fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

SEO

Ikuti Trik dan Tips SEO Untuk Mengoptimalkan Channel Youtube Agar Banyak Dikunjungi

Wiliam

Mempunyai akun YouTube tentunya sangat mengharapkan banyak pengguna yang akan melihat postingan video. Itulah mengapa, pengguna perlu menerapkan trik dan tips SEO untuk mengoptimalkan channel YouTube agar banyak ditonton. Banyak trik dan tips yang bisa diterapkan oleh pemilik channel YouTube sehingga channel tersebut banyak dikunjungi.

Trik dan tips tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara agar channel YouTube dapat optimal. Cara yang dimaksud tersebut seperti menentukan waktu nonton video, riset untuk keyword, dan lain sebagainya. Untuk penjelasan lengkapnya terkait tips dan trik SEO dalam mengoptimalkan channel YouTube akan dibahas pada pembahasan berikut ini:

1. Tentukan Jumlah View dan Waktu Menonton Video

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan waktu menonton video yang telah diposting di channel tersebut. Dalam menentukan waktu menonton ini bisa ditentukan berdasarkan dengan grafik Analytics. Dengan menggunakan grafik tersebut, pengguna dapat melihat bagaimana performa yang dimiliki channel tersebut.

Performa video yang diposting dapat dilihat sejak pertama kali video tersebut dibuat dan diupload melalui channel. Selain melalui grafik Analytics, pengguna bisa juga menentukan waktu nonton melalui kartu analisis di YouTube Studio. Nantinya akan ditampilkan data perbandingan berdasarkan dengan durasi dan jumlah penayangan secara detail.

2. Melakukan Riset Keyword

Trik dan tips SEO untuk mengoptimalkan channel YouTube selanjutnya adalah dengan melakukan riset keyword. Dengan kata lain bahwa keyword tersebut nantinya akan dijadikan rekomendasi dalam kolom pencarian dan paling sering muncul. Untuk melakukan riset keyword ini, pengguna bisa memanfaatkan alat berupa Ubersuggest atau Ahrefs.

Dalam pembuatan keyword pun, pengguna harus menggunakan sesuai dengan tema yang terdapat pada channel YouTube. Hal ini dilakukan agar keyword yang dibuat bisa lebih mudah ditemukan oleh pengunjung atau pengguna lain. Namun perlu diingat untuk tidak mengejar keyword semata-mata hanya karena volume pencarian yang tinggi saja. 

3. Menentukan Judul dan Thumbnail yang Menarik

Sebelum pengguna memutuskan untuk memilih video yang akan diposting dalam channel. Karena pada dasarnya penonton akan melihat judul dan thumbnail dari video yang diposting terlebih dahulu, Apabila judul dan thumbnail yang dicantumkan menarik tentu membuat pengguna lain tertarik untuk mengklik video yang diupload tersebut.

Meskipun konten yang dibuat sangat menarik, namun judul dan thumbnailnya biasa saja tentu pengguna lain tidak akan tertarik. Maka dari itu, buat kedua hal tersebut semenarik mungkin dan pastikan juga jika judul dan thumbnail sesuai dengan isi konten. Selain itu, tidak lupa untuk menyimpan keyword pencarian di judul video sebelum video tersebut diupload.

4. Memperhatikan Panjang Video 

Trik dan tips SEO yang dapat digunakan adalah dengan memperhatikan panjang atau durasi dari video yang akan diupload. Sebelum melakukan upload pada video ini tentu harus melalui proses editing. Memang trik dan tips SEO untuk mengoptimalkan channel YouTube ini harus dilakukan durasi video sesuai dengan tema konten. 

Sebaiknya menentukan durasi video tersebut sekitar 10 menit hingga dengan 16 menit. Dengan durasi yang seperti ini tentunya tergolong sedang dan tentunya tidak terlalu panjang saat ditonton nantinya. Karena durasi video yang terlalu lama akan menimbulkan rasa bosan yang dimiliki oleh pengunjung dan memakan waktu yang lebih lama.

5. Cantumkan Keyword Tags

Nantinya hasil riset dari keyword dapat diaplikasikan dalam bentuk tags sehingga nantinya YouTube akan membaca keyword tersebut. Dengan begitu, pengunjung bisa lebih mudah saat mencari kata kunci atau keyword tags yang dimasukkan. Selain itu, penggunaan tags ini juga mempengaruhi rangking yang diperoleh dan berpotensi akan viral.

Dalam mencantumkan keyword untuk satu tags sebaiknya menggunakan 2 hingga 3 frasa saja. Selain itu, untuk mendapatkan performa yang jauh lebih baik tentunya bisa menggunakan 31 hingga 40 keyword tags. Dengan begitu, keyword tags tersebut bersifat unik dan berbeda dari tags yang lain. Namun penggunaannya tetap tidak jauh dari riset keyword.

6. Menempatkan Embed dan Link

Sedikit informasi, tag embed tentunya tidak sama dengan link namun keduanya masih saling berhubungan satu sama lain. Tag embed adalah sebuah kode script yang berupa HTML yang digunakan untuk menampilkan konten video. Nantinya konten tersebut akan ditampilkan dalam sebuah website. Bahkan konten tersebut dapat ditampilkan dalam akun media sosial yang dimiliki.

Berbeda dengan link yang diartikan sebagai sumber dari sebuah situs yang ada. Olehnya itu, apabila mempunyai blog maka bisa mengembed video aplikasi YouTube yang dimiliki. Dengan begitu, channel YouTube dapat memperbagus SEO pada channel tersebut. Selain itu, link akan dikaitkan juga dengan mention blog yang terdapat pada konten video yang dimiliki.

7. Membangun dan Rutin Memelihara Channel

Pada dasarnya, channel dapat diartikan sebagai wadah yang digunakan untuk memposting video. Dimana trik dan tips SEO untuk mengoptimalkan channel YouTube memang harus dibangun dan memelihara channel tersebut. Caranya dengan menggunakan alamat email untuk login ke akun YouTube yang dimiliki.

Pengguna harus konsisten dalam mengembangkan ide yang kreatif untuk channel YouTube tersebut. Selain itu, pelihara pula channel tersebut dengan cara mengunggah video secara rutin dan berkala. Hal ini dapat memberikan performa yang baik untuk akun channel YouTube dan banyak dikunjungi oleh pengguna lain.

Demikian penjelasan terkait dengan trik dan tips SEO untuk mengoptimalkan channel YouTube yang dapat dilakukan oleh pengguna. Memang trik dan tips ini harus diterapkan agar channel YouTube optimal. Apalagi akun channel tersebut harus dipelihara dan dirawat secara berkala dan konsisten.

Baca Juga