fbpx

Cara Mudah Mengelola Website

banyak diminati oleh semua orang. Hampir semua masyarakat dunia menjelajahi situs untuk mencari informasi atau resep yang mereka butuhkan. Maka dari itu, oleh sebagian orang website dijadikan sebagai salah satu alat memperoleh keuntungan.

Zaman sekarang, banyak yang memutuskan untuk membuat website sendiri. Memiliki website tidak cukup hanya dengan membuatnya saja, namun harus ada sistem pengelolaan agar website tampak hidup. Anda bisa mengisi halaman website dengan beberapa artikel atau resep. 

Sangat penting untuk mengupdate halaman website, agar situs tetap bisa bersaing dan muncul di halaman pencarian. Diperlukan banyak agar website dapat menghasilkan tujuan yang diinginkan pemilik. Entah itu tujuan mendapatkan laba atau mendapatkan banyak pengunjung web. 

Cara Mengelola Website

Cara mengelola website dapat dikatakan gampang-gampang susah. Bagi pemula, yang baru memulai bergelut di dunia website, akan terasa sangat sulit untuk mulai mengelolanya. Oleh karena itu diperlukan cara yang tepat agar website dapat terkelola dengan baik. 

Lantas bagaimana caranya mengelola website agar tetap eksis di mesin pencarian? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Memotivasi Diri 

Motivasi sangat dibutuhkan seseorang supaya tidak menunda-nunda kegiatan untuk dikerjakan. Jika Anda hendak mengerjakan sesuatu tanpa bermalas-malasan, maka sanga penting untuk menemukan alasan yang kuat agar pekerjaan cepat terselesaikan. Alasan kuat inilah yang disebut sebagai motivasi. 

Semisal Anda ingin mengelola website, namun ada rasa malas yang menghambat pekerjaan itu. Disinilah pentingnya peran motivasi untuk mengusir rasa malas yang bersarang pada manusia. Hal ini sangat dibutuhkan, karena kalau tidak pekerjaan dan keinginan tidak akan terealisasikan. 

2. Menulis Konten yang Relevan

Tips kedua untuk mengelola website adalah mulai menulis konten-konten yang relevan. Pengelola bisa menyajikan artikel atau informasi mengenai topik yang sedang hangat dibicarakan. Tentunya Anda akan lebih bersemangat jika disuruh menulis topik yang sedang trend. 

Baca Juga :  Memahami Cara Memaksimalkan SEO Website [Lengkap]

Ketika sudah memutuskan untuk membuat website, maka pengelola juga harus memikirkan mengenai artikel apa yang akan dipublish nantinya. Saat itulah ide untuk membuat konten sebelum ditulis sangat disarankan. Hal ini bertujuan untuk agar konten website sangat relevan pembahasannya. 

Jika konten yang dibuat relevan, secara otomatis akan ada kecocokan topic pembahasan dengan pengguna. Semisal Anda membuat topic yang berkaitan dengan , maka yang harus ada dalam website adalah seputar bisnis. Melalui cara ini, pengunjung website dapat memperoleh informasi yang relevan. 

Bagi pemula, mungkin membuat konten dan menyesuaikan isinya bukanlah hal mudah. Namun, seiring banyaknya tulisan yang dibuat para pengelola akan terbiasa. Akibatnya, akan banyak artikel yang bisa dibuat dan Anda akan mudah mengaitkannya satu sama lain. 

3. Menyisipkan Gambar

Gambar bisa menjadi pelengkap dan memperjelas isi artikel yang dibuat. Melalui gambar, pengunjung akan lebih mudah menangkap maksud dari tulisan artikel tersebut. Tentunya ini akan berdampak positif karena apa yang pengelola website sampaikan mudah ditangkap dan dipahami oleh pengunjung.

Usahakan gambar yang disisipkan adalah gambar yang menarik. Setidaknya gambar akan disukai oleh pengunjung karena pengambilan gambar yang bagus. Terlebih lagi jika gambar yang disisipkan mengenai suatu produk. 

Selain itu pastikan gambar yang di publish merupakan gambar yang jelas. Sehingga saat pengunjung membuka halaman website Anda, gambar yang disisipkan bisa terlihat jelas atau tidak blur. Oleh karenanya pilih gambar dengan resolusi yang baik agar bagus ketika dilihat. 

Baca Juga : Cara Membuat Website Sendiri Gratis

4. Sering Mempublish Artikel

Menjaga agar konsisten untuk mengupload artikel di situs website bukanlah perkara yang mudah. Kadang rasa malas dan kesibukan lain menggagalkan niat untuk dan mempostingnya di situs website. Padahal semakin banyak artikel yang dibuat memungkinkan situs website untuk berada di halaman atas .

Baca Juga :  5+ Tips Download Video Facebook di Android dan Ios

Maka dari itu, Anda harus melatih sejak dini untuk konsisten menulis artikel. Usahakan artikel yang ditulis sangat relevan dengan informasi yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Jika menulis sudah menjadi kebiasaan, maka sangat mudah mempublish beberapa artikel sekaligus di situs website. 

5. Melakukan Evaluasi Website

Evaluasi sangat penting untuk melihat sejauh mana perkembangan website yang dikelola. Evaluasi bisa diterapkan untuk meninjau seberapa banyak konten yang dibuat. Semakin sering evaluasi dilakukan, maka masalah dan kekurangan website akan teratasi dengan cepat.

Dilansir dari anak sholeh, pengelola website dapat mendapatkan informasi mengenai websitenya lewat search console dan . Search console digunakan untuk memperoleh laporan terhadap kualitas artikel SEO. Jika kualitas artikel sudah baik, barulah pengelola dapat menggunakan analytics untuk melihat seberapa banyak yang mengunjungi website Anda.  

Selain itu, google analytics juga dapat mengevaluasi mengenai siapa saja yang berkunjung ke website, dari Negara mana, bahkan dari perangkat apa. Melalui pemanfaatan google analytics pemilik website dapat menganalisis seberapa banyak hasil optimisasi yang dapat dilakukan. Biasanya informasi ini disajikan dalam bentuk traffic pada mesin pencari. 

Manfaat Mengelola Websit

Mengelola website bisa dikatakan penting untuk kelangsungan website kedepannya. Dikarenakan mengelola website sama dengan mengupdate isinya setiap hari. Tentu saja ini sangat berguna agar website tidak terlihat seperti situs mati. 

Terlebih lagi,  bagi Anda yang menghasilkan keuntungan lewat website. Pastinya mengelolanya merupakan hal wajib yang patut dilakukan. Karena jika tidak website tidak akan mampu bersaing dengan situs web lain yang memiliki isi yang relevan. 

Supaya website tetap menarik, pengelola terlebih dahulu harus mengisinya secantik mungkin. Hal ini bertujuan untuk menarik pengunjung melihat halaman website. Setelah itu baru Anda bisa mempublish beberapa artikel relevan untuk mengisi website. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga : Ini Akibatnya Jika Website Tidak Pernah Dikelola