fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Cara Menghapus Kelas Di Google Classroom Sebagai Guru Melalui Hp

Rianda

Kondisi pandemi covid-19 memaksa guru atau pengajar memanfaat platform Google Classroom untuk mengajar kepada murid. Ketika kelas sudah selesai, cara menghapus kelas di Google Classroom sebagai guru harus dilakukan. Setiap guru tentu ada kewenangan untuk menghapus kelas ketika sudah selesai.

Namun untuk melakukan penghapusan Google Classroom banyak yang belum tahu bagaimana cara menghapusnya. Kali ini Informasi mengenai langkah cara menghapus kelas Google Classroom.

Cara Menghapus Kelas Google Classroom Sebagai Guru

Cara menghapus kelas Google Classroom sebenarnya tidak terlalu sulit. Pengguna hanya perlu melakukan pengarsipan pada kelas yang ingin dihapus, lalu lakukan langkah penghapusan kelas di Google Classroom. Berikut langkah yang harus diikuti :

  • Buka aplikasi Google Classroom. Pastikan aplikasi sudah terinstall di handphone Android pengguna.
  • Lakukan tap ikon dengan simbol titik tiga. Pada menu tampilan utama pilih kelas yang ingin diarsipkan dan lakukan tap dengan simbol titik tiga di sebelah kanan.
  • Pilih arsipkan. Setelah tap simbol titik tiga akan muncul pilihan arsipkan.
  • Lakukan tap arsipkan, Kemudian akan muncul jendela pop up pemberitahuan apakah ingin melakukan arsip atau batal, jika ingin diarsipkan klik “arsipkan”.
  • Setelah selesai melakukan pengarsipan kelas, kemudian lanjut melakukan proses penghapusan kelas.
  • Buka kembali aplikasi Google Classroom. Pastikan sudah melakukan pengarsipan classroom.
  • Klik kembali ikon dengan gambar garis tiga yang berada di kiri atas.
  • Lakukan klik kelas yang diarsipkan. Setelah muncul menu sidebar pada simbol garis tiga, pilih opsi kelas yang diarsipkan.
  • Klik ikon dengan gambar ikon titik tiga. Ketika berhasil masuk ke bagian pengarsipan, pilih simbol titik tiga vertikal yang berada sebelah pojok kanan atas.
  • Pilih tombol hapus. Ketika melakukan klik pada simbol titik tiga akan muncul jendela pop up dengan pilihan pulihkan dan hapus. Untuk saat karena ingin dihapus, pilih opsi hapus.
  • Pilih kembali hapus. Hal terakhir yang harus dilakukan adalah menghapus kelas Google Classroom yang berada di bagian pemberitahuan, jika sudah maka kelas berhasil di hapus.

Ternyata cukup mudah cara menghapus kelas di Google Classroom sebagai guru dengan menggunakan perangkat Hp.  Yang paling penting sebelum melakukan hapus kelas pada platform Google Classroom adalah melakukan pengarsipan terlebih dahulu dengan kelas yang ingin dihapus.

Mengapa Harus menghapus kelas Menggunakan Google Classroom sebagai guru ?

Karena kelas dibuat Google Classroom dibuat khusus untuk murid yang terdaftar dalam kelas. Murid yang tidak terdaftar tidak akan bisa masuk ke dalam kelas. Untuk bisa masuk ke dalam kelas pengguna harus mendapat kunci kode. Kunci kode harus disimpan baik.

Setelah pembelajaran tentu kelas yang ada platform Google Classroom harus segera dihapus. Karena apabila kelas tetap ada maka orang yang mendapatkan kunci kode dapat masuk ke kelas dengan sesuka hati. Tentu ini akan berbahaya karena materi akan diambil.

Guru harus segera melakukan pengarsipan terlebih dahulu sebelum melakukan penghapusan kelas secara permanen. Lakukan pengecekan pada list kelas yang ingin dihapus. Pastikan kelas yang ingin dihapus benar jangan sampai menghapus kelas yang baru dibuat. Hindari kesalahan tersebut.

Guru juga memiliki akses penuh atas materi yang dibuat di platform Google Classroom. Bisa diakses di perangkat Hp Android maupun tablet. Sehingga kelas dapat dihapus maupun melakukan pembaharuan materi pembelajaran.

Gunakan cara menghapus kelas di Google Classroom sebagai guru ini secara bijak. Pastikan materi yang ingin dihapus adalah materi lama yang sudah digunakan lagi untuk mengajar, sehingga guru tidak kehilangan materi.

Baca Juga