fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

cPanel

Ketahui Cara Melihat Versi PHP di cPanel untuk Mengetahui Performa Website

Rianda

Bagi yang ingin mengetahui performa website apakah sesuai dengan hosting dan script biasanya dapat dilakukan melalui bahasa skrip (PHP). Inilah mengapa dalam pembahasan kali ini cara melihat versi PHP di cPanel akan dituliskan secara detail.

Dengan memahami bagaimana cara melihat versi PHP maka memungkinkan pemilik website untuk melakukan pembaruan. Langsung saja, simak uraian singkat berikut agar segera mengetahuinya.

Langkah Mengecek Versi PHP cPanel

Ada sejumlah langkah yang kiranya bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengecek atau melihat versi PHP pada website. Berikut detail langkah yang dapat diambil:

  • Masuk ke hosting cPanel. Langkah awal adalah masuk ke hosting cPanel lewat username dan password.
  • Klik menu File. Langkah kedua klik menu File lalu cari File Manager untuk melanjutkan langkah.
  • Buat file phpinfo.php. Langkah ketiga dilakukan dengan menekan opsi public_html kemudian klik (+File) yang disusul Create New File.
  • Edit file phpinfo. Setelah membuat file phpinfo maka kopi & tempel kode berupa “<?php lalu phpinfo(); lalu ?>”, catatan: tanpa tanda petik dan kata hubung. 
  • Simpan kustomisasi. Apabila sudah melakukan kustomisasi atau pengeditan, silahkan simpan dengan menekan opsi Save Changes kemudian upload lewat FTP Client.
  • Buka browser. Langkah selanjutnya, buka browser pada perangkat masukkan nama domain pribadi beserta phpinfo.php.
  • dan Lihat informasi versi PHP. Langkah akhir, coba perhatikan informasi yang keluar di tampilan yang mana itu merupakan informasi versi PHP beserta hosting.

Keluarnya informasi versi PHP, menandakan cara melihat versi PHP di cPanel selesai dilakukan. Umumnya tertera mulai sistem operasi, perintah konfigurasi hingga additional file. Untuk yang membutuhkan kustomisasi lain dapat mengklik tombol CTRL plus F.

Langkah Alternatif Mengecek Versi cPanel

Cara mengecek versi PHP tidak hanya terbatas dengan langkah yang sudah dijabarkan. Ada pula alternatif yang dapat dilakukan, seperti opsi Select PHP Version dan Multi PHP Manager.

Untuk opsi yang pertama, lakukan login terlebih dahulu ke dalam cPanel dengan username dan password. Kemudian gulir agar dapat menemukan tautan Select PHP Version yang ada di menu Software.

Setelah mengklik tautan Select PHP Version maka akan muncul informasi ekstensi PHP. Sementara untuk opsi yang kedua dapat dengan Multi PHP Manager yang bisa menampilkan status versi dan nama domain.

Khusus untuk PHP Manager, keterangan (Inherited) memperlihatkan keaktifan menu PHP Selector. Pemilik dapat memilih ingin menerapkan cara alternatif yang mana kalau-kalau tidak ingin menggunakan langkah pembuatan file phpinfo.php

Langkah Perbarui Versi PHP di cPanel

Apabila setelah melihat cara melihat versi PHP di cPanel dirasa ingin memperbarui sistem maka dapat mengambil langkah berikut. Silahkan ikuti dengan teliti agar tidak ada yang salah nantinya.

  • Masuk ke akun cPanel. Langkah awal, masuklah ke dalam akun cPanel pribadi lalu klik menu Software.
  • Klik opsi PHP Version. Langkah selanjutnya, klik opsi PHP Version kemudian tekan versi PHP yang tertarik untuk digunakan.
  • dan Klik opsi Set as current. Langkah terakhir, tekan opsi Set as current agar PHP yang diinginkan versinya bisa digunakan sebagai akses.

Pembaruan versi PHP dibutuhkan untuk menyiasati tidak optimalnya atau terkendalanya akses pada website. Kemudian dilakukan pula agar website dapat memiliki level aman yang baik dalam aktivitas yang dilakukan oleh pemilik.

Demikian cara melihat versi PHP di cPanel yang kira-kira dapat dilakukan, langsung saja pilih mana yang dirasa cukup mudah. Hanya, apabila cara utama (phpinfo.php) maupun alternatif masih sulit dipahami maka jangan ragu untuk menghubungi pihak layanan hosting.

Baca Juga