fbpx

9 Tips Menghindari Phising yang Bisa Dilakukan

Berbicara kejahatan yang patut diwaspadai salah satunya yaitu serangan phising. Kejahatan ini akan terjadi jika Anda dengan berani memberikan informasi pribadi secara , maksudnya penipuan dalam dunia internet. Maka dari itu dibutuhkan tips menghindari phising agar tidak dikenal oleh phising tersebut. 

Secara garis kerasnya phishing akan bekerja melalui beberapa media seperti iklan, ataupun yang mirip dengan situs yang telah Anda gunakan. Dan langsung meminta untuk mengkonfirmasi data pribadi, seperti nomor rekening bank. 

Hal itulah yang harus Anda perhatikan, jangan bagikan data pribadi Anda kepada siapapun melalui apapun dan dengan cara apapun. Biasanya phishing akan meminta beberapa data pribadi seperti tanggal lahir, nama gadis ibu, nomor kartu kredit, nomor rekening, nama pengguna dan sandi, PIN dan lain sebagainya. 

9 Tips Menghindari Phising yang Bisa Dilakukan

Untuk itu Anda perlu memperhatikan beberapa informasi mengenai tips menghindari phising agar terhindar dari pihak yang tidak bertanggung jawab atau kejahatan internet, yaitu:

1. Selalu Periksa dan Cermati Kontak Masuk Email

Pasti Anda sudah mempunyai email bukan? Karena email inilah yang menjadi salah satu alat penting agar bisa terhubung ke server manapun di dunia internet atau teknologi. Maka dari itu, jika Anda mendapatkan sebuah pesan jangan terlalu buru – buru untuk membalas atau mengikuti instruksinya. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu periksa dan cermati apakah pesan tersebut mencurigakan dengan mencari tanda – tanda adanya phishing. 

Biasanya tanda – tanda secara nampak seperti pesan yang memiliki subjek dramatis, penulisan ejaan yang terlalu banyak salah, penggunaan karakter yang berlebihan dan aneh, adanya tautan dalam email, ataupun pesan kotak masuk yang yang sumbernya tidak jelas. 

Baca Juga :  Apa Itu Inodes: Pengertian, Cara Cek, dan Mengatasi Inodes Penuh

2. Menggunakan Kata Sandi yang Berbeda

Tips menghindari phising selanjutnya yaitu dengan menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akunnya. Walaupun Anda menggunakan kata sandi sama namun sangat handal kolaborasinya, itu juga mempunyai nilai risiko untuk disusupi. Apalagi jika Anda tanpa sadar masuk pada situs phishing. 

Jadi, sangat penting untuk menggunakan kata sandi yang unik serta berbeda – beda disetiap akun atau aplikasi yang Anda punya. Jika Anda merasa kesulitan untuk mengingatnya, Anda bisa memanfaatkan pengaturan pengelolaan kata sandi. 

3. Menyiapkan Otentikasi Dua Faktor Untuk Melindungi Akun

Tips menghindari phising selanjutnya yaitu menyiapkan otentikasi dua faktor untuk melindungi akun. Karena biasanya kejahatan phising bertujuan untuk membajak akun. Dengan dua faktor otentikasi, penyerang phising yang akan masuk ke akun Anda akan bisa dihentikan dengan tindakan selanjutnya. 

Caranya pun cukup sederhana yaitu dengan menerapkan otentikasi dua faktor, seperti memerlukan code untuk verifikasi sementara baik berupa email, teks di aplikasi autentikator tersebut. 

4. Menggunakan Aplikasi atau Web yang Aman

Tips menghindari phising juga bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan aplikasi atau web yang aman digunakan. Dimana keamanannya dapat dipercaya, karena sekarang sudah hampir semua aplikasi dan web yang bertujuan baik mempunyai kekuatan penggunaannya masing – masing. Jadi, tidak ada salahnya untuk tips menghindari phising Anda lihat dari aplikasi dan web yang digunakan untuk jelajah. 

5. Mengganti Kata Sandi Secara Berkala

Ada baiknya Anda mengganti kata sandi secara berkala, hal itu dapat membantu Anda untuk mengamankan akun Anda dari kejahatan phising.

Baca Juga Berikut : Cara Memperpanjang Domain Dengan Mudah dan Cepat

6. Mengenali Akses Secara Mendalam

Tips menghindari phising selanjutnya yaitu dengan mengenali secara mendalam apa yang sedang diakses, baik itu semua konten website ataupun . Pastikan terlebih dahulu bahwa apa yang sedang Anda akses dalam tingkat keamanan yang ekstra secara ketentuan yang berlaku. 

Baca Juga :  3 Cara Memperpendek Link Mudah dan Praktis untuk Situs

Contohnya ketika Anda mengikuti giveaway, Anda harus mengenali bahwa giveaway tersebut tidak mengandung phising. Salah satu tandanya ketika Anda mendapatkan email phising giveaway dengan tujuan pengiriman hanya personal kepada Anda, terdapat ejaan tata bahasa yang digunakan.

7. Jangan Sembarang Klik

Tips menghindari phising selanjutnya yaitu dengan jangan sembarang klik. Jika Anda mendapatkan sebuah tautan atau lampiran alamat URL, ada baiknya jangan segera untuk mengklik. Cari tahu terlebih dahulu sumber pengirim tautan tersebut dengan menjawab pertanyaan apakah pengirim terpercaya atau tidak. 

Anda bisa menggunakan menggunakan laptop untuk mengetahui informasi tersebut, dengan cara mengarahkan kursor ke tautan dan Anda akan menemukan sebuah informasi dimana  sumber pengirim yang berada di bawah browser URL tersebut.

8. Coba Install Anti – Phishing Toolbar

Tips menghindari phising selanjutnya bisa Anda lakukan dengan mencoba install anti – phishing toolbar. Alat ini biasanya akan tersedia di browser peramban yang akan memuat informasi tentang situs yang Anda buka. Sekaligus bisa dijalankan secara cepat dalam pemeriksaan deteksi adanya sebuah ancaman yang berada dalam situs.

9. Lakukan Verifikasi Keamanan Situs

Tips menghindari phising selanjutnya bisa Anda lakukan dengan verifikasi keamanan situs. Situs yang dikatakan aman biasanya akan dimulai dengan adanya sertifikat keamanan yang bisa Anda lihat melalui URL nya yaitu bisa dimulai dari dan adanya icon gembok atau kunci yang tertutup di dekat URL tersebut. Dan jika ada peringatan pemberitahuan bahwa situs berbahaya, sebaiknya jangan buka situs tersebut.

Demikian informasi tips menghindari phising agar akun Anda selalu aman dan terkendali. Jangan berbagai data pribadi, jangan menekan link dari alamat email dan ada beberapa cara lainnya seperti yang dijabarkan di atas. Jadi, selalulah berhati – hati.

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Menambah Kapasitas Upload WordPress di Website