fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

SEO

Cara Mengetahui Keyword Kompetitor 

Wiliam

Keyword adalah salah satu hal yang paling penting di saat mengelola sebuah website. Pada saat menggunakan keyword yang bagus bisa memberikan pengaruh terhadap sebuah website tersebut. 

Sampai dengan saat ini banyak sekali website yang bermunculan. Maka dari itu, untuk para pemilik website harus berpikir mengenai bagaimana caranya mendapatkan keyword yang bagus. 

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara mengetahui keyword kompetitor. Bagi bizzie yang penasaran dengan perihal keyword bisa langsung saja simak penjelasan dibawah ini. 

Beberapa Cara Mengetahui Keyword Kompetitor 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk saat ini banyak sekali website bermunculan. Maka dari itu, untuk para pemilik harus paham dengan cara mengetahui keyword kompetitor. Beberapa langkah yang digunakan adalah: 

1. Menentukan Tema Konten atau Artikel 

Cara mengetahui keyword kompetitor yang pertama adalah menentukan tema konten atau artikel tersebut. Tentunya, untuk tema yang diambil harus sesuai dengan sesuai dengan website tersebut. 

Ada satu contoh dari contoh yang satu ini yaitu disaat tema blog kuliner, maka untuk artikel yang dibuat bisa seputarasalan atau dunia kuliner. Selain itu, tema yang dapat diambil adalah Resep Olahan Ayam. 

2. Harus Mengetahui Siapa Saja Kompetitornya

Ketika tema sudah ditentukan, maka untuk langkah berikutnya adalah harus mengerti siapa saja website yang mengambil keyword tersebut. Cara mengetahui keyword kompetitor adalah mengetikkan tema pada mesin pencarian Google. 

Nantinya, di dalam halaman mesin pencarian tersebut akan muncul beberapa situs website yang mempunyai tema sama. Pada cara yang satu ini hanya bisa dipergunakan untuk menampilkan beberapa hasil persaingan website secara global saja. 

Ketika bizzie ingin mengetahui kompetisi secara spesifik, maka cara yang bisa diambil adalah mengetikkan allintitle. Contoh mudahnya adalah resep olahan ayam. 

Nah, dari beberapa daftar situs tersebut akan muncul. Untuk beberapa pilihan tersebut dijadikan sebagai pilihan untuk menentukan mana keyword yang cocok dipergunakan. 

3. Memilih Kompetitor yang Ringan untuk Bersaing 

Pada saat bizzie menemukan beberapa website atau blog yang muncul, maka pilih saja salah satu jenis yang paling ringan. Jangan sampai bizzie mencari pesaing yang mempunyai posisi kuat di beberapa media populer. 

Untuk cara lain yang dapat dipergunakan oleh bizzie adalah menggunakan alat Domain Authority. Pada saat menggunakan alat tersebut bisa memunculkan beberapa blog atau website yang berada di bawah DA 20. 

4. Menggunakan Google Keyword Planner 

Cara mengetahui kompetitor yang paling akhir adalah bisa menggunakan Google Keyword Planner. Ketika menggunakan alat yang satu ini, maka untuk para pesaing bisa mengerti halaman pertama dari website tersebut. 

Ketika, bizzie belum mempunyai akun dari Google Keyword Planner bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk proses pendaftarannya sendiri bisa dengan cara mengunjungi ads.google.com.

Pada saat proses pembuatan akun Google Keyword Planner bisa menggunakan salah satu akun email. Sehingga, dengan cara tersebut bisa mempermudah untuk melakukan cara mengetahui keyword kompetitor. 

Cara Mengetahui Keyword Kompetitor Dengan Menggunakan Google Keyword Planner 

Google Keyword Planner merupakan salah satu layanan yang ada di dalam sebuah Google Adwords. Sebelum dipergunakan untuk menerapkan cara mengetahui keyword kompetitor, sebelumnya hanya dipergunakan untuk iklan Google saja. 

Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang Google Keyword Planner bisa dipergunakan untuk menganalisa beberapa keyword untuk sebuah artikel. 

Paling terpentingnya lagi dengan adanya Google Keyword Planner bisa dipakai untuk mengetahui beberapa keyword di para kompetitor. Tentunya, sebelum mendapatkan informasi tersebut harus melakukan beberapa cara terlebih dahulu. 

Satu hal yang harus diingat oleh bizzie adalah melakukan login akun Google Ads terlebih dahulu. Setelah login, bizzie bisa melanjutkan ke cara mengetahui keyword kompetitor yaitu: 

●      Langkah pertama, bizzie harus memberikan klik terlebih dahulu pada menu “alat dan setelan” terlebih dahulu.

●      Langkah kedua, memberikan klik lagi pada menu “keyword planner” dan menunggu sampai dengan beberapa detik.

●      Langkah ketiga, di saat sudah mendapatkan kata kunci yang terbaru, maka bisa melanjutkan ke cara selanjutnya.

●      Langkah keempat, copy dulu link website kompetitor terlebih dahulu. Setelah itu, bizzie juga bisa paste link kompetitor tersebut supaya bisa memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Wujud laporan dari Google Keyword Planner bisa di download dan dijadikan sebagai ide kata kunci atau keyword. Selain itu, bizzie juga mengetahui beberapa kata kunci yang apa saja yang sering dipergunakan oleh para pesaing. 

Sampai dengan saat ini Google Keyword Planner juga banyak dipergunakan untuk mengetahui tingkat persaingan dan CPC. Artinya, untuk alat yang satu ini bermanfaat di saat proses pembuatan artikel supaya bisa sesuai dengan bidikan dari sebuah iklan. 

Pada saat menggunakan Google Keyword Planner sudah terbukti dan berhasil mendapatkan artikel sesuai dengan keinginan. Ketika bizzie ingin menggunakan cara yang lain juga boleh-boleh saja dipergunakan. 

Akan tetapi, tidak semua alat tersebut bisa memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan. Supaya lebih amannya bisa menggunakan Google Keyword yang telah terbukti dalam memberikan hasil terbaik. 

Memang tidak akan ada habisnya di saat melakukan pembahasan cara mengetahui keyword kompetitor. Setidaknya, dengan adanya kedua cara yang sudah diatas bisa membantu bizzie di saat ingin mengelola sebuah website. 

Pastikan juga jaringan internet yang bizzie gunakan sudah stabil. Jangan sampai internet putus ditengah jalan.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara mengetahui keyword kompetitor. Besar harapan dengan adanya informasi diatas bisa membantu Anda ingin mengelola sebuah website. 

Baca Juga