fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

cPanelHostingVPS

Cara Install SSL Di Hoting dan Manual

Yanti puspita

SSL adalah teknologi yang menjaga koneksi internet tetap aman dan melindungi informasi sensitif yang dikirim antara dua sistem yang berjalan.

Saat ini, sebagian besar situs web di Internet sudah menggunakan SSL, meskipun sejak Juli 2018 browser Chrome menandai situs web tanpa enkripsi SSL sebagai “tidak aman”.

Terkait dengan dunia tuan rumah. SSL dapat diinstal di hosting dengan menginstal SSL di hosting cPanel atau menginstal di VPS. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menginstal SSL di VPS yang menjalankan server web Apache. 

Cara Install SSL di Hosting

Setelah berhasil mengaktifkan SSL dan mendapatkan CSR, Private Key, CRT dan CABUNDLE, kini saatnya cara instal SSL di hosting. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan antara lain:

1.      Pilih menu SSL

Untuk menginstal SSL, ketik “cPanel Hosting”, ketik “SSL” di form pencarian dan klik menu “SSL/TLS”. Untuk mengetahui cara login ke cPanel, baca Cara login ke hosting cPanel.

2.      Masukkan kunci pribadi

  • Jika sudah berhasil masuk tinggal klik Private Keys,
  • Maka Anda perlu menyalin kunci pribadi/Private Keys dari sebelumnya dan menempelkannya ke bagian Unduh Kunci Pribadi. Pada bagian Description isikan nama domain dan jangan lupa klik Save.

3.      Pilih Kelola SSL

cPanel Hosting memungkinkan Anda menginstal SSL secara otomatis. Jadi anda tinggal mengetikkan CRT dan CABUNDLE. Anda tidak memerlukan pengaturan tambahan. Klik Manage SSL sites/Kelola Situs SSL.

4.      Instal SSL

  • Untuk menginstal SSL, Anda perlu menyediakan CRT, CABUNDLE, dan Private Key/kunci pribadi. Anda dapat memasukkan CRT secara manual di kolom Sertifikat (CRT). Scroll terlebih dahulu. Kemudian, di bagian Domain, pilih nama domain yang akan dipasang SSL. Jika Anda memasukkan CRT di kolom Sertifikat. Kemudian klik “Isi otomatis dengan sertifikat”. Maka CRT, CSR dan CABUNDLE akan terisi secara otomatis.
  • Kemudian klik Instal Sertifikat untuk melanjutkan instalasi SSL.
  • Ini sedikit berbeda jika Anda melakukan konfigurasi SSL yang berbeda. 

Cara Install SSL Manual

  • Unduh sertifikat SSL Manager dan simpan file .crt di tempat yang mudah ditemukan jika Anda belum menginstalnya.
  • Buka halaman DewaBiz.
  • Pilih “Web Hosting” dan kemudian “Kelola” untuk akun cPanel tempat Anda memasang SSL.
  • Pilih administrator cPanel.
  • Di bagian Keamanan, pilih SSL/TLS. Di bawah Sertifikat (CRT), pilih Buat, lihat, kirim, atau hapus sertifikat SSL.
  • Pada bagian upload Sertifikat Baru, klik Pilih File dan telusuri file .crt
  • Pilih file, lalu klik Buka.
  • Jika perlu, masukkan deskripsi sertifikat di kotak teks deskripsi.
  • Pilih Unggah Sertifikat. Saat Anda menerima konfirmasi bahwa sertifikat telah di simpan, pilih Kembali.
  • Pada bagian bawah halaman Sertifikat SSL, pilih Kembali ke Pengelola SSL.
  • Di bawah Kelola situs SSL, pilih Instal dan kelola SSL untuk situs Anda (HTTPS).
  • Di bawah Telusuri Sertifikat, pilih Instal SSL Situs Web.
  • Pilih sertifikat yang ingin Anda aktifkan dan pilih Terapkan sertifikat. Fungsi ini secara otomatis mengisi bidang sertifikat.
  • Pada bagian bawah halaman pilih “Instal Sertifikat”.
  • Nantinya akan muncul di jendela pop-up berhasil terinstal. Pilih Oke.

Sertifikat di instal! Sekarang Anda perlu mengarahkan pengunjung ke versi aman situs web Anda dengan mengarahkan mereka ke HTTPS. 

Kegunaan Instal SSL

Memasang sertifikat SSL di situs web Anda menawarkan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat SSL:

1.      Tingkatkan reputasi situs web

Jika URL situs Anda masih menggunakan protokol HTTP, Google akan secara otomatis menampilkan peringatan “Tidak Aman” setiap kali pengunjung mengunjungi situs Anda.

Seperti log in dan password, formulir serta informasi pribadi serta akun yang di punya. Nantinya Google secara tidak langsung memaksa pemilik situs web untuk melindungi dan mengenkripsi informasi di internet.

2. Amankan transmisi data di situs web

Keuntungan menggunakan sertifikat SSL yang berbeda adalah data lebih aman dengan enkripsi SSL. Pertukaran data antar laptop Anda dan laptop pengunjung situs web terlindungi oleh kunci publik dan kunci pribadi. Selain itu, tag kunci dan HTTPS membantu pengunjung biasa menggunakan situs Anda dengan lebih aman.

3. Tingkatkan kualitas SEO

Satu di antara faktor yang sangat berpengaruh positif terhadap kualitas SEO yakni penggunaan SSL pada website.

Sejak 2014, perusahaan Google telah menerapkan algoritme yang lebih memilih situs web terenkripsi SSL daripada situs web yang tidak di lindungi SSL.

SSL hanyalah salah satu dari banyak faktor SEO Google, tetapi selalu merupakan ide bagus untuk mengaktifkannya. Selain itu, SSL gratis sekarang tersedia.

Kesimpulan

Karena sertifikat SSL penting, kami sarankan untuk segera tau cara install SSL/TLSseperti diatas. Ini meningkatkan reputasi situs web Anda di mata Google dan pengunjung situs web.

Tak hanya itu saja, website yang punya sertifikat SSL juga memiliki potensi lebih tinggi untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian Google. 

Dan yang terakhir pula tak kalah penting yakni transmisi data di website Anda menjadi lebih aman, karena semua aktivitas data terenkripsi dengan aman. 

Baca Juga