fbpx

Cara Daftar Google News Secara Cepat dan Mudah!

Pada era digital seperti sekarang ini memberikan dampak terhadap semakin banyak kebutuhan informasi yang harus di penuhi. Semua para pengguna jaringan tentunya membutuhkan informasi yang aktual dan kredibel. Dalam memenuhi itu semua sekarang bizzie bisa menggunakan layanan dari atau dikenal dengan Google News. 

Google News adalah layanan yang diberikan oleh pihak Google dengan memberikan konten berita secara lengkap dan jelas. Semua berita yang diberikan oleh bizzie didapatkan di beberapa di seluruh penjuru dunia. 

Cara Daftar Google News 

Untuk bizzie yang ingin memiliki Google News harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Ketika bizzie masih merasa bingung pada kesempatan kali ini akan membahas secara detail mengenai cara daftar Google News secara cepat dan mudah.

1. Masuk Pada Akun Google 

Paling utama dalam cara daftar Google News bizzie harus mempunyai akun Google. Untuk bizzie yang belum mempunyai akun Google bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. 

Sedangkan, untuk bizzie yang sudah mempunyai akun bisa langsung masuk pada menu Akun Google. Pada saat memasukkan bizzie harus memastikan sudah benar agar lebih mudah dalam proses log in. 

2. Melakukan Verifikasi Kepemilikan Website 

Ketika sebelumnya belum melakukan verifikasi kepemilikan website maka bizzie bisa diminta untuk melakukan verifikasi melalui Google Search Console. Pada cara daftar Google News ada satu hal yang harus diingat yaitu bizzie bisa menambahkan xml sitemap pada berita tersebut. Selain itu, ketika bizzie menggunakan cara satu ini akan mendapatkan fungsi menarik yaitu Google News akan selalu update. 

Baca Juga :  Inilah Cara Mempercepat Loading Website Secara Mudah 

3. Masuk Pada Google News Publisher Center 

Setelah bizzie masuk pada Google News Publisher Center akan diberikan banyak pilihan menu pilihan. Untuk menu yang bizzie pilih adalah di bagian “home”. 

4. Menambahkan Blog Milik Bizzie 

Di bagian menu bizzie bisa melakukan penambahan blog dengan memilih “want to suggest a website for google news? Click here”. Di dalam menu tersebut bizzie harus memasukkan semua informasi di kolom-kolom yang tersedia.

Baca Juga Berikut : 5 Cara Bersaing Dengan Marketplace di Google Search Secara Mudah

5. Mengisi Informasi Tentang Blog Milik Bizzie 

Di cara daftar Google News bizzie akan harus mengisikan beberapa informasi. Semua kolom informasi tersebut akan dijelaskan lebih detail di bawah ini. 

General Information 

  • About Your News Site : pada kolom tersebut bizzie harus mengisikan secara jelas mengenai blog berita di awal pendaftaran.

Site Information

  • Source URL : alamat blog berita milik bizzie. 
  • Source Name : nama blog milik bizzie. 
  • Site Language : menggunakan bahasa yang sering bizzie gunakan pada blog. Bizzie harus mengingat bahwa pada saat menggunakan Google  News tidak bisa menggunakan dua bahasa. 
  • City, State atau Province dan Region : bizzie diminta untuk mengisikan secara jelas mengenai alamat lengkap. 

Semua Menu Kategori Untuk Memilih Isi Konten Bizzie 

Pada cara daftar Google News kali ini juga akan diberikan beberapa menu. Untuk penjelasan lebih jelasnya bizzie bisa simak di bawah ini : 

  • Opinion Content : untuk bizzie yang ingin melakukan publikasi mengenai konten opini bisa melakukan klik pada menu tersebut. 
  • User Generated Content : ketika konten yang sudah bizzie buat sudah melalui proses editing maka bizzie bisa memilih di menu tersebut. 
  • Blog : untuk bizzie yang mempunyai artikel tentang blog bisa memberikan pada menu satu ini. 
  • Press release : ketika bizzie mempunyai konten yang berhubungan dengan siaran pers bisa memberikan klik pada menu  tersebut. 
  • Satire :untuk bizzie yang memiliki website dengan tema satire bisa memilih di bagian menu tersebut.
Baca Juga :  Cara Menampilkan Google Maps di Website WordPress

News Section Information 

Ketiak bizzie sudah berada di menu “news section information” akan diberikan dua pilihan. Daripada bingung bizzie bisa simak penjelasan sebagai berikut : 

  • URL : untuk bizzie yang ingin menambahkan beberapa nama domain atau sob bisa memilih pada bagian menu tersebut. 
  • Labels : setelah semua proses selesai bizzie bisa langsung memilih jenis berita yang akan di tampilkan. 

6. Selesai 

Untuk bizzie yang sudah mengisikan semua informasi secara lengkap dan benar maka bisa langsung memilih menu “submit”. Letak dari menu tersebut berada di bagian bawah pojok kanan. 

7. Menunggu Proses Review Google 

Cara daftar Google News paling akhir adalah bizzie harus menunggu beberapa saat. Semua data yang sudah bizzie masukkan secara benar dan lengkap akan di review oleh pihak Google dengan kurun waktu kurang lebih satu sampai dengan tiga Minggu. 

Setelah bizzie menunggu dan berhasil akan diberikan pemberitahuan lebih lanjut melalui yang digunakan untuk pendaftaran. Lakukan semua proses di atas secara teliti agar dapat berjalan secara mudah dan baik. 

Pada saat bizzie sudah menggunakan cara daftar Google News akan mendapatkan beberapa manfaat menarik dan unik. Apa saja manfaatnya? Bisa langsung simak penjelasan secara jelas di bawah ini. 

  1. Akan mempermudah bizzie untuk masuk pada halaman utama mesin pencarian Google. 
  2. Dapat menambahkan jumlah atau pengunjung. 
  3. Bizzie bisa menjadikan media Google sebagai alat branding yang paling efektif. 
  4. Diberikan banyak peluang dalam mendapatkan banyak
  5. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan biaya iklan. 

Sangat menarik bukan? Untuk bizzie yang belum menggunakan Google News bisa langsung melakukan pendaftaran dengan cara daftar Google News di atas. 

Demikian cara daftar Google News yang sudah dijelaskan secara jelas dan detail semoga dapat membantu bizzie yang sedang membutuhkan informasi mengenai hal tersebut. 

Baca Juga Artikel Berikut : Inilah Cara Memasang Google Analytics di WordPress