fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Cara Menghubungkan HP Ke Monitor VGA dan Tips Menghubungkannya

Rianda

Perkembangan teknologi saat ini memberikan berbagai kemudahan bagi para penggunanya. Salah satu yang paling dicari saat ini yaitu cara menghubungkan hp ke monitor VGA. Pengguna ingin menghubungkan hp ke monitor VGA karena agar bisa menikmati dengan tampilan lebih besar.

Seseorang biasanya memanfaatkan monitor VGA ini untuk memenuhi kebutuhan dalam bidang edukasi maupun hiburan. Salah satunya yaitu membantu kepentingan pembelajaran, presentasi, maupun nonton film.

Cara Menghubungkan Smartphone Ke Monitor VGA

Terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan agar 2 perangkat tersebut bisa tersambung dengan baik. Tentu saja dalam hal ini membutuhkan sebuah alat penghubung dan prosedur yang tepat dan benar. Berikut cara menghubungkan hp ke monitor VGA, antara lain:

  • Silahkan siapkan micro USB male dan female untuk menghubungkan hp dan monitor.
  • Hubungkan micro USB male ke hp, dan tipe female ke power pada HDMI yang akan digunakan.
  • Selanjutnya bisa siapkan HDMI male dan female terlebih dahulu.
  • Untuk tipe HDMI female bisa dihubungkan pada kabel VGA male. Sementara HDMI male bisa dihubungkan dengan HDMI female.
  • Siapkan charger micro USB untuk kemudian disambungkan dengan micro USB female.
  • Sambungkan kabel satu per satu mulai dari monitor VGA ke HDMI.
  • Hubungkan HDMI ke micro USB melalui perangkat ponsel yang digunakan.
  • Setelah itu jangan lupa untuk menghubungkan charger USB pada micro USB female yang terdapat di kabel HDMI.
  • Jika semua sudah selesai maka cara menghubungkan hp ke monitor VGA yang  bisa dilakukan ialah melakukan pemeriksaan pada layar hp. Apakah sudah tersambung dengan monitor VGA atau belum.
  • Apabila belum terhubung maka kemungkinan besar terjadi kesalahan dan perlu diperiksa kembali secara lebih teliti.
  • Cek kembali apakah kabel dalam kondisi tidak kompatibel atau komponennya tidak bekerja secara optimal.

Tips Berhasil Menghubungkan HP Ke Monitor VGA 

Meskipun cara menghubungkan hp ke monitor VGA tergolong mudah dan sederhana, namun nyatanya tidak selalu berhasil. Untuk itulah perlu menerapkan beberapa tips berikut ini untuk meminimalisir risiko kegagalan tersebut, diantaranya:

  • Pastikan bahwa pengguna memilih dan menggunakan jenis kabel yang tepat. Yaitu memperhatikan tipe kabel dan daya kerja kabel tersebut.
  • Lakukan pemeriksaan apakah monitor VGA tersebut bisa bekerja dengan baik dan mengalami kerusakan atau tidak.
  • Gunakan tipe hp yang memungkinkan dan kompatibel untuk menghubungkan hp ke monitor VGA.

Tips tersebut perlu diterapkan dan diperhatikan dengan baik sebelum seseorang mulai menghubungkan ke monitor. Ini bertujuan agar seseorang tidak perlu bekerja 2 kali.

Alasan Menghubungkan HP Ke Monitor VGA 

Sedangkan untuk alasannya sendiri, ada banyak alasan mengapa seseorang menghubungkan smartphone ke monitor VGA. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biasanya pengguna merasa kurang puas melihat visual layar hp dalam ukuran yang kecil.

Ukuran layar hp seperti yang diketahui memang sangat terbatas. Ini tentu kurang nyaman terutama jika ingin menonton film, bermain game, hingga kebutuhan edukasi. Layar dengan ukuran besar akan membuat seseorang lebih mudah dalam memahami materi karena terlihat lebih besar dan jelas.

Contohnya yaitu ketika melakukan presentasi di kelas. Akan lebih baik jika tampilan layar dipindah ke monitor agar lebih jelas. Dengan demikian materi lebih mudah diterima oleh audiens yang ada di dalam ruangan.

Itulah ulasan mengenai cara menghubungkan hp ke monitor VGA, tips agar berhasil dan alasan seseorang menghubungkannya. Banyak orang yang melakukan hal tersebut untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan. Contohnya untuk sarana hiburan, belajar, hingga bekerja.

Baca Juga