fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

WordpressWebsite

12 Cara Jitu Blog Muncul di Halaman Pertama Google

Yanti puspita

Cara jitu blog muncul di halaman pertama Google – Mesin pencari seperti Google di anggap sebagai kotak hitam yang mengeluarkan peringkat pencarian untuk situs web dan blog berdasarkan perhitungan rahasia dan misterius.

Ada yang menggunakan jasa ahli SEO untuk mengelabui Google agar website mereka mendapat ranking tinggi di Google.

Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda juga bisa membuat blog Anda muncul di bagian atas Google atau di halaman pertama hasil pencarian bahkan tanpa jasa ahli SEO.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetahui cara jitu blog muncul di halaman pertama Google yang akan di jelaskan berikut ini.

Rekomendasi 12 Cara Jitu Blog Muncul Di Halaman Pertama Google

Muncul di alam pertama Google memungkinkan situs web bisnis Anda memiliki visibilitas yang lebih tinggi.

Hal ini dapat meningkatkan traffic kunjungan Anda sehingga tujuan website Anda dapat tercapai baik itu untuk branding, marketing, ataupun transaksi.

Nah, berikut ini adalah cara jitu blog muncul di halaman pertama Google yang bisa Anda lakukan selain dengan mengoptimalkan kata kunci.

1.      Periksa Kecepatan Situs Web

Kecepatan situs web adalah salah satu faktor peringkat situs web. Oleh karena itu, cara jitu blog muncul di halaman pertama Google yang pertama adalah meningkatkan kecepatan loading situs.

Ada berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan website Anda.

Pertama Anda bisa memastikan ukuran file yang mendukung halaman website tidak menghambat pemuatan halaman. Selanjutnya, Anda juga bisa mengompres ukuran file gambar yang akan di gunakan supaya ukurannya tidak terlalu besar.

2.      Pastikan Situs Web Anda Mobile Friendly

Aktivitas browsing melalui perangkat mobile semakin meningkat. Hampir dari 51% lalu lintas situs web di seluruh dunia berasal dari perangkat seluler.

Maka dari itu cara jitu blog muncul di halaman pertama Google yang selanjutnya adalah website Anda harus siap untuk pengunjung yang menggunakan smartphone dan tablet baik dari segi tampilan maupun kecepatan.

Selain itu, Google telah menentukan kecepatan memuat pada perangkat seluler sebagai faktor peringkat situs web.

3.      Buat Peta Situs

File yang mencantumkan semua halaman di situs web Anda umunya di sebut peta situs. Adanya peta situs ini juga bisa memuat semua informasi tentang halaman website Anda, termasuk kapan halaman terakhir direvisi, dan jenis konten apa yang di tampilkan.

Cara jitu blog muncul di halaman pertama Google ini penting untik di buat agar situs Anda terindeks atau muncul di hasil pencarian Google.

4.      Instal Sertifikat SSL

Komponen yang diperlukan untuk mengenkripsi transfer data yang terjadi di situs web umum di sebut SSL. Namun, penggunaannya tidak hanya dapat memberikan efek positif pada keamanan situs web Anda.

Google juga telah menetapkan penggunaan sertifikat SSL sebagai indikator peringkat situs web. Selain itu, banyak browser web terkenal menandai situs web sebagai “tidak aman” tanpa sertifikat SSL.

Jadi, cara jitu blog muncul di halaman pertama Google berikutnya adalah dengan menggunakan sertifikat SSL di website Anda.

5.      Integrasi Situs Web dengan Google Analytics

SEO Anda tidak lengkap tanpa Google Analytics. Hal ini karena Google Analytics ini memungkinkan Anda memantau kinerja setiap halaman di situs web yang Anda kelola.

Pengumpulan informasi ini tidak secara langsung memengaruhi peringkat situs web. Namun, Anda dapat menggunakannya sebaggai cara jitu blog muncul di halaman pertama Google dengan mengintegrasikan situs web Anda melalui Google analytics ini

6.      Gunakan Google Search Console

Selain Analytics, Google juga memiliki alat gratis lain yang dapat membantu Anda memahami kinerja situs Anda, yaitu Search Console.

Sebaliknya, Search Console membantu Anda memahami bagaimana kinerja situs web Anda dalam penelusuran Google.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Search Console untuk memasang peta situs dan menemukan keyword atau kata kunci yang tepat untuk website Anda. Oleh karena itu cara jitu blog muncul di halaman pertama Google yang ini patut untuk Anda coba.

7.      Riset Kata Kunci

Apabila website atau blog Anda tidak muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Maka salah satu kemungkinannya adalah karena konten atau halaman tersebut tidak memiliki kata kunci yang umum digunakan dalam mesin pencarian.

Oleh karena itu, cara ini bisa dilakukan dengan cara melakukan riset kata kunci sebelum membuat postingan atau konten blog untuk halaman website Anda.

8.      Buat Konten Lengkap dan Sesuai

Setelah penelitian kata kunci, saatnya untuk membuat konten Anda. Namun, Anda tidak bisa melakukannya sembarangan.

Dalam membuat sebuah konten, yang perlu di perhatikan adalah kesesuaian konten dengan maksud pencarian pembaca.

Dengan kata lain, konten juga harus memberikan jawaban yang diinginkan pembaca. Tapi bagaimana Anda mendefinisikan maksud pencarian tersebut?

Itu sebabnya SERP menjadi salah satu kriteria dalam riset kata kunci. Dengan begitu, Anda bisa membuat konten yang lebih komprehensif dan layak dibaca. Oleh karena itu cara ini layak untuk Anda coba saat membuat sebuah konten.

9.      Pengoptimalan Konten dengan Keyword

Permalink merupakan URL halaman situs web Anda. Adanya tautan ini adalah salah satu hal pertama yang di periksa algoritme Google saat  melakukan crawling di situs website yang Anda kelola.

Maka dari itu, permalink yang Anda gunakan harus memiliki kata kunci yang sesuai dengan konten yang Anda buat.

10.  Perhatikan Intensitas Kata Kunci Utama

Anda juga harus menggunakan kata kunci di seluruh konten Anda namun dengan intensitas penggunaan dan distribusi yang tepat.

Penggunaan kata kunci yang berlebihan dalam artikel atau halaman akan dianggap sebagai spam yang akan berdampak negatif pada peringkat situs.

11.  Gunakan Internal Link

Selain sitemap, cara lainnya adalah dengan menggunakan internal link. Internal link adalah tautan yang menghubungkan dua halaman di situs web.

Namun, Anda tidak bisa begitu saja menyisipkan tautan dari satu halaman ke halaman lainnya. Anda juga harus memastikan halaman yang saling ditautkan harus terkait.

12.  Jangan Lupa Inbound Link

Selain menggunakan internal link, ada juga caranya yaitu dengan memiliki banyak inbound link yang berkualitas. Inbound link adalah tautan ke halaman situs web atau konten di situs lain.

Tidak sembarang orang akan memberi Anda inbound link ini. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan link building atau membuat perjanjian dengan pemilik website lain untuk bertukar link dan menggunakan cara jitu blog muncul di halaman pertama Google ini.

Nah, itulah dia 12 cara jitu blog muncul di halaman pertama Google. Dengan menerapkan berbagai cara agar website Anda muncul di halaman pertama Google yang telah di jelaskan di atas, Anda selalu berpeluang mendapatkan posisi ranking tinggi di hasil pencarian.

Baca Juga