fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

SEOWebsite

Mengetahui Cara Kerja Dari Seo On Page

Yanti puspita

Cara kerja dari Seo On Page – Sebuah upaya mengoptimalkan website agar mudah di temukan di mesin pencari adalah tugas dari SEO. SEO ini juga merupakan salah satu saluran pemasaran digital yang dapat memengaruhi bisnis perusahaan.

Bukan hanya sekedar mencari trafik, namun di beberapa perusahaan, SEO merupakan channel yang paling banyak menyumbang konversi (pembelian, transaksi, lead, dll) di bandingkan dengan channel berbayar.

Namun, ingatlah bahwa SEO ini memiliki hasil jangka panjang. Bagi Anda yang ingin menerapkan teknik SEO, penting untuk memahami cara kerja dari Seo On Page, cara optimasi dan jenis-jenis SEO yang ada. Jika Andaa masih bingung ingin memulainya dari mana, penjelasan berikut mungkin akan membantu Anda.

Mengenal Lebih Jauh Cara Kerja SEO On-Page Di Website Anda

Cara kerja dari Seo On Page adalah dengan mengoptimalkan website Anda agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Sebagai pemilik website, tentu Anda harus memastikan bahwa teknik SEO di terapkan dan di ptimasi dengan benar agar mesin pencari melihat website Anda sebagai hasil pencarian terbaik yang di hasilkan oleh pengguna atau pelanggan.

Google, Bing, dan mesin pencari lainnya menentukan yang terbaik berdasarkan algoritme tertentu. Algoritma itu sendiri adalah sistem peringkat yang dibuat oleh mesin pencari. Salah satu algoritma yang di kenal adalah relevansi konten.

Maka untuk memastikan teknik SEO Anda berjalan dengan baik, pastikan konten yang Anda buat relevan dengan kata kunci yang Anda targetkan. Selain itu, ini juga sesuai dengan ceruk bisnis Anda.

Cara Mengoptimalkan Cara Kerja Dari SEO On Page

Usai mengetahui cara kerja dari SEO On Page seperti yang telah di jelaskan di atas, kini Anda akan di kenalkan pada cara mengoptimalkan cara kerja dari SEO On Page untuk website Anda.

Tampilkan Kata Kunci Di Paragraf Pertama

Paragraf pertama menjelaskan keseluruhan isi artikel. Jadi, ingatlah untuk selalu memasukkan kata kunci di paragraf pertama. Jika memungkinkan, gunakan kata kunci untuk memulai kalimat pertama paragraf pertama agar cara kerja dari Seo On Page ini bisa di terapkan di konten Anda.

Gunakan Heading Dalam Artikel

Menerapkan heading memudahkan pembaca untuk menelusuri artikel, terutama jika mereka tidak punya waktu untuk membacanya. Misalnya, seseorang yang mencari arti SEO on-page dapat dengan mudah menemukannya di bawah judul “Apa itu SEO on-page?” dalam artikel.

Tidak hanya untuk pembaca, penggunaan judul juga memudahkan Google untuk memahami isi dari setiap bagian artikel. Jika konten Anda dapat dengan cepat menjawab pertanyaan atau masalah pengguna, maka ini akan mendukung peluang besar bagi Google  untuk menampilkan konten Anda di SERP bagian teratas.

Jangan Lupakan Internal Dan Outbound Link

Jika dijelaskan, tautan internal adalah tautan ke halaman lain di situs web yang sama. Sedangkan outbound link juga mengarahkan pembaca ke alamat URL lain, tetapi di situs web yang berbeda. Menambahkan outbound link ini dapat memberikan konteks dan mengarahkan ke sumber tepercaya untuk konten artikel.

Sedangkan internal linking mengajak pembaca untuk membaca artikel lain di website yang sama untuk menambah pengetahuan tentang topik tersebut.

Mengoptimalkan URL

Dalam praktek dan cara kerja dari Seo On Page, URL tidak bisa diletakkan sembarangan. Untuk mengoptimalkan teknik SEO ini, URL harus menyertakan kata kunci utama artikel.

Lengkapi Dengan Deskripsi Meta

Deskripsi meta adalah tag HTML yang memiliki peran meringkas konten. Melalui meta desc ini, pembaca bisa mendapatkan gambaran umum artikel sebelum membaca keseluruhannya. Google juga akan menggunakannya untuk memahami konten Anda.

Tambahkan Gambar atau Video

Selain konten tertulis, lengkapi website Anda dengan konten visual seperti gambar atau video. Namun ingat, usahakan agar ukuran konten visual tidak terlalu besar agar website tidak menjadi “berat” saat pengunjung mengaksesnya. Sebaiknya batasi setiap gambar hingga maksimum 100 kb.

Perhatikan Panjang Konten

Kenyataannya, tidak ada patokan pasti jumlah kata yang harus dituliskan dalam konten. Idealnya, ini tergantung pada kata kunci yang Anda targetkan. Kata kunci A membutuhkan konten hingga 2000 kata, tetapi konten untuk kata kunci B cukup berkembang menjadi 500 kata.

Namun, untuk mempermudah, Anda dapat melihat konten dari situs web pesaing. Simak konten dari ketiga website yang muncul di hasil pencarian di atas. Anda dapat membuat konten yang sama atau lebih panjang dari konten pesaing Anda.

Tingkatkan Kecepatan Halaman Situs

Cara kerja dari Seo On Page tidak hanya terkait dengan konten tertulis dan aset visual, tetapi juga kecepatan halaman situs web Anda. Singkatnya, kecepatan halaman merujuk pada kecepatan loading sebuah website hingga konten ditampilkan kepada audiens.

Apabila memakan waktu lama, pengunjung mungkin lebih suka pergi ke situs lain untuk menyelesaikan pencariannya. Secara keseluruhan, kecepatan halaman yang ideal untuk mendapatkan peringkat teratas Google adalah tiga detik. Cara meningkatkan kecepatan halaman situs mencakup beberapa langkah, seperti mengoptimalkan kode dan menggunakan thumbnail.

Jenis – Jenis SEO

Selain mengetahui cara kerja dari Seo On Page serta bagaimana cara ptngoptimalannya, kini Anda setidaknya harus tahu empat jenis SEO yang harus di optimalkan. Hal ini karena semua jenis berikut ini merupakan satu kesatuan yang saling mendukung dan menentukan apakah website Anda dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencari.

SEO On Page

SEO On Page adalah jenis SEO yang berhubungan dengan internal website, artikel atau konten yang terdapat pada website. Yang menjadi fokus SEO On-Page adalah bagaimana konten yang Anda buat memiliki informasi yang bermanfaat bagi pelanggan/pengguna dan selalu relevan dengan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan judul, heading 1, heading 2, heading 3, meta description, optimasi gambar, struktur URL, internal link, hingga kecepatan website Anda. Elemen-elemen ini harus terus dioptimalkan dalam cara kerja dari Seo On Page di website Anda.

SEO Off-Page

Berbeda dengan cara kerja dari Seo On Page yang berfokus pada website internal (artikel atau konten), SEO Off-Page berfokus pada website eksternal. Setelah website Anda sudah teroptimasi secara internal, Anda perlu mendapatkan pengakuan dari website lain bahwa website Anda memang merupakan website dengan konten yang berkualitas dan informatif.

Salah satu cara untuk mendapatkan SEO Off-Page ini adalah dengan backlink. Secara sederhana, backlink adalah tautan yang ditempatkan oleh pemilik situs web lain di situs web Anda. Dengan begitu, search engine bot akan mengetahui bahwa ada website lain yang merekomendasikan website Anda.

SEO Teknis

SEO teknis adalah jenis SEO yang sama pentingnya. Di sini Anda akan menentukan apakah bot mesin pencari diizinkan merayapi dan mengindeks situs web Anda.

SEO Lokal

SEO Lokal adalah cara mengoptimasi website Anda agar mudah ditemukan oleh mesin pencari di area atau lokasi terdekat dengan Anda. Untuk melakukan SEO ini, Anda perlu mendaftarkan bisnis Anda di Google Profil Bisnis (sebelumnya Google Bisnisku). Selain itu, Anda juga harus melakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang cara kerja dari Seo On Page, cara pengoptimalannya serta jenis-jenis SEO lain yang perlu Anda ketahui saat menerapkan teknik SEO ini.

Baca Juga