fbpx

Kelebihan Menggunakan Cloud Hosting Untuk Website

Kelebihan menggunakan memang akan sangat membantu para pemilik situs, baik itu website pribadi maupun perusahaan untuk semakin meningkatkan performa website.

Informasi tentang apa kelebihan menggunakan tentu diperlukan oleh siapapun yang hendak memakai layanan ini. Meskipun mempunyai banyak keunggulannya, ternyata tidak semua orang tahu. 

Sebenarnya, terdapat dua pilihan web hosting selain dari shared hosting, yaitu Cloud hosting dan . Namun dalam kesempatan ini akan dibahas lebih mendalam mengenai Cloud hosting. Alasannya, layanan ini memberikan kemudahan dan tidak terlalu teknis daripada VPS. 

Cloud hosting bisa dibilang menjadi versi yang lengkap dari shared hosting. Alasannya, Cloud hosting memakai beberapa server dalam satu waktu dan akan menyeimbangkan loading website serta memaksimalkan uptime server. Saat memakai cara ini, Cloud hosting akan membuat situs anda tidak down dan tetap

Apa Saja Kelebihan Menggunakan Cloud Hosting ?

Jika dibandingkan dengan layanan web hosting lainnya, ada banyak kelebihan menggunakan cloud hosting. Pada bagian ini akan dikupas tuntas tentang Apa saja manfaat kegunaannya untuk situs anda. Berikut ini diantaranya:

1. Situs Bisa Selalu Online Dan Aksesnya Cepat

Cloud hosting mempunyai kemampuan yang bisa dibilang sama dengan vps dengan memakai beberapa server sekaligus untuk menampilkan situs. Inilah yang membuatnya tidak down walaupun diakses oleh para pengguna lainnya bahkan dalam jumlah banyak. 

Dengan sistem sama, web hosting berbentuk cloud ini biasanya juga cenderung lebih cepat daripada layanan lain. Alasannya, hanya akan ditransfer dari server yang lebih cepat atau responsif. Jika terdapat gangguan pada salah satu server, maka data-data akan ditransfer dari server lain.

Apabila dianalogikan, Cloud hosting ini cukup serupa cara kerjanya layaknya mobil pribadi di jalan tol. Anda cenderung lebih bebas untuk berkendara di jalur manapun. Pada shared hosting, bisa diibaratkan dengan kendaraan umum di mana Anda harus menunggu di isi penumpang dahulu sampai penuh. Selain itu, juga harus menunggu jika ada penumpang turun atau resiko mogok di jalanan. Dengan memakai layanan Cloud hosting, dapat dibilang lebih eksklusif.

Baca Juga :  Cara Install Webmin di Fedora Linux

2. Mengelola Situs Dengan Lebih Mudah

Kelebihan menggunakan cloud hosting selanjutnya pengelolaan yang mudah. Terdapat sejumlah opsi pengaturan serta pengelolaan website. Mungkin Secara sekilas, opsi yang diberikan juga cukup mirip dengan layanan shared hosting dan membuat pemilik situs bisa upgrade. Jadi, jika sebelumnya menggunakan syarat dihosting, maka tidak perlu khawatir.

Kelebihan menggunakan cloud hosting juga tetap mempunyai atau C panel dalam pengaturan teknis di dalam situs. Disamping itu, terdapat pula layanan manajemen untuk bisa mengkonfigurasikan auto update. Preview web juga bisa dilihat terlebih dahulu sebelum dipublikasikan secara online. 

Sebagai tambahan, layanan Cloud hosting ternyata juga kompatibel dengan laravel serta web packages. Dengan memakai kedua perangkat lunak ini, tanda juga bisa mengembangkan berbasis web menggunakan PHP.

Hal penting lain yang menjadi kelebihannya yaitu Anda dapat menginstal platform yang diperlukan dalam sekali klik saja. Ini dikarenakan layanan pada web hosting juga mempunyai fitur auto installer. Dengan fitur ini, apapun platform yang anda pakai misalnya WordPress, laravel, joomla, weebly, bisa siap langsung digunakan. 

3. Lebih Aman Dari Hacker Dan Malware

Berbicara tentang keamanan, Anda juga tidak usah meragukan lagi dengan performa yang yang ada pada Cloud hosting. Kelebihan menggunakan cloud hosting, berbagai celah keamanan bisa diatasi yang mungkin menyerang website. Alasannya, layanan hosting juga terdapat banyak fitur keamanannya dalam menghalau hacker maupun malware. 

Paling tidak, terdapat 5 fitur keamanan yang bisa langsung disediakan pada Cloud hosting. Misalnya, cloud Linux OS, DDOS, serta backup dan restore data. Pada beberapa penyedia layanan Cloud hosting juga ditambahkan sejumlah fitur lain. 

Baca Juga Artikel Berikut : 10+ Tips Memilih Cloud VPS untuk Website Anda

4. Adanya Layanan Bantuan

Kelebihan menggunakan cloud hosting lainnya yaitu layanan bantuan. Misalnya, bagi Anda yang ingin upgrade ke Cloud hosting, tidak usah khawatir tentang Bagaimana konfigurasi situs. Pada umumnya, dari customer support bisa membantu Anda agar memigrasikan website. Jadi, tidak usah memulai semuanya dari awal lagi.

Baca Juga :  Cara Agar IP VPS Tidak Terdeteksi Spam

Tidak hanya mengenai migrasi website, Anda juga bisa memperoleh bantuan 24 jam nonstop. Apapun kendala yang berkaitan dengan cloud hosting serta website yang sedang dibangun bisa diselesaikan kapan saja.

Siapa Yang Membutuhkan Cloud Hosting?

Setelah mengetahui apa saja kelebihan menggunakan cloud hosting, mungkin juga ingin mengetahui siapa sajakah yang membutuhkan layanan ini?. Tidak dipungkiri, kalau cloud hosting memang memberikan akses cepat terutama untuk situs yang traffic-nya tinggi. Walaupun diakses banyak sekali pengguna, website tidak akan down. 

Kuncinya di sini, anda akan membutuhkan Cloud hosting apabila memang situs punya traffic tinggi. Misalnya, anda mempunyai website yang dikunjungi lebih dari 100.000 visitor setiap harinya. Maka, dengan begini Anda memang perlu mengupdate layanan ke Cloud hosting. 

Adapun sejumlah pihak yang membutuhkan layanan Cloud hosting ini misalnya perusahaan, website pemerintah maupun BUMN. Instansi besar tersebut tentu harus bisa diakses kapanpun dan tidak boleh mengalami down karena merupakan layanan publik.

Berikutnya, web agency yang umumnya mempunyai sejumlah website sekaligus. Perusahaan startup juga dianggap memerlukan Cloud hosting karena di sini akan menunjukkan reputasinya. Bagaimana mungkin, perusahaan yang baru dirintis mengalami server down dan ini memberikan image kurang baik bagi perusahaan rintisan.

Demikianlah pembahasan mengenai apa saja kelebihan menggunakan cloud hosting pada sebuah website. Jika Anda memang mempunyai situs yang trafficnya tinggi dan ingin semakin meningkatkan performa, maka memigrasikan ke cloud hosting akan menjadi pilihan yang bijak.

Baca Juga Artikel Berikut : 5+ Keunggulan Cloud Hosting Buat Website Anda