fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Cara Membatasi Kecepatan Wifi Indihome 100% Berhasil, Terbaru!

Rianda

Bagaimana cara membatasi kecepatan wifi Indihome untuk membuat koneksi lebih stabil? Pada umumnya untuk terkoneksi dengan Internet mengandalkan perangkat wifi. Salah satu penyedia layanan wifi yang memiliki banyak pengguna di Indonesia dan mampu menjangkau banyak daerah adalah Indihome. Namun seringkali terdapat kendala pada wifi Indihome.

Salah satu kendala yang ditemui adalah banyaknya pengguna yang terhubung dalam waktu yang bersamaan. Hal ini membuat bandwith kecepatan internet tidak terbagi dengan merata dan koneksi yang dihasilkan pun menjadi tidak stabil. Maka dari itu simak ulasan tentang cara membatasi kecepatan wifi terbaru berikut:

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membatasi kecepatan wifi Indihome adalah dengan menggunakan router tp-link. Sebelum masuk ke pengaturan login di alamat IP 192.168.0.1 terlebih dahulu untuk masuk. Jika sudah masuk ke halaman dashboard masuk ke menu DHCP dan pilih menu DHCP client.

Pada halaman DHCP client akan tampil semua IP yang menggunakan wifi Indihome. Catat IP yang akan dibatasi kemudian masuk ke halaman Bandwidth Control dan pilih menu Rule List. Lalu isi kbps batasan kecepatan pengguna pada kolom egress bandwidth dan ingress bandwidth. Jika sudah klik save, dan selesai.

2. Menggunakan Router Huawei

Selanjutnya, cara membatasi kecepatan WiFi IndiHome kedua yang bisa digunakan untuk membatasi kecepatan wifi Indihome yaitu menggunakan router Huawei. Berbeda cara dengan cara sebelumnya cara kedua lebih simple dan tidak memakan waktu lama. Pertama masuk ke halaman browser dan login di halaman 192.168.100.1. dengan akun dan pass wifi Indihome.

Jika sudah, masuk ke menu WLAN. Kemudian pilih WLAN Advanced Configuration. Tak berselang lama akan muncul tampilan Advanced Configuration untuk mengatur dan membatasi kecepatan wifi Indihome. Setting sesuai kebutuhan, jika sudah klik apply dan selesai.

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan router D-Link. Langkah pertama tidak berbeda dengan cara sebelumnya, yaitu melakukan login terlebih dahulu melalui halaman browser. Kemudian ketikkan IP router 192.168.0.1 lalu pilih status. Lalu pilih Client Table dan tak lama kemudian akan muncul halaman IP pengguna wifi Indihome.

Langkah selanjutnya catat IP yang akan dibatasi kecepatannya. Kemudian pada traffic control pilih menu advanced. Lalu masukan alamat IP yang akan dibatasi kecepatannya dengan cara klik add. Atur sesuai dengan kebutuhan dengan mengisi kolom up floor dan down ceiling. Jika sudah, klik add rules dan selesai.

4. Menggunakan Router Tenda

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membatasi kecepatan wifi Indihome adalah menggunakan router tenda. Cara pertama masih sama, yaitu dengan login pada halaman browser di alamat 192.168.0.1 dan masukan akun wifi Indihome.

Kemudian pilih menu advanced dan DHCP List lalu lakukan pengaturan pada alamat IP yang akan dibatasi kecepatannya. Lalu masuk ke menu QOS pada bagian bandwith control. Lalu masukan alamat IP yang akan dibatasi kecepatannya pada halaman IP Address dan selesai.

5. Menggunakan Modem ZTE

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membatasi kecepatan wifi Indihome adalah dengan menggunakan modem ZTE. Masuk pada halaman browser dan kunjungi halaman http://192.168.1.1.

Lalu login menggunakan akun wifi Indihome. Kemudian masuk ke menu Network dan pilih menu Multi-SSID Setting. Kemudian geser SSID dan ubah pengaturan nama pada SSID menjadi ‘General wifi’.

Pada bagian Priority, pilih default di angka 0 lalu submit. Pada bagian Security pilih menu SSID kembali, ganti dengan SSID1. Lalu ubah password wifi dengan melakukan pengaturan pada bagian WPA Passphrase di bagian WPA Encryption, jika sudah klik submit. Masuk ke menu bandwith range dan sesuaikan kecepatan berdasarkan IP yang dipilih.

Demikian penjelasan singkat tentang cara membatasi kecepatan wifi Indihome. Cara ini bisa dilakukan untuk membuat koneksi wifi Indihome lebih stabil. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan rutin melakukan pergantian password wifi Indihome.

Baca Juga