fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Cara Mengambil Peta Dari Google Earth Dengan Mudah

Rianda

Peta lokasi yang disajikan oleh Google Earth sangat lengkap, sehingga memudahkan penggunanya untuk melihat lokasi dari peta. Resolusi spasial Google Earth yang bagus membuat pengguna untuk mengambil gambar pada Google Earth. Berikut dijelaskan cara mengambil peta dari Google Earth:

Pengertian Google Earth

Program Google Earth atau bisa disebut juga dengan nama Earth Viewer dibuat Keyhole, Inc. Google Earth ialah program globe virtual yang menampilkan berbagai lokasi di seluruh dunia. Program ini mampu menampilkan rumah, mobil hingga bayangan orang serta rambu-rambu lalu lintas.

Seluruh gambar yang didapatkan dari Google Earth berasal dari fotografi udara, pemetaan satelit dan globe GIS 3D. Pengguna dapat menggunakan program secara gratis namun kemampuannya sangat terbatas. Apabila pengguna ingin merasakan lebih banyak fiturnya dapat menggunakan Google Earth yang berbayar.

Manfaat dan Fungsi Google Earth

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2005 Google Earth sudah menarik banyak kalangan dengan segala rentang usia. Hal ini disebabkan banyak sekali manfaat yang diberikan Google Earth bagi penggunanya. Apalagi bagi siswa atau mahasiswa yang bidang keilmuannya tentang bumi.

Manfaat pertama Google Earth adalah pengguna dapat mengetahui kondisi morfologi dan kontur dari permukaan bumi secara keseluruhan. Ditambah lagi saat ini terdapat fitur 3D, sehingga pengguna dapat melihat bentuk aslinya dari objek yang dilihat di Google Earth.

Manfaat berikutnya pengguna mengetahui kondisi kerak bumi maupun lempeng bumi. Dalam Google Earth terdapat fitur historical imagery dan Earth Seafloor yang menggambarkan permukaan bumi dan letak lempeng bumi. Bahkan fitur ini dapat digunakan untuk melihat patahan bumi di dasar laut.

Manfaat ketiga Google Earth adalah dapat mengetahui kondisi topografi di beberapa wilayah. Fitur ini dapat diakses melalui menu Historical Topographic Maps pada Google Earth, sehingga pengguna dapat mengetahui ketinggian suatu wilayah.

Manfaat terakhir dari Google Earth adalah pengguna dapat mengetahui sumber daya alam berupa panas bumi. Manfaat ini dapat dirasakan jika pengguna membuka fitur Geothermal Resource pada Google Earth. Pengguna dapat melihat berapa suhu bumi berdasarkan kedalaman bumi.

Cara Mengambil Peta Dari Google Earth Dengan Mudah

Langkah-langkah yang dibutuhkan untuk cara mengambil peta dari Google Earth sangatlah mudah. Pengguna hanya membutuhkan HP atau PC yang digunakan untuk mengambil gambar dan jaringan internet yang bagus. Berikut akan dijelaskan langkah cara untuk mengambil gambar peta di Google Earth:

  • Langkah pertama cara mengambil peta dari Google Earth adalah dengan membuka browser yang sering digunakan.
  • Buka situs atau aplikasi Google Earth yang sudah terunduh di HP atau PC. Aplikasi Google Earth bisa diinstall pada Google Play Store secara gratis.
  • Cari lokasi atau tempat yang ingin diambil gambarnya lalu klik dua kali posisi tempat yang ingin diambil gambarnya.
  • Setelah itu, pilih file lalu klik simpan dan simpan gambar.
  • Pilih tempat atau lokasi yang digunakan untuk menyimpan gambar dari Google Earth, lalu ubah nama file dan klik simpan. Maka, langkah cara mengambil peta di Google Earth sudah selesai dan gambar sudah tersimpan di perangkat pengguna secara otomatis.

Demikian penjelasan tentang cara mengambil peta dari Google Earth dengan mudah. Pengguna dapat melihat hasil gambar yang diambil di Google Earth melalui PC maupun HP yang digunakan.

Dengan adanya Google Earth pengguna bisa mudah mengetahui kondisi bumi dari berbagai sisi. Google Earth bisa diunduh dan diakses secara gratis.

Baca Juga