fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Cara Melihat History Pembelian Google Play dan Mengatasi Pembayaran Ditolak

Rianda

Saat ini pihak Google telah menyimpan jejak pembelian barang melalui Google Play, sehingga pengguna dapat mengecek aplikasi lama dan bisa mengunduhnya kembali. Lalu bagaimana cara melihat history pembelian google play serta cara mengatasi pembayaran yang ditolak?

Terkadang transaksi tidak dapat dilakukan karena beberapa hal. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan mudah. Semua history pembelian tersimpan dengan lengkap dan dapat langsung dibuka melalui aplikasi tersebut. Untuk dapat melihat history pembelian di Google Play simak penjelasan berikut ini:

Langkah Cara Melihat Riwayat Pembelian Google Play Di Android

Semenjak Google menyediakan fitur ini pengguna tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu ingin mengecek riwayat transaksi sebelumnya. Cara melihat history pembelian Google Play di android berbeda dengan di PC. Riwayat tersebut tidak dapat dilihat melalui layanan pembayaran Google di PC.

Jika ingin membuka riwayat pembelian, pengguna harus mengakses Google Play melalui website terlebih dahulu. Selain riwayat pembelian, Google Play juga menampilkan harga pembelian aplikasi dan pengguna dapat mengatur batas maksimal pengeluaran setiap bulannya. Untuk lebih jelasnya simak langkah cara berikut:

  • Langkah pertama yaitu masuk ke aplikasi Google Play Store. Aplikasi ini merupakan bawaan langsung dari android.
  • Selanjutnya klik profil yang terletak di bagian sudut kanan atas.
  • Apabila ingin mengubah akun klik menu pilihan. Pengguna dapat masuk ke akun lain yang sudah ditautkan sebelumnya.
  • Pada menu profil akan ada banyak opsi yang muncul seperti, My apps & games, Library, Play Protect dan lain sebagainya. Scroll ke bawah hingga muncul opsi “Payments and subscriptions” dan klik opsi tersebut.
  • Setelah masuk ke Payments and subscriptions berikutnya klik opsi “Budget and history”.
  • Semua daftar transaksi akan muncul secara otomatis. Scroll ke bawah untuk dapat melihat lebih banyak riwayat pembelian. History pembelian akan diurut berdasarkan tanggal transaksi. Jika ingin melihat lebih jelas, pengguna tinggal mengetuk ikon aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi Pembayaran Google Play yang Ditolak

Ada banyak penyebab kenapa pembayaran Google Play ditolak. Bisa jadi karena proses verifikasi yang tidak lengkap, saldo kurang atau mungkin Hp nya yang bermasalah. Saat mengalami masalah tersebut pengguna akan mencari penyebabnya lalu mencari cara agar masalah tersebut dapat teratasi.

Beberapa penyebab transaksi gagal yaitu kartu kredit yang terblokir, terdapat masalah pada akun Google, dan saldo yang tidak mencukupi. Untuk itu kedepannya pengguna harus lebih berhati-hati ketika ingin melakukan transaksi. Simak ulasan berikut untuk mengatasi pembayaran Google Play yang ditolak:

  • Cara yang pertama yaitu dengan memperbaiki masalah pada profil pembayaran. Pastikan alamat penagihan sama dengan alamat yang tertera pada setelan pembayaran Google. Apabila alamatnya berbeda silahkan perbaiki alamat pembayaran di Google dan melakukan transaksi ulang.
  • Selanjutnya yaitu dengan mengecek kartu kredit atau metode pembayaran lain yang digunakan. Jika sudah tidak berlaku, datangi Bank terdekat dan lakukan pembaruan kartu kredit untuk dapat melakukan transaksi.
  • Restart ulang android. Terkadang android yang terlalu sering digunakan menyebabkan penumpukan cache sehingga kinerjanya menurun. Hal tersebut dapat membuat sistem lainnya ikut terganggu.
  • Berikutnya yaitu dengan mengisi ulang kartu kredit atau debit. Salah satu penyebab transaksi ditolak adalah saldo yang tidak mencukupi. Maka dari itu silahkan isi saldo dan lakukan transaksi kembali.
  • Cara yang terakhir yaitu dengan mengganti metode pembayaran yang digunakan. Ada banyak metode pembayaran yang telah disediakan pihak Google seperti ShopeePay, DANA, penagihan Telkomsel dan lain sebagainya. Pilih salah satu metode tersebut untuk dapat melakukan transaksi.

Itulah tadi langkah cara melihat history pembelian Google Play serta cara mengatasi pembayaran yang ditolak. Melihat riwayat transaksi merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Apabila transaksi gagal silahkan coba cara diatas untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga