fbpx

Cara Mengganti Favicon di WordPress Secara Mudah dan Cepat

merupakan salah satu ikon kotak yang berbentuk kecil yang berguna untuk merepresentasikan sebuah . Biasanya untuk favicon ini muncul pada bagian samping judul website tab

Pada ikon tersebut juga muncul beberapa histori seperti browser, bookmark dan juga lokasi lain. Menariknya lagi di ikon tersebut juga bisa menampilkan identitas visual dari sebuah website

Meski ukuran dari favicon ini kecil, akan tetapi sangat detail dan penting digunakan sebagai identitas . Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara rinci dan jelas mengenai cara di . Sedangkan untuk bizzie yang penasaran bisa langsung simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Macam-Macam Cara Mengganti Favicon di WordPress 

Secara umum favicon adalah logo dari sebuah merek bizzie. Ketika ingin menggunakan favicon ada ukuran yang harus diperhatikan. Untuk ukuran favicon pada sebuah maupun website adalah 512 x 512 pixels. Sedangkan untuk ukuran dari favicon nya adalah persegi. 

Bizzie juga bisa menggunakan gambar dengan ukuran yang lebih besar. Akan tetapi, ketika ingin menggunakan gambar yang lebih besar akan diminta untuk memotong atau crop. 

Untuk membuat gambar dengan ukuran 512 pixels ada banyak sekali edit yang bisa dipilih dan digunakan. Salah satu software yang mendukung pada cara mengganti favicon di wordpress adalah adobe photoshop. 

Ketika memilih menggunakan software adobe photoshop bizzie akan dikenakan biaya atau berbayar. Sedangkan untuk software yang juga bisa membantu dalam cara mengganti favicon di wordpress adalah Gimp. Pada saat menggunakan software Gimp bizzie tidak dikenakan biaya tambahan, alias gratis. 

Setelah memilih software bizzie bisa langsung memilih juga mengenai cara mengganti favicon di wordpress. Ada banyak sekali cara mengganti favicon di wordpress yang bisa dipilih dan digunakan. Untuk cara mengganti favicon di wordpress adalah:

Baca Juga :  7 Tips Agar Akun Adsense Tidak Dibanned 

1. Cara Mengganti Favicon di WordPress Menggunakan Customizer 

Ketika bizzie sudah menggunakan wordpress dengan versi 4.3 atau yang lebih baru maka bisa menerapkan cara mengganti favicon di wordpress secara mudah. Bahkan bizzie juga bisa mengganti favicon pada wordpress melalui area admin. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Membuka menu halaman admin dashboard bizzie. 
  • Setelah berada di halaman menu tersebut bisa langsung memilih menu “appearance” dan “customize”. 
  • Memilih menu “site identity”. 
  • Langsung saja melakukan pergantian dengan memilih “select image”. Untuk menu tersebut berada di bagian bawah menu “site icon”. 
  • Lakukan unggahan gambar atau favicon yang sudah bizzie siapkan dan pilih. 
  • Ketika pemilihan sudah selesai bisa langsung memberikan klik pada menu “publish”. 
  • Tunggu sampai dengan proses unggahan selesai. Ketika sudah selesai proses pergantian akan disimpan secara otomatis. 

Di saat sudah menggunakan cara mengganti favicon di wordpress pertama dan sudah berhasil maka ikon akan muncul di bagian samping judul website. Sedangkan untuk bizzie yang ingin menambahkan pada perangkat mobile atau ponsel bisa memilih menu “add to homescreen”.

Baca Juga : 8 Tips Sederhana Optimalkan Kecepatan Website Anda

2. Cara Mengganti Favicon Menggunakan Plugin 

Untuk cara mengganti favicon wordpress selanjutnya bisa menggunakan plugin. Nama plugin yang bisa dimintai bantuan dalam proses pergantian favicon adalah “favicon by real favicon generator”. 

Pada plugin favicon tersebut akan memberikan kemudahan dan berbagai fitur yang menarik. Sebagai berikut cara yang bisa dilakukan ketika ingin melakukan pergantian favicon pada wordpress:

  • Pertama bisa langsung saja membuka admin dashboard dari
  • Ketika sudah berada di halaman utama bisa langsung memilih menu “plugin” dan “addnew”. 
  • Di menu tersebut juga bisa langsung menuliskan atau mengetikkan “favicon by real favicon generator” Untuk mencari software tersebut bisa langsung masuk pada kotak pencarian. 
  • Saat cara mengganti favicon di wordpress sebelumnya sudah berhasil maka bisa langsung install dan aktifkan plugin. 
  • Proses install dan aktivasi sudah selesai bisa langsung membuka menu “appearance” dan “favicon”. 
  • Lakukan unggahan gambar yang bizzie inginkan untuk dijadikan favicon. Bizzie juga tidak perlu melakukan edit favicon lagi, karena plugin tersebut akan melakukan edit secara otomatis. 
Baca Juga :  Cara Upgrade WordPress Manual di cPanel dengan Cepat

Satu hal penting lainnya lagi bizzie juga harus memastikan bahwa favicon mempunyai ukuran minimal 70 x 70 piksel. Bahkan, bisa lebih baik lagi ketika menggunakan favicon dengan ukuran lebih dari 260 x 260 piksel. 

  • Setelah favicon sudah berhasil diunggah pada website bisa langsung memilih menu “generate favicon”. 
  • Secara otomatis bizzie akan langsung diarahkan ke halaman “real favicon generator”. 
  • Pada halaman dari situs tersebut bisa melakukan pencarian dan memberikan klik opsi pada menu “generate your favicon”. 
  • Bizzie juga akan langsung diarahkan kembali ke website yang sebelumnya. DI saat proses cara mengganti favicon di wordpress berhasil maka akan ada pemberitahuan masuk. Untuk isi pemberitahuannya adalah pernyataan mengenai favicon bizzie sudah berhasil diganti dan akan muncul. 
  • Ketika cara mengganti favicon di wordpress sudah selesai bizzie bisa langsung saja melihat tampilan pada halaman browser. Selain itu, bizzie juga bisa melihat melalui perangkat mobile. 

Seperti yang dikatakan pada sebelumnya bahwa untuk favicon ini sangat penting dan wajib ketika mengelola sebuah website. Untuk website yang mempunyai favicon ini akan terlihat lebih kredibel dan profesional. 

Selain itu, juga ada banyak sekali cara mengganti favicon di wordpress yang bisa digunakan dan sangat mudah. Pada sisi lainnya favicon juga dijadikan sebagai identitas dari sebuah website. Meski ukurannya kecil, akan tetapi mempunyai banyak peran. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara mengganti favicon di wordpress. Besar harapan dengan penjelasan di atas mengenai cara mengganti favicon di wordpress bisa membantu dan bermanfaat.

Baca Juga : Tutorial Mengganti Nama Database WordPress dengan Mudah