fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

cPanel

Cara Menggunakan SSL pada Domain

Rianda

SSL dalam sebuah website adalah unsur penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Website yang baik harus punya keamanan yang baik juga bukan cuma mengandalkan tampilan. Berikut ada cara menggunakan SSL di Website Cpanel.

Cara Mendapatkan SSL

Untuk bisa menggunakan SSL sebaiknya pengguna memiliki SSL terlebih dahulu. SSL bisa didapatkan secara gratis ataupun dengan membelinya dengan harga yang berbeda-beda. Tentu jika SSL berbayar akan lebih baik daripada SSL yang bisa didapatkan secara gratis.

Namun tenang, meskipun berbayar, SSL bisa menyediakan beberapa jenis varian yang murah. Setelah SSL dimiliki barulah sertifikat SSL bisa didapatkan dan akan dipasang pada cPanel dan diaktifkan disana sesuai domain yang diinginkan.

Cara Menggunakan SSL

Setelah SSL dimiliki silahkan beralih ke web cPanel untuk memulai pemasangan dari SSL tadi. Sertifikat SSL yang terbit setelah didapatkan tadi bisa langsung dipakai lewat layanan shared hosting semacam cPanel dan yang lainnya. 

  • Login seperti biasa dengan memasukkan username serta password yang digunakan. 
  • Masuk ke bagian panel SSL/TLS.
  • Cari menu bernama install and manage SSL for your site.
  • Cari domain yang ingin dipasangkan SSL pada website.
  • Autofill certificate dengan menyalin kode sertifikat SSL yang sudah didapatkan dengan menekan upload a new certificate.
  • Untuk melakukan test apakah SSL sudah aktif atau belum tinggal mengunjungi nama domain dengan link HTTPS.

Setelah hal diatas dilakukan otomatis SSL akan aktif dan melindungi domain yang didaftarkan dengan sertifikat tadi. Tanda untuk melihat SSL aktif atau tidak adalah dengan melihat gambar gembok yang ada pada address bar di browser yang dipakai dan muncul tulisan “Connection is Secure”.

Manfaat Menggunakan SSL

Semakin majunya jaman membuat kehidupan masyarakat lebih mudah. Namun dibalik itu juga muncul ancaman keamanan yang sewaktu-waktu bisa memakan korban. Untuk itu ada manfaat yang bisa diberikan SSL jika diterapkan pada domain atau website.

1. Mendapatkan Keamanan

Manfaat ini merupakan yang utama dari sebuah SSl karena bisa melakukan enkripsi terhadap informasi dari pengguna kepada server host. Untuk membuka kunci ini enkripsi yang bisa dibuka oleh host dan juga pengguna.

Selain itu mereka yang lain tidak bisa menggunakannya sehingga tidak ada kemungkinan dibajak. Meski begitu pihak ketiga tidak akan bisa membacanya walau sudah bisa mendapatkan akses menuju informasi yang didapatkan sehingga SSL bisa menjaga informasi penting.

2. Permudah Otentikasi

Data yang melewati internet pastinya sangat rawan jatuh ke tangan orang jahat yang ingin memanfaatkan hal tersebut demi kepentingan dirinya. Hal ini bisa saja membuat data yang tersebar digunakan untuk kejahatan yang meragukan.

SSL bisa memastikan hal tersebut untuk tidak terjadi dan informasi akan bisa didapatkan dari tempat yang benar. Agar SSL bisa melakukan hal ini dengan benar, proteksi yang SSL gunakan bernama sertifikat server

3. Mempermudah Transaksi

Semua industri yang mengandalkan situs sebagai gerbang pembayaran harusnya memiliki sertifikat SSL yang bisa melindungi semua transaksi. Minimal enkripsi yang digunakan adalah 128 bit untuk proses pembayaran bisa lebih dipermudah pembayarannya lewat kredit.

4. Menaikkan SEO

Google yang memiliki sertifikat SSL disebut google bisa menaikkan ranking pada pencarian. Algoritma tersebut dilakukan agar website bisa diprioritaskan untuk yang paling aman terlebih dahulu. Jadi web yang sudah punya sertifikasi SSL ini pasti punya sertifikat yang tinggi.

Itulah cara menggunakan SSL lewat cPanel yang bisa aktif jika sudah memasukkan sertifikat SSL. Penggunaan SSL ini sangat efektif untuk membuat domain bisa lebih aman untuk digunakan.

Baca Juga