fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

DomainWebsite

Domain .XYZ Adalah : Kelebihan, Kekurangan serta Contohnya

Yanti puspita

Domain .xyz adalah – Pernahkah kamu melihat website yang berakhiran domain .xyz? Aneh sekali, kan? Namun ternyata domain semacam ini sama saja dengan .com atau .net. Akan tetapi namanya saja yang lebih unik dan sangat fleksibel untuk semua jenis website.

Tapi walaupun kamu berpikir domain ini unik dan ingin menggunakannya. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan domain .xyz ini. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa menyimak artikel ini sampai akhir.

Domain .XYZ Adalah

Domain .xyz adalah domain GTLD (Generic Top-Level Domain) yang di buat oleh Daniel Negari di Amerika Serikat. Seperti yang terlihat, ekstensi domain unik ini hanya terdiri dari tiga huruf terakhir dalam alfabet.

Tak hanya urutannya, huruf-huruf yang tersusun dalam ekstensi domain tersebut juga tampak mewakili tiga generasi, yakni generasi X, Y, dan Z. Di mana pada generasi tersebut banyak bermunculan inovator digital yang membawa banyak perubahan.

Daniel Negari yang menciptakan domain ini berpendapat bahwa generasi muda harus memiliki domain uniknya sendiri. Oleh karena itu, domain .xyz di buat sebagai alternatif .com yang merupakan domain generasi lama.

Kelebihan Domain .XYZ

Sebuah inovasi tentunya harus mempunyai keunggulan dalam penggunaannya. Begitu juga dengan domain yang satu ini. Beberapa kelebihan domain .xyz adalah sebagai berikut.

Mudah Di ingat

Di bandingkan ekstensi baru lainnya, domain .xyz adalah domain yang relatif lebih mudah di ingat karena menggunakan tiga huruf terakhir dalam alfabet. Saat ini, istilah xyz juga mendapatkan popularitas karena kesenjangan generasi.

Yaitu Generasi X yang lahir pada tahun 1961-1980, Generasi Y yang lahir pada tahun 1981-1995, dan Generasi Z yang lahir pada tahun 1996-2010.

Terkesan Unik

Nama xyz yang di tambahkan di akhir merek pasti akan menarik banyak orang. Penggunaan ekstensi tersebut juga bisa membuat merek terlihat unik dan kekinian. Sehingga efeknya lebih mudah melekat di kepala konsumen dari website yang memilih menggunakan domain satu ini.

Harga Terjangkau

Di bandingkan dengan ekstensi domain lainnya, harga domain xyz relatif terjangkau. Harga ekstensi domain ini bahkan lebih murah di bandingkan domain lain seperti domain .com dan .id. Walaupun demikian, bukan berarti kualitas yang di hasilkan murahan. Kualitas ekstensi telah terbukti dan domain ini juga digunakan oleh berbagai perusahaan besar yang pasti pernah kamu lihat sebelumnya.

Ramah SEO

Dulu, domain .xyz masih sulit terindeks di mesin pencari. Namun, di tahun ini situasi ini telah berubah sepenuhnya. Sejak tahun 2018 lalu, domain .xyz adalah domain yang sudah masuk dalam indeks Google sehingga menjadikannya lebih SEO Friendly.

Memiliki Banyak Pilihan

Karena belum banyak orang yang tertarik menggunakannya, pilihan untuk ekstensi .xyz masih mudah di temukan. Kamu masih bisa menemukan nama domain premium 3-5 karakter yang bisa kamu beli dengan harga yang terbilang ramah di kantong.

Keadaan ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang memiliki brand yang sulit mendapatkan ekstensi populer seperti .com, .net .id atau .co.id yang pilihan kata-katanya relatif sulit di temukan.

Melindungi Merek

Meningkatnya jumlah pengguna domain .xyz tentunya membuat jumlah perusahaan ternama yang menggunakan ekstensi domain ini semakin bertambah. Oleh karena itu, domain ini berpotensi menarik pengunjung yang lebih banyak di bandingkan domain yang lainnya.

Selain mampu meningkatkan tingkat awareness pengunjung, ekstensi ini juga bisa melindungi brand kamu agar tidak di salahgunakan.

Fleksibel Untuk Situs Web Apa Pun

Tidak hanya cocok untuk website teknologi, domain .xyz dalah domain yang juga cocok untuk mengakomodasi kebutuhan pendidikan, bisnis, toko online hingga website kecantikan yang akhir-akhir ini sedang banyak di minati. Branding ekstensi domain .xyz juga tidak spesifik.

Tidak seperti .com yang di rencanakan untuk tujuan komersial, .org untuk organisasi, .co.id untuk perusahaan yang berbadan hukum Indonesia, dll.

Bisa Digunakan Semua Orang

Tidak hanya fleksibel, domain ini juga bisa di gunakan oleh siapa saja. Sesuai dengan tiga huruf yang di susun dalam singkatan ini yang melambangkan tiga generasi yaitu dari generasi X, generasi Y hingga generasi Z. Hal ini menunjukkan bahwa domain ini sangat ramah dan tentunya merupakan inovasi yang sangat bermanfaat bagi ketiga generasi.

Kekurangan Domain .XYZ

Selain memiliki beberapa kelebihan, ternyata domain ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan dari domain .xyz adalah sebagai berikut.

Harganya Hanya Murah Di Awal

Biaya pembuatan domain .xyz bisa di katakan murah di tahun pertama. Lalu pada tahun berikutnya, harga domain ini akan sama dengan domain lain.

Kini domain .xyz di tawarkan dengan harga mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 75.000. Akan tetapi, harga tersebut pasti akan berubah lagi ketika mulai di perbarui pada tahun kedua. Jika di hitung dengan harga normal, biaya perpanjangan domain .xyz kurang lebih Rp 250.000 hingga Rp 350.000 per tahun.

Kurang Responsif

Berdasarkan pengalaman orang yang pernah menggunakan nya, domain .xyz adalah domain yang kurang responsif jika di akses menggunakan smartphone. Ketika pengunjung mengklik link pada website dengan domain .xyz, maka pengunjung akan di alihkan ke Google Search.

Tentu saja hal ini mengurangi kepuasan pengguna karena tidak efektif dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengakses link yang di butuhkan.

Cukup Asing Di Kalangan Masyarakat

Seperti yang sudah di katakan sebelumnya, jumlah pengguna domain .xyz masih lah sangat minim. Di sisi lain, hal ini bisa menjadi kerugian karena domain ini masih terkesan asing bagi masyarakat awam. Hal ini tentunya juga akan menjadi tantangan bagi pengguna untuk mendistribusikan websitenya kepada publik.

Contoh Website Dengan Domain .XYZ

Dengan segala potensi yang di miliki domain .xyz, ada beberapa perusahaan yang mengoptimalkan penggunaan websitenya dengan domain ini. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Abc.xyz

Beberapa tahun yang lalu Google mengumumkan perusahaan baru bernama Alphabet. Untuk pertama kalinya, perusahaan yang menaungi seluruh produk Google ini menggunakan domain berekstensi .xyz sebagai website profil perusahaannya.

Dengan menggunakan ekstensi domain .xyz ini, alamat website Alphabet dianggap unik karena terdiri dari tiga huruf pertama dan tiga huruf terakhir alfabet. Jadi disini popularitas ekstensi .xyz semakin meningkat sehingga meningkatkan jumlah blogger dan webmaster yang menggunakannya.

Hooli.xyz

Pernahkah kamu menonton serial TV “Silicon Valley”? Kalau iya kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Hooli bukan? Hooli.xyz adalah proyek milik Gavin Belson, salah satu aktor serial TV Silicon Valley. Bagi pecinta teknologi, tak ada salahnya mengikuti langkah Gavin Belson dalam menggunakan domain.xyz ini.

Starship.xyz

Contoh lain situs web yang menggunakan domain .xyz adalah Starship, sebuah perusahaan pengiriman robot yang di buat oleh pendiri Skype yang berbasis di San Francisco, CA. Website ini cukup populer di kalangan developer karena desainnya yang rapi, minimalis dan unik.

Kesimpulan

Domain .xyz adalah domain yang cukup populer karena namanya yang unik dan mudah di ingat. Hanya setahun setelah go public, pada tahun 2015, pengguna domain ini langsung mencapai 1,5 juta. Selain itu, juga masih ada banyak pilihan nama domain yang bisa kamu dapatkan dengan ekstensi ini karena penggunanya tidak sebanyak .com.

Baca Juga