fbpx

Inilah Cara Menghapus Domain Dari Blogspot dengan mudah

Cara menghapus dari blogspot pada dasarnya merupakan langkah dan mudah dan tak jarang perlu Anda lakukan. Di samping memang blogspot termasuk salah satu platform blogging yang ramai diminati kalangan pemilik ataupun . Kedua layanan penulisan blog tersebut lebih banyak orang pilih guna mengembangkan penulisan serta kemudian juga ikut membesarkan blog itu dengan cara membeli domain sendiri.

Selain itu para pengguna juga bisa melakukan upaya custom domain merk mereka sendiri dengan langkah-langkah dan step yang mudah dengan ikut tutorial detail dan jelas. Kendati demikian tak bisa kita pungkiri kalau banyak di antara kalangan pengguna ingin menghapus domain dari blogspot milik mereka. Jika Anda termasuk orang yang ingin melakukannya, berikut adalah langkah dan pertimbangan tersendiri.

Beberapa Cara Menghapus Domain Dari Blogspot Termudah

Sebelum Anda mengambil langkah besar dengan cara menghapus domain dari blogspot, terdapat hal-hal serta pertimbangan yang harus diperhatikan sekaligus sadari dalam menghapus domain apalagi kalau domain tersebut sudah berusia cukup lama. Inilah beberapa poin yang menjadi pertimbangan dan harus diperhatikan:

  1. Pengunjung blog milik Anda masih ramai orang yang mengunjungi.
  2. Hilangnya kesan kredibilitas dan profesionalitas dalam blog.
  3. Domain pada blog yang tak lagi dipersonalisasi serta unik.
  4. Interaksi serta branding yang sudah Anda bangun.
  5. Reaksi yang berasal dari kalangan pembaca setia.
  6. Konten yang sudah dibuat dan kumpulkan selama memiliki blog terbuang sia-sia.

1. Cara untuk menghapus domain dari blogspot

Jika Anda mempunyai domain maka tak melulu harus dibiarkan begitu saja. Tak jarang harus terdapat perubahan di domain ataupun bahkan di sejumlah kasus harus pula dihapus lantaran satu dan lain alasannya. Sebagai informasi, cara menghapus domain dari blogspot tak hanya semata-mata langsung hapus begitu saja. Sebab tak jarang beberapa pemilik situs menghapus domain lantaran banyak keperluan dalam hal pemindahan ataupun meraahkan ke .

Baca Juga :  5+ Website Terbaik dan Gratis untuk Membuat Portofolio Online

Selain itu para pemilik blog juga ingin mengarahkan ke Blogspot lainnya. Pada informasi kal ini, nantinya Anda dapat belajar bagaimana cara menghapus domain dari pengaturan custom domain pada blogspot. Guna melakukan hal tersebut, Anda perlu menghapus sejumlah record serta menghapus konfigurasi dalam blogger milik sendiri. Berikut adalah panduannya untuk Anda:

Baca Juga Artikel Berikut : Langkah  Memilih Web Hosting yang Cocok untuk Bisnis

  • Cara menghapus domain dari blogspot yang pertama adalah silahkan untuk login terlebih dahulu dalam halaman member area, kemudain dalam halaman utama silahkan Anda menekan pada menu bertuliskan domain.
  • Tahap kedua, Anda bisa tekan ikon Setting yang berada di sebelah kanan domain yang hendak dihapus.
  • Berikutnya langsung tekan pada menu setting DNS yang berada di sidebar sisi kiri.
  • Setelah itu dalam menu bertuliskan A record silahkan hapus record yang berada di beberapa urutan terbawah.
  • Langkah selanjunya dalam menu bernama CNAME record Anda bisa menghapus record yang berada di urutan ke dua dan ketiga.
  • Tahap keenam dalam cara menghapus domain dari blogspot adalah masuk ke menu setting lalu lanjutkan dengan publishing pada blogger milik Anda. Kemudian hapus 3rd party pada domain yang sudah terdaftar. 

Sesudah melakukan semua tahap di atas, maka domain milik Anda nantinya kembali seperti ketika sebelum melakukan pengaturan custom domain. Setelah itu tunggu sampai masa resolve selesai selama kurang lebih 1 x 24 jam sampai server DNS milik ISP bisa mendeteksi adanya perubahan yang dilakukan.

2. Menghapus blogspot dari domain permanen

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa menerapkan cara menghapus domain dari blogspot permanen. Adapun langkah tersebut bisa dibilang sederhana untuk para pemilik blogspot :

  • Cara pertama silahkan buka browser milik Anda lalu login untuk masuk dalam akun blogspot kepunyaan Anda.
  • Setelah itu pada dashboard Anda bisa cari lalu menemukan setting dan other.
  • Cara menghapus domain dari blogspot berikutnya adalah Anda nantinya menemukan fitur importer content, delete blog serta back up content.
  • Sebelum melanjutkan tahap menghapus domain secara keseluruhan, sebaiknya Anda melakukan tahap back up . Langkahnya adalah dengan memilih serta menekan menu bertuliskan Back up Content. Setelah itu simpan data pada file ataupun milik Anda.
  • Sesudah melakukan tahap back up data sebelumnya, tekan tombol bertuliskan delete blog atau hapus blog. Hal ini berfungi juga untuk menghapus domain dari blogspot.
  • Nantinya Anda bisa melakukan undelete dalam kurun watku selama 90 hari apabila secara tiba-tiba berubah pikiran.
  • Jika sudah berkomitmen serta yakin untuk menghapus domain secara permanen, Anda pun dapat langsung memilih serta menekan pilihan Delete Permanently.
Baca Juga :  Perbedaan Shared Hosting dan VPS: Lebih Untung Mana?

3. Langkah untuk menghapus domain dari blogspot sementara

Tidak hanya secara permanen, Anda bisa pula menerapkan cara menghapus domain dari blogspot untuk sementara waktu. Caranya juga mudah dan bisa diterapkan oleh siapa pun di antaranya:

  • Pertama silahkan buka browser lalu login dalam akun blogspot yang digunakan.
  • Setelah itu masuk dalam akun blogger lalu temukan dashboard blog milik Anda.
  • Berikutnya buka pengaturan blog yang ada pada blogger.
  • Dalam blogger silahkan temukan dan pilihlah menu pilihan lain.
  • Selanjutnya tekan tombol untuk hapus blog.
  • Kalau Anda hendak mengunggah postingan dalam blog maka tekan tombol bertuliskan blog.
  • Sesudah selesai Anda unduh, cara menghapus domain dari blogspot adalah dengan mengetuk hapus blog ini atau beristilah lain delete this blog.

Itulah beberapa cara menghapus domain dari blogspot mudah dan dapat Anda lakukan.

Baca Juga Artikel Berikut : Mudah! Inilah 5 Cara Pindah Hosting Antar cPanel