fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

SEOWebsiteWordpress

Cara menggunakan SEO yang Ampuh Untuk Tingkatkan Peringkat Website

Yanti puspita

Cara menggunakan SEO tidaklah sesulit seperti yang di lakukan sebagian orang. SEO sendiri merupakan upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas traffic website. SEO ini berguna untuk mengoptimalkan peringkat situs Anda di search engine atau mesin pencari seperti  halnya Google, Bing, dan Yahoo.

Ketika peringkat situs Anda tinggi, maka jumlah pengunjung juga akan tinggi. SEO dapat digunakan secara optimal dalam pemasaran. Namun, Anda harus menerapkan tips khusus agar Anda juga dapat meningkatkan kredibilitas situs web Anda.

Cara menggunakan SEO yang Ampuh Untuk Tingkatkan Peringkat Website

Banyak pemilik website dan blog berusaha mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian Google untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Anda juga bisa mendapatkan peringkat tinggi tersebut dengan menggunakan SEO yang baik dan benar.

Karena itulah artikel ini akan memandu Anda dan menunjukkan Anda cara menggunakan SEO berdasarkan update algoritma Google terbaru. Lalu, teknik SEO apa saja sih yang bisa di lakukan pada website Anda? Yuk, simak artikel ini sampai akhir!

Tentukan Kata Kunci

Mesin pencari bekerja dengan menyediakan sejumlah situs yang direkomendasikan setelah pengguna memasukkan kata kunci atau kata kunci tertentu. Pengguna hanya perlu memasukkan kata-kata yang dapat mewakili informasi yang mereka cari.

Beberapa situs yang muncul di halaman pertama Google akan banyak diklik oleh pengguna internet. Hal ini karena posisi yang tinggi juga menunjukkan tingkat relevansi yang tinggi terhadap kata kunci tersebut.

Sebarkan Kata Kunci Anda Di Website

Cara menggunakan SEO selanjutnya adalah dengan mendistribusikan kata kunci di website Anda. Jangan hanya menempatkannya di satu tempat. Masukkan juga di URL, judul, deskripsi produk, deskripsi meta, dan lainnya.

Namun Anda juga tidak boleh memasukkan terlalu banyak kata kunci yang sama pada satu halaman situs Anda. Gunakan kata lain yang mirip untuk mendukung peluang lain untuk menarik pengunjung.

Andalkan Penawaran Unik

Setiap bisnis memiliki penawaran uniknya sendiri. Anda perlu mencari tahu apa yang ditawarkan bisnis Anda untuk mendapatkan hasil mesin pencari tertinggi. Misalnya berupa surplus produk atau jasa. Cara menggunakan SEO ini harus memperhitungkan ketatnya persaingan dalam beriklan di internet.

Karena Anda mungkin akan mengetik kata kunci yang sama dengan bisnis lain. Kemudian pamerkan keunikan bisnis tersebut untuk menarik minat masyarakat.

Perhatikan Nama File

Situs web bisnis khususnya membutuhkan beberapa aset visual. Sebutkan foto dan video yang membantu meningkatkan estetika situs web Anda. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengunggah foto atau video ini. Pastikan nama file sesuai dengan kata kunci. Sehingga Google dapat mendeteksi gambar di situs Anda.

Masukkan Link Eksternal yang Tepercaya

Dengan tautan eksternal, Anda dapat merekomendasikan materi tambahan kepada pembaca Anda. Jenis tautan ini juga memberi tahu Google seberapa relevan topik artikel Anda dengan istilah yang Anda targetkan.

Perbedaan antara tautan internal dan tautan eksternal adalah tautan internal merujuk ke situs web Anda sendiri, sedangkan tautan eksternal merujuk dan mengotorisasi situs web lain. Jadi, situs web yang Anda kunjungi harus dapat dipercaya dan dapat diandalkan.

Lihatlah Otoritas Domain situs web, yang merupakan skor yang mengevaluasi kemungkinan peringkat situs web dalam hasil pencarian. Skor yang bagus untuk tautan eksternal adalah antara 70 dan 100.

Manfaatkan Konten Video

Menurut sumber terpercaya, 69% pengunjung lebih memilih video daripada teks saat mempelajari produk atau layanan. Konten video juga telah berhasil membantu 82% pemasar meningkatkan waktu lalu lintas rata-rata untuk pembacanya. Saat menggunakan video sebagai cara menggunakan SEO, perhatikan sumber file Anda.

YouTube adalah yang paling populer, karena memiliki mesin pencari kedua yang paling banyak digunakan setelah Google, sehingga mudah untuk meningkatkan jumlah penonton. Peluang Anda untuk mendapat peringkat di Google SERPs juga akan lebih tinggi.

Studi terbaru yang dilakukan para pakar SEO menunjukkan bahwa 94% dari semua video berperingkat tinggi berasal dari YouTube. Plus, lebih mudah untuk mengoptimalkan video Anda untuk Google dengan YouTube, karena memiliki fitur bawaan seperti stempel waktu. Setelah mengunggah ke YouTube, Anda dapat menampilkan video YouTube di situs web Anda.

Lakukan Pembaruan Reguler dan Tampilkan Tanggal Pembaruan

Konten baru juga dapat meningkatkan relevansi dengan istilah pencarian. Apabila postingan atau halaman blog Anda berisi informasi yang tidak sesuai, maka Google akan menghapusnya. Jadi, Anda harus meninjau, mengevaluasi, dan merevisi halaman dan posting Anda secara teratur sebagai cara menggunakan SEO di website Anda.

Buat Sitemap

Sitemap adalah daftar yang berisi semua halaman situs web yang dapat diakses oleh pengunjung dan mesin pencari. Website Anda akan lebih mudah ditemukan dan diindeks oleh mesin pencari jika ada sitemap ini di dalamnya. Selain itu, sitemap juga akan memberi tahu mesin pencari ketika ada perubahan struktural pada situs web.

Instal Google Analytics

Bukan hanya menginstal Google Search Console, namun Anda juga harus menginstal Google Analytics sebagai alat tambahan. Meski terdengar mirip, kedua alat ini sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi utama Google Search Console adalah untuk mengecek performa sebuah website di hasil pencarian, sedangkan fungsi utama Google Analytics adalah untuk mengidentifikasi perilaku pengunjung website.

Dengan Google Analytics, Anda dapat melacak pergerakan pengunjung dari halaman pertama yang di buka hingga halaman yang di tutup di situs web Anda. Selain itu, Google Analytics juga akan membantu Anda mengetahui halaman mana yang paling banyak di konversi dan mana yang kurang optimal.

Buat Konten Lengkap dan Menarik

Cara menggunakan SEO selanjutnya yang sering tidak di perhatikan pemilik website adalah membuat konten yang menarik. Padahal, ketika seseorang mencari kata kunci di mesin pencari, mereka menginginkan jawaban lengkap untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Google juga menyadari kebutuhan pengguna dan mulai memprioritaskan konten komprehensif untuk menempati posisi teratas dalam hasil pencarian. Yang nantinya konten ini berpeluang sukses sebagai salah satu cara meningkatkan traffic blog. Anda dapat menambahkan ilustrasi, infografis, atau video untuk melengkapi artikel Anda.

Media visual akan membantu pembaca untuk dengan mudah memahami isi artikel Anda. Jika mereka puas dengan kelengkapan konten Anda, bukan tidak mungkin mereka akan membagikan konten tersebut ke media sosial.

Pengoptimalan Gambar

Menambahkan gambar ke konten situs web / blog Anda adalah cara menggunakan SEO yang bagus untuk membuat pengunjung Anda tidak bosan. Selain itu, gambar juga dapat membantu pengunjung memahami konten Anda.

Namun, Anda juga harus mengoptimalkan gambar yang Anda unggah agar situs web atau blog Anda tidak melambat. Salah satu caranya adalah mengompres gambar sebelum mengunggahnya.

Jadi, ukuran gambar tidak akan memberatkan halaman website. Salah satu website yang bisa Anda gunakan untuk mengompres gambar adalah tinypng.com. Pastikan ukuran gambar setelah di kompres tidak lebih dari 300 kb.

Menerapkan serangkaian cara menggunakan SEO di atas memang membutuhkan banyak waktu. Butuh kesabaran dan konsistensi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dari cara menggunakan SEO yang sudah di jelaskan tadi.

Baca Juga