fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

WordpressWebsiteWordpress

Cara Mendapatkan Backlink Dari Direktori Situs Web            

Yanti puspita

Tentunya sebagai pemilik website, Anda perlu mengetahui cara mendapatkan backlink berkualitas untuk memaksimalkan usaha SEO Anda.

Strategi backlink yang efektif dapat membantu Anda meningkatkan otoritas dan peringkat situs web yang meningkatkan lalu lintas organik.

Sayangnya, tidak semua strategi backlink memiliki nilai dan dampak yang sama. Tapi jangan khawatir dulu! Artikel ini menjelaskan beberapa cara mendapatkan backlink yang bisa Anda ikuti jika ingin mencari backlink berkualitas. Langsung saja kita ke percakapan di bawah ini!

Cara Mendapatkan Backlink Dari Direktori Situs Web

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara Mendapatkan Backlink karena hal itu wajib untuk kalian ketahui. Backlink merupakan sebuah link yang di pasang pada blog/website yang mengarah ke suatu website Anda.

Membangun backlink juga di sebut membangun tautan dan ada juga istilah external link dan inbound link. Jadi, ada penyedia backlink dan penerima backlink yang dapat memberikan Anda link website atau blog orang lain di website Anda. Berikut penjelasannya:

·         Cara Mendapatkan Backlink Dengan Membuat Buat Konten Unik

Salah satu cara mendapatkan backlink yang paling efektif adalah membuat aset atau konten yang di tautkan oleh orang lain. Konten berkualitas seperti itu biasanya menarik banyak tautan organik dan sering di bagikan oleh pembaca.

·         Tulis Instruksi Yang Lengkap Dan Jelas

Isi panduan yang baik harus cukup panjang untuk menjelaskan topik tertentu secara detail, mengandung semua kata kunci yang relevan, singkat dan tidak terlalu panjang.

Saat menulis artikel cara, cobalah untuk membahas topik yang lenkap dan jelas. Tema seperti ini tetap relevan untuk waktu yang lama, memungkinkan Anda mempromosikan konten tanpa harus melakukan pembaruan besar secara rutin.

Kemudian cari Google untuk kata kunci target dan analisis artikel yang muncul dengan kata kunci itu. Identifikasi struktur, kata kunci yang di gunakan, dan strategi pengoptimalan. Gunakan informasi ini untuk menulis artikel SEO friendly

Anda juga perlu mempromosikan konten jika sudah membuatnya. Temukan situs web lain kemudian coba hubungi mereka.

Jelaskan bagaimana artikel cara Anda dapat membantu pembaca, lalu coba berikan tautan yang mengarah ke situs web Anda. Setelah itu, analisis situs mana yang menyediakan tautan ke artikel lain dan kemudian coba tawarkan artikel pendidikan Anda sebagai opsi yang lebih baik. 

·         Gunakan Infografik Untuk Mendapat Backlink

Infografis merepresentasikan data dalam bentuk visual, Anda juga harus mempertimbangkan konten ini karena ini merupakan cara mendapatkan backlink yang berkualitas.

Sebab infografis yang unik dapat membuat artikel Anda lebih menarik di bandingkan artikel pesaing atau blog lain mengingat jutaan postingan di terbitkan setiap harinya.

·         Tulis Testimonial Atau Ulasan

Pengalaman juga memainkan peran penting dalam membangun reputasi merek. Ini karena 95% pelanggan membaca ulasan online sebelum melakukan pembelian.

Tulis ulasan tentang penggunaan alat atau produk berdasarkan pengalaman Anda. Kemudian, perusahaan pemiliknya dapat membagikan konten Anda langsung di platform mereka sebagai bukti sosial.

Anda juga dapat memberi tahu pemilik alat atau produk yang Anda beri peringkat, lalu meminta mereka untuk membagikan kiriman Anda kepada audiens mereka.

Misalnya, artikel ulasan ini merinci struktur penetapan harga dan fitur utama perusahaan pembiayaan. Menurut peneliti, ulasan tersebut telah mengumpulkan lebih dari 6.000 backlink, termasuk cara mendapatkan backlink.

·         Bangun Link Melalui Konten Listicle

Konten daftar adalah konten yang mencantumkan beberapa produk atau merek seperti ulasan atau rekomendasi yang di susun dalam daftar. Untuk cara mendapatkan backlink berkualitas dari konten katalog, Anda bisa memulainya dengan mencari konten yang tidak di miliki situs Anda.

Pemakai bisa menggunakan operator pencarian Google untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan item tertentu, tambahkan tanda minus (-) untuk mengecualikan merek Anda dari hasil.

Misalnya, jika Anda mengetik “inspirasi situs web – Behance”, Google akan menampilkan hasil apa pun yang tidak mencantumkan Behance dalam daftar.

Kemudian hubungi penyedia konten dan minta mereka menambahkan situs Anda ke daftar mereka. Berikan alasan yang meyakinkan dan bermakna mengapa merek Anda layak di sertakan.

Jika merek atau situs web Anda sudah memiliki audiens yang besar, cari situs web yang menyebutkan merek Anda dalam kontennya tetapi tidak memiliki tautan ke situs web Anda.

·         Mulai Guest Blogging

Guest blogging adalah cara mendapatkan backlink berkualitas dengan menulis artikel untuk situs web lain. Anda dapat mencari di Google untuk situs yang menawarkan peluang posting dengan istilah pencarian sederhana menggunakan “kata kunci target + menulis kepada kami”.

Lalu buka setiap halaman Write For Us yang muncul di hasil dan baca aturan posting. Temukan informasi kontak mereka dan kirimi mereka email pengantar.

Tambahkan ide artikel Anda dan jelaskan manfaat menerbitkan posting Anda. Jalani proses ini dengan klien potensial lainnya sehingga Anda akan di kenal sebagai ahli dan mendapatkan backlink berkualitas.

·         Cari Broken Link Untuk Membangun Backlink

Anda juga bisa menggunakan cara mendapatkan backlink dengan mencari link yang rusak. Ya, tautan semacam itu bisa menjadi strategi SEO yang bagus.

Tautan rusak biasanya di sebabkan oleh penghapusan halaman, URL yang di ubah, dan nama domain yang kedaluwarsa. Nah, Anda dapat menemukan tautan rusak yang mengarah ke situs pesaing dengan:

  • Akses Site Explorer di Ahrefs. Masukkan alamat email.
  • Di bagian Profil Backlink, klik broken. Alat ini menunjukkan situs web pesaing yang rusak.
  • Dengan informasi ini, hubungi domain penautan pesaing Anda untuk melaporkan tautan yang broken, lalu sarankan untuk menggantinya dengan tautan konten Anda yang sama-sama relevan dengan topik.

·         Gabung Organisasi Bisnis

Anda dapat belajar dari para ahli dan mendapatkan wawasan penting untuk mengembangkan bisnis Anda. Hal ini juga merupakan cara mendapatkan backlink gratis karena situs semacam itu biasanya menyediakan tautan ke halaman anggotanya.

Jika Anda memiliki bisnis lokal, mulailah dengan mencari dan bergabung dengan organisasi atau komunitas di daerah Anda. Kemudian minta webmaster untuk menambahkan situs Anda ke direktori mereka. 

·         Turut Aktif Dalam Forum

Bergabung dengan forum diskusi juga merupakan cara mendapatkan backlink yang berkualitas. Cara ini tidak hanya membantu membangun reputasi Anda sebagai seorang ahli, tetapi juga meningkatkan lalu lintas bertarget ke situs web Anda.

Anda bisa mulai mencari forum yang sesuai di niche yang menawarkan backlink dofollow atau periksa situs pesaing yang forumnya memiliki tautan ke situs mereka. Berikut caranya:

  • Buka Site Explorer Ahrefs dan navigasikan ke situs web pesaing.
  • Di bagian Backlinks Profile,, klik Backlinks.
  • Pilih Dofollow.
  • Masukkan “forum” sebagai istilah pencarian.
  • Pilih filter nama domain, lalu klik Show Results.

Setelah alat ini menampilkan hasilnya, buat akun di situs forum dan aktifkan di sana. Sertakan tautan ke situs web Anda di tanda tangan Anda dan, jika mungkin, sertakan tautan kontekstual ke topik halaman Anda.

Selain itu, Anda dapat aktif di platform tanya jawab populer seperti Quora. Bahkan jika Anda menggunakan tautan nofollow, halaman diskusi ini membantu menunjukkan pengetahuan dan keterampilan Anda kepada audiens yang lebih luas.

Penutup

Mungkin itu saja pembahasan tentang cara mendapatkan backlink dari direktori situs web yang dapat kita sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Baca Juga