fbpx

Mudah! Inilah Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Informasi cara mengatasi 502 bad mungkin sedang dicari anda yang mengalaminya sekarang. Menjalani dunia dan situs memang banyak masalah yang dihadapi. Apalagi untuk para pemula, dunia digital kerap kali banyak tantangan dan juga memberikan solusi yang cepat dan mudah.

Salah satu permasalahan yang sering ditakuti oleh para pemilik adalah jika menjumpai error 502 bad gateway. Apa maksudnya? Secara sederhana, ini merupakan kondisi saat pemilik situs maupun pengunjung melihat tampilan blank di layar sehingga situs tidak dapat dioperasikan. 

Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan panik terlebih dahulu. Kondisi ini memang bisa sangat menyebalkan dan tentu membuat anda sebagai pemilik website kebingungan. Terlebih lagi, jika website memang sangat penting untuk anda baik untuk maupun sebagai Blog pribadi.

Inilah Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Hal yang perlu diketahui bahwa 502 bad gateway dapat terjadi pada semua situs, baik itu situs pribadi maupun milik perusahaan besar sekalipun seperti Twitter atau . Penyebabnya juga beragam, sehingga harus paham Bagaimana mencarinya. Selain itu, tidak hanya muncul tulisan 502 bad gateway saja tapi banyak juga variasinya.

Berikut ini adalah cara mengatasi error 502 bad gateway ;

1. Reload Website

Hal yang perlu diketahui bahwa error 502 bad gateway ada yang bersifat sementara saja. Ini juga tidak merusak sistem seluruhnya. Dengan melakukan reload situs, bisa menjadi salah satu cara mengatasi error 502 bad gateway kembali ke keadaan normal. Alasannya, bisa jadi penyebab error karena server overloaded atau kelebihan muatan. Sehingga, harus disegarkan lagi.

Sambil menunggu kondisi situs normal, Anda bisa melakukan langkah ini. Kopi halaman situs anda dan tempelkan pada tools isup.me. Di sana anda dapat mengecek apakah error 502 bad gateway hanya untuk Anda saja sebagai pengelola situs ataukah bagi pengunjung juga. Jika notifikasi pesan hanya error untuk anda sebagai pengelolanya saja, sementara bagi para pengunjung tidak apa-apa, maka Coba akses lewat lain.

Baca Juga :  Business Analyst, Ini Job Desk dan Tanggung Jawabnya 

2. Menghapus Cache

Kalau cara pertama tidak berjalan baik, maka anda juga dapat menghapus cache browser sebagai langkah selanjutnya. Cache adalah file yang tersimpan di server karena anda membuka situs lebih dari 1 kali. Jadi, dengan adanya cache ini maka anda bisa melihat tampilan situs secara lebih cepat dan lengkap tanpa harus membuat server bekerja berkali-kali.

Baca Juga Berikut : Cara Cek Backlink Kompetitor Secara Mudah!

Walaupun mempunyai manfaat, cache juga dapat membuat situs Anda overload atau kelebihan muatan. Oleh karena itulah, menghapus cache ini akan membuat situs lebih ringan. Masalah 502 bad gateway, juga cenderung bisa lebih cepat diatasi. 

3. Restart Jaringan Internet

Jika masalah masih terjadi, cara mengatasi error 502 bad gateway berikutnya yaitu merestart ulang koneksi internet. Bisa jadi, kesalahan yang membuat timbulnya 502 bad gateway karena adanya masalah di koneksi. Contohnya, Anda memakai router sebagai perangkat akses internet.

Contohnya, Anda memakai router menjadi perangkat untuk jaringan internet. Saat di luar kendali gateway router tersebut misalnya mengalami kendala atau error. Jika penyebab masalah ini memang karena perlu restart internet, segera melakukannya dengan cara mencabut kabel power jaringan kurang lebih 1 menit. Sambil menunggu, Anda juga bisa merestart komputer. Jika sudah, coba untuk menyalakan kembali dan lihat apakah akses ke situs sudah berjalan normal.

4. Mematikan CDN Sementara Waktu

Cdn adalah kependekan dari content delivery network. Ini merupakan layanan yang punya fungsi untuk meningkatkan performa website. Salah satu cdn yang banyak direkomendasikan yaitu cloudflare. Akan tetapi, cdn yang versi gratis terkadang bisa menjadi penyebab masalah 502 bad gateway.

Jika anda mengalaminya, cara mengatasi error 502 bad gateway yaitu mematikan cdn sementara waktu. Setelah mencoba langkah 1 sampai 3 di atas jika memang belum berhasil maka matikanlah CDn.Berikutnya, cobalah cek kembali apakah situs masih mengalami error atau tidak normal kembali.

Baca Juga Artikel Berikut : Mudah! Cara Mengatasi Website yang Sering Down

5. Menunggu Proses Pengalihan Provider Website

yang salah juga bisa menjadi penyebab 502 bad gateway. Kalau memang domain anda tidak menunjukkan alamat IP valid, maka biasanya memang akan muncul pesan error tersebut. Masalah ini juga bisa terjadi saat dari yang lama ke baru.

Baca Juga :  Inilah Cara Membuat Custom Type Wordpress

Proses perpindahan tersebut umumnya akan memakan waktu dari mulai 12 jam sampai 36 jam. Ketika anda ingin mengakses situs dalam waktu tersebut maka mungkin akan menerima pesan bad gateway. Jalan satu-satunya yang bisa dilakukan yaitu menunggu sampai proses perpindahan provider tersebut selesai dilakukan. Janganlah menghentikan provogasi ini sampai prosesnya berhasil.

6. Mengecek Plugin

Cara mengatasi error 502 bad gateway berikutnya  yaitu dengan mengecek Plugin. Sering kali masalah yang terkait dengan chaching plugin bisa menjadi penyebab masalah ini. Langkah sederhana untuk memeriksanya yaitu dengan sementara menonaktifkan plugin jika menggunakan WordPress. Bukalah direktori wp-content dan kemudian gantilah nama direktori Plugin. 

Jika website sudah normal dan kembali berfungsi maka anda bisa merubah kembali nama folder seperti sedia kala yaitu Plugin, dan selanjutnya tekan enter. Kemudian, matikanlah Plugin satu demi satu agar mencari tahu manakah Plugin yang membuat error tersebut. 

7. Menghubungi Customer Support

Cara mengatasi error 502 bad gateway yang terakhir yaitu dengan menghubungi customer service. Jelaskanlah masalah yang anda alami tersebut dari awal dan cara apa saja yang sudah anda lakukan. Dari tim tersebut akan memberikan informasi langkah apa saja yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Demikian informasi tentang bagaimana cara mengatasi error 502 bad gateway. Dengan melakukan langkah-langkah di atas harapannya situs Anda bisa  diakses dengan normal kembali. Semoga bermanfaat !