fbpx

Cara Memperpanjang Domain Dengan Mudah dan Cepat

Memperpanjang merupakan kegiatan wajib yang harus di lakukan ketika masa aktif sudah mendekati tanggal kadaluwarsa. Pada saat domain yang bizzie gunakan akan habis akan diberikan peringatan berupa invoice untuk melakukan perpanjangan. Invoice tersebut akan dikirimkan melalui yang sudah bizzie masukkan pada awal pendaftaran domain. 

Sekarang ini yang sering menjadi permasalahan adalah bizzie lupa untuk membuka email dan sehingga tidak mengerti ketika harus memperpanjang domain. Maka dari itu, untuk solusi terbaik nya bizzie sering-sering mengecek email dan melakukan perpanjangan sebelum hari kadaluwarsa. 

Pada saat bizzie tidak melakukan perpanjangan domain maka akan menyusahkan diri bizzie sendiri. Salah satu akibatnya adalah yang menggunakan domain tersebut tidak bisa di buka dan otomatis akan di non aktifikan. 

Cara Memperpanjang Domain

Untuk bizzie yang sudah lama bermain tentunya sudah tidak asing lagi ketika harus melakukan perpanjangan. Ada beberapa orang yang merasa bingung ketika harus melakukan perpanjangan dan sehingga membiarkan sampai dengan tanggal kadaluwarsa. 

Akan tetapi pada kesempatan kali ini akan di bahas secara detail mengenai cara memperpanjang domain secara detail. Untuk penjelasan lebih jelasnya bizzie bisa simak di bawah ini. 

1. Melakukan Log In 

Cara memperpanjang domain paling utama bizzie harus membuka situs penyedia domain yang bizzie gunakan. Setelah bizzie berada di halaman utama maka harus melakukan log in dengan menggunakan email dan . Pada saat bizzie memasukkan email dan password usahakan isi dengan benar lebih mudah untuk masuk pada situs penyedia domain tersebut.

2. Memilih Domain 

Setelah bizzie berhasil melakukan log in pada penyedia domain maka akan langsung di arahkan ke halaman dashboard client area. Di dalam menu “client area” bizzie akan diberikan banyak macam-macam jenis domain seperti VM maupun SSL

Baca Juga :  Cara Melakukan Transfer Domain Dengan Langkah yang Mudah

Ketika bizzie akan melakukan memperpanjang domain maka bisa memilih menu yang berada di sidebar sebelah kiri dan memilih menu “domains”. Cara  memperpanjang domain selanjutnya bizzie bisa melakukan pemilihan domain mana yang akan diperpanjang. 

Pada saat pemilihan sudah selesai bizzie bisa memberikan tanda centang dan mengeklik di bagian domain yang akan diperpanjang. Di menu tersebut bizzie juga akan diminta untuk memilih akan memperpanjang dalam jangka berapa tahun. 

3. Memilih Renew Now 

Cara memperpanjang domain selanjutnya bizzie bisa memilih menu “domain” yang berada di sidebar kiri di nomor dua. Di menu tersebut bizzie akan diberikan banyak pilihan menu. Untuk melakukan melakukan perpanjangan domain bizzie bisa memilih menu “overview”. 

Pada menu “overview” bizzie harus melakukan pengecekan seperti penggunaan domain, masa kadaluwarsa dan metode pembayaran. Setelah -data sudah benar bizzie bisa bisa klik pada tulisan “renew now”. 

Baca Juga Berikut : Perbedaan Hosting, Server dan Domain Serta Peranannya

4. Memilih Durasi dan Waktu 

Memilih durasi dan waktu ini merupakan cara memperpanjang domain yang paling penting serta harus diingat. Setelah bizzie klik pada menu “renew now” maka akan langsung diarahkan ke halaman “domain renewals”. 

Di menu “domain renewals” bizzie akan diberikan banyak pilihan domain. Bizzie bisa langsung saja memberikan “tanda centang” pada domain yang ingin di lakukan perpanjangan masa aktifnya. Untuk mengaktifkan “tanda centang” bizzie bisa memberikan klik pada kotak yang berada di sebelah kanan. 

Pada halaman “domain renewals” bizzie akan diberikan rincian mengenai sisa waktu hingga tanggal kadaluwarsa domain tersebut. Untuk melakukan perpanjangan domain bizzie bisa memilih selama satu tahun sampai dengan sepuluh tahun. 

Setelah bizzie memilih durasi perpanjangan untuk langkah selanjutnya bizzie bisa memberikan klik pada “order now”. Untuk cara memperpanjang domain satu ini bizzie harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang dimiliki. 

Baca Juga :  10+ Alasan Mengapa VPS Dewabiz Terbaik

5. Melengkapi Pesanan Domain 

Cara memperpanjang domain selanjutnya bizzie akan diberikan ringkasan secara detail mengenai perpanjangan domain. Biaya pembayaran tersebut meliputi Management dan harga perpanjangan domain. 

Bizzie akan diberikan waktu untuk melakukan pengecekan ulang mengenai rincian biaya yang harus di bayarkan. Pada saat sudah benar bizzie bisa langsung memilih metode pembayaran. Untuk metode pembayaran bisa memilih menggunakan bank BCA, Mandiri, , Instand dan lain-lain. 

Pilih salah satu metode pembayaran yang bizzie miliki. Setelah memilih bizzie bisa langsung memberikan klik pada tulisan “complete order”. Tulisan tersebut berada di bagian bawah sebelah kiri. 

6. Melakukan Pembayaran 

Cara memperpanjang domain paling akhir adalah bizzie harus melakukan pembayaran. Untuk melakukan pembayaran bizzie harus menunggu beberapa saat sampai dengan mendapatkan “proforma invoice”. 

Proforma Invoice merupakan dokumen yang berisikan mengenai tagihan sementara dalam melakukan transaksi jual beli. Selain itu, pada proforma invoice akan dijelaskan secara rinci mengenai barang maupun jasa yang sudah dibeli. 

Pada saat bizzie sudah melakukan pembayaran sesuai dengan nominal pada proforma invoice maka akan mendapatkan invoice resmi. Di dalam invoice resmi akan dikatakan bahwa bizzie sudah melakukan pembelian dan pembayaran sesuai dengan perintah yang sudah disebutkan di cara memperpanjang domain sebelumnya. 

Semua transaksi yang di lakukan pada situs penyedia domain bizzie akan dikenakan biaya adminstrasi. Untuk biaya administrasi yang harus di bayar mulai dari Rp.100,00 sampai dengan Rp.1.000,00. 

Melakukan perpanjangan domain tidak harus dilakukan pada saat hari H. Bizzie bisa melakukan perpanjangan di hari-hari yang mendekati pada tanggal kadaluwarsa. Ketika sampai terjadi lupa untuk melakukan perpanjangan maka domain yang bizzie gunakan bisa hilang. 

Nah,mudah bukan cara memperpanjang domain yang sudah di jelaskan secara jelas di atas. Semoga dapat membantu bizzie yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut. 

Baca Juga Artikel Berikut : Tutorial Menambah Add-on Domain di CPanel Paling Lengkap