fbpx

Cara Melakukan Transfer Domain Dengan Langkah yang Mudah

Tahap kerap kali membuat siapa saja merasa bingung. Perlu Anda ketahui bahwa cara melakukan transfer tak sama dengan tahap pindah atau ganti . Lalu apakah Anda termasuk salah seorang yang kerap merasa bingung saat harus melakukan tahap untuk transfer domain? Terdapat beberapa alasan penting yang membuat langkah-langkah atau prosedur dalam transfer domain dibuat cukup panjang.

Salah satu alasannya adalah lantaran masalah di bidang keamanan. Seyogyanya domain diibaratkan property milik Anda. Pastinya Anda ataupun siapa saja juga tak mau property berharga dapat dengan mudah berpindah kepemilikan. Oleh sebab itulah dibuat serangkaian tahapan guna mengamankan tahap transfer domain tersebut. Sehingga hanya pemilik domain asli saja yang benar-benar memindahkan domain ke pihak lain dan buka orang yang tak bertanggung jawab.

Inilah Cara Melakukan Transfer Domain Termudah

Sebelum Anda menerapkan cara melakukan transfer domain, pastikan terlebih dahulu memenuhi persyaratan yang berlaku. Adapun persyaratannya antara lain:

  • Usia domain milik Anda minimal 60 hari sebelum melakukan tahap transfer.
  • Batas maksimum usia domain selama 30 hari sebelum masa expired.
  • Terdapat APP Code yaitu kode unik domain yang berupa gabungan antara huruf, karakter dan angka.
  • Domain milik Anda dalam keadaan unlock.
  • Adapun untuk TLD pada domain Indonesia, membutuhkan persyaratan tambahan seperti fotokopi KTP, akta PT dan SIUP atau merk dagang. Sehingga kali pertama dalam cara melakukan transfer domain yang harus Anda lakukan sebelum melakukan adalah bertanya kepada penyedia untuk memastikan persyaratannya.

1. Mentransfer Domain dengan Mudah

Apabila Anda sudah yakin semua persyaratan di atas telah terpenuhi maka berikutnya ikuti cara melakukan transfer domain dengan mengikuti tahapan berikut ini:

  1. Tahap pertama, silahkan Anda akses halaman registar baru selaku penyedia domain pilihan.
  2. Kemudian Anda dapat mengetuk menu bernama Domain & License lalu lanjutkan dengan tekan Domain ID atau Domain TLD.
  3. Berikutnya gulir layar ke bawah kemudian memilih salah satu ekstensi domain yang inign Anda pindah ke register baru. Selanjutnya tekan .
  4. Langkah berikutnya nantinya muncul tampilan halaman berupa order domain. Anda dapat mengisikan terlebih dahulu nama domain yang hendak dipindahkan ke kolom bernama Tambah Domain lalu cari. Sesudah itu nantinya tampil Tombol Transfer Domain.
  5. Selanjutnya dalam cara melakukan transfer domain, silahkan isi domain Anda serta EPP Code. Agar bisa mengetahui kode EPP domain milik Anda silahkan tanya kepada provider domain yang lama. Jika Anda sudah tahu tentang EPP Code domain, silahkan isikan apda bagian EPP Code lalu tekan Submit.
  6. Sesudah domain Anda nantinya masuk ke bagian keranjang, Anda sudah bisa melanjutkan ke tahap pembayaran dengan cara tekan Bayar Sekarang.
Baca Juga :  Pengertian Tentang Search Engine Marketing

Baca Juga Berikut : 5 Cara Mencari Aged Domain Kualitas Terbaik

2. Langkah-langkah Dalam Tahap Transfer Domain

Selain menggunakan langkah di atas, Anda bisa mengikuti cara melakukan transfer domain di bawah ini agar dapat mentransfer domain ke provider baru. Caranya sendiri antara lain:

  1. Pertama pada registar lama milik Anda, harap agar bisa mendapatkan EPP Code serta membuka unlock domain yang hendak ditransfer.
  2. Selanjutnya lakukan Order Transfer Domain kepada provider yang baru, silahkan tanya kepada admin penyedia layanan tersebut. Sesudah order Anda provider terima, pihaknya akan mengirimkan berupa konfirmasi order ke alamat email yang telah ditentukan. Selain itu EPP Code yang dibutuhkan guna melakukan tahap transfer domain sudah mesti Anda sediakan kepada provider pada tahap satu ini. 
  3. Saat provider melanjutkan cara melakukan transfer domain, nantinya sistem mengirimkan email approval menuju email administrative domain yang bersangkutan. Apabila email approval karena satu atau lain hal tak dapat dikirimkan atau tak diterima otomatis tahap transfer gagal.
  4. Kalau email approval sudah berhasil diterima, otomatis pihak administrative domain yaitu pemilik ataupun pengurus domain yang bersangkutan harus membuka pesan email approval itu. Kemudian Anda harus menyetujui tahap transfer domain sesuai berdasarkan apa yang ada dalam email approval itu.

Sebagai informasi, tahap email approval ini harus Anda lakukan dalam kurun waktu 5 hari, kalau tidak maka tahap transfer domain pun secara otomatis dibatalkan.

  1. Apabila domain Anda masih dalam kondisi terkunci atau locked, otomatis tahap transfer pun dibatalkan. Namun jika tidak, maka tahap transfer domain pun secara otomatis dilanjutkan.
  2. Jika domain milik Anda dalam kondisi aktif atau OK, maka tahap transfer nantinya dilanjutkan. Pada cara melakukan transfer domain ini, pihak registry dapat melangsungkan penolakan terhadap tahap registrai domain. Tetapi demikian kasus penolakan seperti ini begitu sangat terjadi dan Anda dapat dengan aman berasumji jika domain telah berhasil diregistrasikan.
  3. Selanjutnya register lama Anda nantinya mengirimkan pesan email approval yang kedua. Isi pesan tersebut menanyakan apakah Anda ingin membatalkan tahap transfer domain itu. Apabila Anda membatalkannya otomatis tahap transfer domain pun tak jadi dilakukan. Namun kalau Anda mengabaikan email ini, maka tahap domain harus telah selesai dalam waktu 5 sampai 7 hari.
Baca Juga :  Kekurangan Menggunakan Layanan Hosting Gratis

Penting untuk diingat kalau tahapan dalam cara melakukan transfer domain ini register lama atau Anda kembali mengunci domain itu otomatis tahap transfer nantinya gagal.

  1. Setelah itu semua tahapannya pun selesai, kini domain milik Anda sudah berhasil dikirim ke account dalam provider baru.

Demikianlah cara melakukan transfer domain ke provider baru yang mudah. Apabila mengalami kesulitan silahkan hubungi pihak terkait untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Mengubah Domain dan Permalink Termudah