fbpx

8 Tips Sederhana Optimalkan Kecepatan Website Anda

Siapa yang tidak ingin memiliki sebuah yang cepat? Ya, kecepatan memuat sebuah website menjadi salah satu faktor krusial terhadap tingkat konversi website. Tak salah jika Anda mencoba menerapkan beberapa tips sederhana untuk optimalkan kecepatan website Anda.

Apa Saja yang Perlu Anda Terapkan untuk Optimalkan Kecepatan Website?

Ya, ada beberapa kiat yang bisa Anda pertimbangkan untuk mendapatkan kecepatan loading . Hal ini agar pengunjung tak meninggalkan situs karena loading yang tak berkesudahan. Berikut ini beberapa langkah untuk optimalkan kecepatan website. 

1. Pilih Plan Hosting yang Tepat

Layanan hosting dan paket yang digunakan menjadi faktor penting kecepatan loading situs. Layanan ini bertanggung jawab untuk mengirim data di situs Anda ke pengunjung.

Sehingga, optimalkan kecepatan website bergantung pada jenis dan layanan yang Anda gunakan. Dengan penyedia layanan profesional, Anda tetap bisa berhemat tanpa kompromi dengan kecepatan loading situs.

2. Selalu Perbarui Fitur WordPress Anda

Penting untuk selalu memastikan bahwa , tema maupun plugin diperbarui. Setidaknya sesekali demi memastikan bahwa tidak ada perlambatan kecepatan memuat situs gara-gara penggunaan versi lawas.

Tak hanya kecepatan, versi terbaru juga layak dipertimbangkan demi alasan reliabilitas dan keamanan.   

3. Menerapkan Caching

atau data sementara adalah file yang berisi hal-hal yang dilihat atau dilakukan pengunjung baru di situs Anda. Jadi lain kali mereka berkunjung, data tersebut dapat segera ditampilkan lebih cepat, karena tidak perlu mengulang proses request sebelumnya.

Baca Juga :  Domain .go.id Berarti Apa di Situs Pemerintah?

Menerapkan caching dapat mengurangi jumlah request yang harus di-handle oleh website Anda sehingga situs terkesan lebih gegas bagi pengunjung.

4. Terapkan Image Optimization

Tak hanya pada konten saja, file media seperti halnya gambar juga perlu optimisasi. Hal ini membuat file media jadi lebih kecil dan menghemat penggunaan ruang di server dan bandwith pengunjung. Caranya, Anda bisa menggunakan bantuan tool untuk mengompresi ukuran gambar tanpa banyak mengurangi kualitasnya.

5. Lakukan Minifikasi terhadap File 

Minifikasi adalah teknik untuk meningkatkan efisiensi kode website Anda. Teknik yang dilakukan dengan bantuan plugin ini dilakukan dengan mengkompresi dan menghilangkan material sisa pada kode, sehingga dapat dijalankan lebih cepat.

Ini karena jumlah karakter pada baris kode HTML, dan CSS code yang semakin berkurang, sehingga dapat dibaca lebih cepat dan lebih cepat dimuat pada website.

6. Gunakan Content Delivery Network

Untuk mengirimkan file besar di website, Anda bisa menggunakan sebuah pengiriman konten. Dengan menerapkan cara ini, Anda dapat mempercepat proses pengiriman file maupun informasi secara online. Hal ini karena pengiriman semacam ini sangat dipengaruhi oleh jarak dan kondisi geografis.

7. Manfaatkan Plugin WordPress  

Seperti yang diketahui, penggunaan plugin tak banyak membebani kecepatan website. Anda pun bisa memanfaatkan penggunaan plugin untuk membuat website Anda lebih cepat dan benar-benar sesuai kebutuhan. Plugin berkualitas seperti untuk kebutuhan keamanan, dan lainnya patut dipertimbangkan.

8. Bersihkan Elemen yang Tak Perlu

Elemen yang dimaksud di sini isa seperti plugin ataupun tema yang jarang atau bahkan sudah tak dipakai lagi. Biasanya, elemen semacam ini meminta diperbarui, sementara Anda mengabaikannya.

Baca Juga : Kenali Fungsi-fungsi Web Server untuk Website Anda

Baca Juga :  Inilah Cara Memasang Google Analytics di Wordpress

Hasilnya, elemen semacam ini dapat memperlambat kinerja situs. Begitu pula dengan file yang tak lagi relevan atau sudah diperbarui, justru bisa saja menyampah di host.

Kesimpulan

Saat ini, kecepatan menjadi hal yang begitu penting diperhatikan. Tak peduli seberapa bagusnya konten yang Anda siapkan, pengunjung bisa saja beralih sebelum melirik konten tersebut. Semua terjadi, hanya karena situs Anda tak mampu segera menampilkan apa yang ingin dilihat pengunjung. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk optimalkan kecepatan website.