidebar kiri. 
  •  Langkah keempat, apabila file yang dicari tidak ada maka bisa membuat file baru. Pada saat pembuatan file baru ini bisa dengan memberikan nama dengan language. 
  • Langkah kelima, membuka file languages dan memberikan klik lagi pada kolom “uploads”. 
  • Tunggu sampai dengan proses upload file benar-benar selesai. Setelah semua proses sudah selesai bisa langsung saja melakukan logout dari cPanel tersebut. 

Pada saat semua proses sudah dilakukan secara baik, maka bizzie bisa masuk ke dashboard untuk melakukan perubahan bahasa di website wordpress. Untuk cara kali ini tidak perlu bizzie tempuh ketika file bahasa Indonesia sudah ada di website wordpress. 

Cara Mengubah Bahasa di WordPress Melalui Dashboard

Cara mengubah bahasa di wordpress bisa dilakukan dengan menggunakan dashboard. Akan tetapi, sebelum menggunakan cara mengubah bahasa di wordpress kali ini harus memastikan bahwa file tersebut sudah di install pada komputer maupun laptop. 

Apabila belum diinstal maka bisa melakukan beberapa langkah untuk melakukan instalasi bahasa pada wordpress. Untuk langkah atau settingan yang dilakukan ketika menggunakan dashboard adalah:

  • Langkah pertama, bisa langsung saja melakukan login pada akun website wordpress milik bizzie. 
  • Langkah kedua, masuk saja langsung pada halaman dashboard wordpress. 
  • Langkah ketiga, arahkan kursor pada menu “settings” dan “general”. 
  • Langkah keempat, lakukan pencarian kolom yang bertulisan “site language” dan mencari “indonesian”. 
  • Langkah terakhir, memberikan klik pada kolom “save changes”. 
Baca Juga :  Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection Bagian 2

Baca Juga : Cara Membuat Default Htaccess WordPress Mudah dan Cepat

Cara Mengubah Bahasa di WordPress Dengan Menggunakan Multilingual

Cara mengubah bahasa di wordpress bisa dilakukan dengan menggunakan multi tunggal. Seperti yang sebelumnya ada beberapa langkah atau tahapan yang harus dilakukan untuk bisa menggunakan cara tersebut. Untuk beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah:

  • Langkah pertama, langsung saja lakukan download translate press. 
  • Langkah kedua, pada saat proses download sudah selesai bisa langsung melakukan install plugin. Setelah proses install sudah selesai dapat melakukan aktivasi. 
  • Langkah ketiga, proses install dan aktivasi sudah selesai. Maka bisa langsung saja masuk ke menu “dashboard”, “settings” dan “translate press”. 
  • Langkah keempat, lakukan pengaturan dengan memilih salah satu bahasa yang sudah disediakan oleh website wordpress. 
  • Langkah kelima, untuk proses translate website akan berjalan secara otomatis dan disertai dengan visual editor. 

Akan tetapi, untuk bizzie yang ingin lebih menghemat waktu bisa dengan menggunakan mesin penerjemah secara otomatis. Untuk mesin penerjemah otomatis ini keluaran dari dan DeepL. Dengan menggunakan dua alat tersebut dapat melakukan edit sesuai dengan akurasi yang diinginkan. 

Dengan menggunakan pengaturan bahasa yang dipergunakan sehari-hari membuat bizzi mudah paham dan dimengerti oleh para penggunanya. Satu hal yang harus diketahui juga bahwa pada saat melakukan perubahan bahasa pada wordpres ini akan memberikan pengaruh terhadap bagian front end website. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai macam-macam cara mengubah bahasa di wordpress. Besar harapan dengan penjelasan tersebut dapat membantu bizzie yang ingin mengelola website wordpress menggunakan bahasa sesuai dengan keinginan.

Baca Juga : Cara Mengganti Favicon di WordPress Secara Mudah dan Cepat