fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Hosting

Dedicated Hosting Adalah Pilihan Untuk Resource Besar, Berikut Penjelasannya

Rianda

Untuk menjalankan sebuah situs, diperlukan hosting sebagai tempat menyimpan database agar dapat diakses secara online. Banyak layanan yang disediakan. Bagi yang membutuhkan penyimpanan besar, dedicated hosting adalah solusinya. Tipe tersebut memberikan keistimewaan terhadap pengguna.

Salah satu karakteristik tipe dedicated adalah penggunaan server khusus untuk satu user. Itulah kenapa sangat baik dalam menyokong performa web. Tapi di samping keunggulan tersebut, ternyata layanan ini juga punya kekurangan. Sebagai pertimbangan, simak uraian berikut.

Pengertian Dedicated Hosting

Melihat dari segi definisi, dedicated hosting adalah tipe layanan yang beri keistimewaan pada user dengan memberikan satu server penuh. Jadi, pengguna yang menyewa layanan ini mendapatkan satu server dan semua isinya. Berarti tidak perlu terbagi dengan user lain.

Sesuai namanya dedicated, layanan ini hanya diperuntukkan untuk satu akun hosting saja. Resource yang diberikan tidak dibagi dengan pengguna lain. Berbeda dengan shared hosting yang harus rela membagi sumber daya bersama user di server yang sama.

Menggunakan layanan ini juga membuat pengguna memperoleh kendali server secara penuh. Layaknya pemilik rumah, maka bebas menggunakan akses yang diberikan. Mulai dari memilih jenis operating system, meng-install software aplikasi, dan melakukan aktivitas server lainnya.

Karena sudah menjadi hak pribadi, pengguna harus paham benar bagaimana menggunakan akses tersebut. Untuk melakukan pengaturan memerlukan skill. Itulah kenapa layanan hosting ini hanya diperuntukkan bagi user yang memiliki keahlian.

Selain untuk yang sudah ahli, dedicated hosting juga direkomendasikan bagi yang memerlukan sumber daya besar. Terutama website perusahaan yang banyak simpan data dan angka lalu lintasnya tinggi. Sasaran lainnya yaitu untuk e-commerce dan platform game online.

Kelebihan Dedicated Hosting

Dengan semua akses dan fitur yang diberikan oleh penyedia layanan hosting, tentu tipe dedicated ini punya banyak kelebihan. Hal inilah yang membuat pengguna-pengguna tertentu lebih memilih menyewa layanan tersebut. Berikut penjelasan masing-masing keunggulannya:

  • Akses penuh. Ini adalah tipe hosting yang memberikan akses secara penuh dan memungkinkan pengguna melakukan kustomisasi. Dengan mudah user melakukan konfigurasi server, seperti memilih spesifikasi hardware dan sistem operasi.
  • Sumber daya penuh. Resource yang diberikan tidak terbagi dan tidak dibatasi oleh limit. Karenanya bisa membuat aplikasi ataupun web lebih stabil dan jarang down. Terlebih jika situs tersebut memiliki angka kunjungan (traffic) yang tinggi.
  • Privasi dan keamanan. Karena tidak terbagi, tentu privasi dan keamanan yang diberikan lebih terjamin. Layanan ini rutin memperbaharui keamanan server yang berguna bagi website.
  • Kinerja konsisten. Tidak perlu takut terganggu dengan user lain. Meskipun ada situs yang down, tidak akan mempengaruhi kinerja website sendiri. Pasalnya di sini menjadi penyewa tunggal yang tidak terpengaruh dengan masalah crash oleh pengguna lain.
  • Performa maksimal. Tipe hosting satu ini akan memberikan performa yang maksimal bagi website. Tidak perlu mengkhawatirkan kecepatan, konektivitas, maupun uptime server.

Kekurangan Dedicated Hosting

Meskipun dibekali banyak kelebihan, ternyata dedicated hosting juga punya beberapa kekurangan. Inilah kenapa perlu pertimbangan benar sebelum menyewa dari penyedia layanan. Putuskan apakah website memang sangat memerlukan resource yang terdedikasi.

Kekurangan dari tipe ini adalah disewa dengan harga mahal. Semakin bagus spesifikasinya, makin mahal pula fee-nya. Untuk yang spesifikasi rata-rata saja ditawarkan mulai Rp2.000.000 per bulan.

Selain itu, dedicated hanya ditujukan bagi orang-orang yang sudah punya skill. Layanan tersebut tidak diperuntukkan untuk pengguna yang masih awam. Ada banyak pengelolaan yang rumit. Jika tidak optimal, bisa-bisa malah rugi.

Jadi kesimpulannya, dedicated hosting adalah layanan untuk user khusus. Sasaran penggunanya yaitu yang butuh resource besar, sudah memiliki kemampuan, dan berani keluar banyak dana. Dengan fee sewa yang mahal, pengguna mendapatkan kendali dan akses penuh.

Baca Juga