fbpx

Fungsi dan Cara Menggunakan Google Trends Bagi Blogger

Saat ini sangat banyak tools yang dapat digunakan oleh para sehingga memudahkan pengunjung mengunjungi yang dibuat. Salah satunya adalah Trends yang saat ini banyak digunakan. Selain itu, cara menggunakan Google Trends cukup mudah dilakukan dan banyak pula manfaat yang dapat diperoleh nantinya.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu pusing memikirkan topik yang ingin dibahas dalam pembuatan konten untuk kepentingan blog. Karena pengguna bisa melihat topik mana saja yang saat ini sedang tren atau banyak dicari di pencarian Google. Hal tersebut tentu menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki dari layanan Google Trends.

Pengertian Google Trends

Google Trends adalah tools yang dirilis oleh Google dengan tujuan untuk digunakan pengguna melakukan pencarian topik. Dengan kata lain dapat memudahkan pengguna untuk meriset kata kunci yang saat itu juga dianggap sedang populer. Menariknya karena tampilan yang dimiliki dari Google Trends ini sangat sederhana sehingga mudah diakses oleh pengguna.

Fungsi Google Trends

Pembuatan Google Trends ini tentunya mempunyai fungsi yang nantinya dapat diterapkan oleh para pengguna. Dimana fungsi yang dimiliki oleh Google Trends ini seperti memudahkan pengguna untuk menentukan target dan mencari topik. Untuk lebih jelasnya, berikut uraian terkait dengan fungsi yang dimiliki Google Trends:

  1. Memudahkan Menentukan Target yang Dituju

Fungsi dari Google Trends ini yakni dapat memudahkan pengguna dalam menentukan target yang dituju. Dengan kata lain, pengguna bisa melihat pengunjung yang akan dijadikan target dengan cepat. Nantinya secara otomatis pengunjung yang menjadi target akan melihat statistik wilayah dan bahasa yang menjadi sasaran pembahsan blog.

  1. Untuk Mengetahui Topik yang Populer

Menariknya karena melalui Google Trends, pengguna bisa mengetahui topik apa saja yang sedang populer saat ini. Dimana kepopuleran topik tersebut tentunya mempunyai jangka waktu tertenti. Fungsi ini tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna karena bisa membuat konten berdasarkan dengan topik yang sedang populer tersebut.

  1. Untuk Mengetahui Frekuensi
Baca Juga :  Komputer Server Adalah: Definisi, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Bukan hanya mengetahui topik-topik yang sedang populer saja, namun juga bisa mengetahui frekuensi keyword yang di tampilkan. Artinya, pengguna bisa mengetahui seberapa sering topik tersebut muncul pada mesin pencarian. Selain itu, pengguna pun dapat mengetahui area mana saja yang sangat membutuhkan topik yang akan dibuat konten.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Setelah mengetahui apa saja fungsi dari Google Trends tentu ada cara yang dapat dilakukan untuk menggunakan layanan ini. Dimana cara yang dapat dilakukan nantinya cukup mudah sehingga bisa pula digunakan oleh pemula. Lalu bagaimana caranya? Berikut ulasan lengkap terkait dengan cara menggunakan Google Trends dengan mudah oleh pemula:

  1. Membuka Laman Google Trends

Cara yang dapat dilakukan pengguna terlebih dahulu harus membuka laman Google Trends atau halaman utama dari layanan tersebut. Nantinya dalam halaman utama tersebut akan ditampilkan daftar pencarian terkini. Dimana daftar tersebut tentunya sedang menduduki trending dalam pencarian Google. Selain itu, daftar pencarian tersebut pun dilengkapi dengan nama negara.

Karena dalam halaman utama sudah disediakan kolom untuk pengguna memilih negara yang ingin diketahui daftar pencariannya. Dengan adanya daftar tersebut tentu memudahkan pengguna untuk memilih topik yang sedang trending apalagi jika masalah produk. Tentunya pembahasan seperti ini sangat sering muncul sebagai pencarian teratas.

  1. Mencari Kata Kunci

Dalam tampilan awal Google Trends ini memang sudah disediakan kolom yang terdapat pada bagian tengah yang dinamakan kolom search. Tujuan adanya kolom tersebut yakni untuk digunakan pengguna dalam mencari kata kunci yang diinginkan. Setelah mengetik kata kunci tersebut, langsung saja mengklik tombol Enter dan tunggu  hingga hasil pencarian muncul.

Baca Juga Berikut : Tips Sebelum Submit Google Adsense yang Wajib Diperhatikan

Dimana isi hasil pencarian tersebut mengenai produk yang saat ini sedang tren. Menariknya karena dalam pencarian tersebut pengguna bisa mengatur negara yang diinginkan dan kategori produk yang dicari. Kategori yang dimaksud ini seperti kategori kesehatan, , dan lain sebagainya. Selain itu, disediakan pula placement atau pencarian google shopping.

  1. Mengecek Hasil Penelusuran
Baca Juga :  Cara Membuat Website Staging di WordPress

Setelah itu, cara menggunakan Google Trends adalah dengan mengecek hasil penelusuran lebih mendalam. Dimana cara ini digunakan untuk membandingkan antara produk X dan produk Y. Pengguna harus rajin menggulir atau scroll halaman explore hingga bagian bawah. Karena hasil pencarian dari kata kunci yang sedang dicari akan ditampilkan.

Selain itu, pada bagian bawah juga terdapat topik yang disebut sebagai topik pendamping dan kueri. Namun topik tersebut tentu masih berkaitan dengan kata kunci yang sedang dicari oleh pengguna. Dengan begitu, dari pencarian kata kunci yang diinginkan dianggap lengkap karena adanya data sub wilayah yang dijadikan target pasar.

  1. Menentukan Topik yang Ingin Dibuat

Jika proses di atas yang telah dijelaskan sudah dilakukan, tentu langkah selanjutnya dengan menentukan topik apa saja yang ingin dibuat konten. Dengan begitu, blog yang dibuat bisa menjadi teratas pada hasil pencarian Google. Namun topik tersebut harus dibuat berdasarkan dengan hasil perbandingan kedua produk yang dilakukan sebelumnya. 

Cara ini tentu menjadi strategi yang bagus untuk meningkatkan dan pengunjung dalam blog yang dibuat. Selain itu, jika kedua hal tersebut mengalami peningkatan tentu penghasilan yang diperoleh pun bisa lebih besar. Memang blog yang banyak dikunjungi dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang kecil hingga besar.

Itulah penjelasan terkait dengan fungsi yang dimiliki dari Google Trends dalam memudahkan pengguna mencari topik pembahasan konten. Selain itu, ada juga cara menggunakan Google Trends yang harus diketahui agar mendapatkan topik yang pasa. Memang cara ini sangat banyak digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blok yang dimiliki.

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Daftar Google News Secara Cepat dan Mudah!