fbpx

Ini Akibatnya Jika Website Tidak Pernah Dikelola

Jika Anda selaku pemilik bisnis telah memiliki untuk keperluan pekerjaan, maka bisa dibilang Anda selangkah lebih maju dalam hal berbisnis di era sekarang. Sekarang ini, memiliki bisnis bukan hanya sebagai formalitas untuk memperlihatkan profile company saja, namun menjadi media yang ampuh untuk produk dan jasa perusahaan.

Meskipun sudah membuat website, akan sangat disayangkan jika tidak dikelola dengan baik. Kondisi ini banyak terjadi di beberapa orang yang masih acuh pada manfaat yang didapatkan jika mengelolanya dengan baik dan telaten.

Seberapa penting Mengelola Website Setiap Hari?

Layaknya rumah, website juga harus ditengok dan dikelola setiap harinya. Karena kurangnya perhatian, website juga bisa menjadi sarang kotoran dalam hal ini bisa menimbulkan dampak buruk pada situs Anda.

Memang untuk mengelola website memerlukan keahlian yang tidak bisa dipelajari satu atau dua hari saja. Untuk itu, Anda yang tidak memiliki keahlian itu bisa menggunakan jasa seseorang yang memang sudah ahli dalam bidang mengelola website.

Apa Akibat Tidak Mengelola Website dengan Baik?

Sesuatu yang dianggurkan lama tentu akan berdampak buruk dan bahkan bisa merusak. Hal ini pun berlaku untuk website, terlebih lagi jika digunakan untuk kepentingan bisnis. Lalu apa saja akibat yang ditimbulkan jika tak mengelolanya dengan baik? Berikut ini informasi lebih lengkapnya:

1.  Traffic Website Anda Sedikit

Ada beberapa kasus website profil yang tidak dikelola dan dianggurkan begitu saja visitornya sedikit. Bahkan tak jarang ada website yang tidak mendapatkan pengunjung satupun setiap harinya.  Kondisi ini tentu tidak mengherankan karena apa yang akan didapatkan pengunjung jika websitenya saja tak memiliki konten yang bermanfaat?

Baca Juga :  7 Text Editor Terbaik untuk Pemrograman

Dalam hal ini, pemilik website kurang optimal dalam mengelola dari sisi dan konten. Padahal optimasi SEO untuk meningkatkan trafik sangatlah berpengaruh. Sebab, SEO lah yang bisa menaikkan peringkat website Anda bahkan bisa muncul di halaman pertama pencarian Google.

Disamping melakukan maintenance dan optimasi SEO, anda juga harus melakukan pengelolaan konten yang baik. Itulah mengapa profesi content amat dibutuhkan untuk mengatur sebuah website company profil bisa lelau update dan menambah pengunjung. Dengan banyaknya pembaca tentu akan berdampak positif terhadap bisnis Anda.

2.  Website Menjadi Lemot

Bukan hanya mengurangi trafik, kurangnya perhatian dalam hal pengelolaan website juga bisa membuat situs menjadi lemot. Hal ini dikatakan website yang tidak terperbaharui secara up to date. Terlebih lagi jika Anda menggunakan system CMS WordPres, yang aman CMS ini seringkali mengeluarkan update , system, juga templatenya.

Jika semua komponen tersebut tidak terbaharui, maka akan berpengaruh terhadap performa website yang lama kelamaan akan menjadi lambat loading. Tak hanya itu saja, pengaruh yang tidak maintance dan dioptimasi secara rutin juga bisa menjadi penyebab website rusak.

Meski biasanya hosting ini telah dioptimasi oleh penyedia layanan, namun Anda sebagai pemilik website juga harus memonitoring masalah satu ini. Dalam hal ini biasa disebut system (script) website dengan hosting berkaitan. Jika ada plugin yang tidak diperbaharui maka akan mempengaruhi performa hosting itu sendiri.

Baca Juga : Berikut Tips Bisnis Online di Website, Dijamin Lebih Menguntungkan

3.  Turunnya Ranking di Mesin Pencari

Jika ingin website Anda bagus di mesin pencari Google, maka rutinlah melakukan maintenance serta memonitoring SEO. Sebab algoritma Google selalu berubah setiap harinya dengan persaingan kata kunci yang semakin tinggi. Untuknya, Anda perlu mengelola website secara optimal akan bisa memberikan dampak positif untuk kelanjutan bisnis Anda.

Persaingan kata kunci di Google itu semakin banyak. Jika Anda tak mengelola website dengan baik, maka situs Anda bisa dengan mudah tenggelam oleh website lain yang lebih terstruktur dan memiliki optimasi SEO yang baik.

Baca Juga :  Keuntungan Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

Terlebih lagi jika Anda menawarkan produk dan jasa melalui website, konten yang dibuat secara SEO tentu lebih mampu menarik pelanggan dan mendatangkan keuntungan. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk rutin mengoptimasi baik SEO dan juga system servernya.

4.  Keamanan Berkurang

Akibat berikutnya yang bisa membuat Anda rugi adalah kemungkinan website bisa dengan mudah di hack orang tak bertanggung jawab. Ketika website tidak dikelola dengan baik, maka akan memunculkan cela kemana yang mengakibatkan situs bisa diakses secara mudah oleh orang lain. Tentu ini sangat fatal terlebih jika Anda tidak pernah melakukan backup pada website.

Selain itu, meskipun tampilan website tergolong bagus namun konten dan sistemnya tidak mengalami pembaruan maka bisa dibilang situs Anda sia-sia. Website yang tidak diperbaharui secara rutin bisa mempengaruhi citra bisnis Anda. Kepercayaan pelanggan juga akan berkurang karena mereka menganggap Anda tidak professional.

Mengapa? Sebab website saja yang bisa menjadi sarana promosi yang baik tidak dikelola secara optimal, bagaimana pelayanan lainnya bukan? sangat penting untuk branding diri agar membangun kepercayaan pelanggan kepada produk dan kita.

Apa Solusi Permasalahan Ini?

Begitu banyak dampak buruk yang bisa dirasakan oleh Anda sebagai pemilik bisnis  jika website yang sudah dibangun tidak dikelola secara tepat. Berbeda dengan promosi di media sosial yang kapalan bisa hilang, melalui website, selama Anda memperpanjang dan hosting, maka bisnis Anda kan tetap berjalan dan semakin dikenal.

Saatnya sekarang Anda mengelola website secara optimal. Ini bisa dilakukan secara mandiri maupun meminta bantuan penyedia layanan yang memang sudah ahli dalam bidangnya. Saatnya sekarang menjadikan website sebagai tonggak bisnis Anda. Sekian dan semoga bermanfaat ya.

Baca Juga : 8 Tips Sederhana Optimalkan Kecepatan Website Anda