fbpx

Cara Agar Yoast SEO Hijau Semua

merupakan yang cukup populer saat ini. Banyak digunakan oleh blogger dalam mengelola konten untuk websitenya. Kemudahan dan banyaknya fitur yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri. Artikel yang dibuat melalui WordPres menjadi lebih padat serta rapi (enak dibaca).

Salah satu fitur yang bisa membuat artikel menjadi friendly adalah Yoast. Dalam fitur Yoast ini sendiri terdiri dari dua unsur, yaitu readability dan SEO. Symbol emoticon tersenyum akan langsung muncul jika Anda telah memenuhi syarat untuk mengubahnya menjadi hijau. Lalu bagaimana cara agar hijau semua? Jangan lewatkan ulasan berikut.

Focus Keyphrase

Pada kolom focus keyphrase, Anda harus menentukan frasa apa yang akan digunakan sebagai patokan. Pastikan untuk membuatnya singkat, padat, dan jelas (4 kata). Dalam menentukan fokus keyphrase ini jumlah katanya menang tidak boleh melebihi 4.

Key Phrase dalam Meta Description

Selanjutnya keyphrase juga penting untuk disematkan dalam meta description. Sebaiknya meletakan yang sudah dibuat sebelumnya agar berada di awal kalimat. Biasanya, meta descriptive ini mampu menggambarkan apa yang akan menjadi pembahasan dalam artikel. Usahakan untuk membuatnya jelas dan singkat.

SEO Width Title

Cara membuat yoast SEO hijau semua berikutnya adalah memastikan  udul yang digunakan tidak lebih dari 70 karakter. Dalam judul, Anda juga harus memasukan kata, kunci yang dimasukkan pada meta description tadi. Anda sebaiknya meletakkan key oharesenya pada awal kalimat agar Yoast bisa berubah warna menjadi hijau.

Text Contain Word

Berikutnya, hal penting yang harus diingat jika minimal kata yang harus dimasukkan adalah 300 kata. Jumlah ini adalah batas minimal dan batas maksimalnya tidak ditentukan. Jangan lupa untuk mengatur heading agar artikel enak dibaca dan tidak gendut saat dilihat.

Baca Juga :  6 Cara Memanfaatkan Optimasi SEO Off Page untuk Website Usaha

Alt Attribute

Membaca tanpa gambar rasanya memang agak membosankan ya. Juga gambar bisa menjadi penjelas ulasan yang sedang dibahas. Jadi, jangan lupa untuk memberikan alt attribute pada konten yang akan diunggah. Caranya yaitu, klik gambar yang akan digunakan lalu pilih edit. Sertakan text yang memperjelas gambar yang disisipkan.

Keyphrase Density

Idealnya, jumlah penyebutan keyword tergantung pada jumlah kata artikel yang telah dibuat. Jangan memasukkan keyword secara tidak natural dan terkesan memaksa. Umumnya, keyword ini wajib ada pada judul, paragraf pertama, tengah artikel, dan juga oneto.

 Keyphrase in Subheading

Selanjutnya cara agar Yoast SEO hijau semua adalah menempatkan keyword di subheading. Idealnya, artikel yang baik terdiri dari elemen subheading agar lebih runut dan saling terhubung. Semakin banyak jumlah kata yang digunakan, maka sebaiknya menggunakan beberapa subheading.

Biasa juga disebut dengan eksternal yang bertujuan untuk mengarahkan pengunjung ke lain. Saat ada yang menjunginsitus Anda, lalu mengklik link external ini, maka secara otomatis akan langsung diarahkan ke website terkait.

Merupakan kebalikan dari outbound. Mungkin Anda sudah tahu maksud dari lin satu ini. Biasa digunakan untuk mengarahkan pengunjung untuk membaca artikel lain yang ada pada website tersebut. Biasa ditandai dengan simbol “baca juga”.

Perhatikan Jumlah Kalimat Pasif dalam Artikel

Salah satu penyebab sinyal merah pada Yoast SEO adalah kalimat pasif yang jumlahnya banyak dalam artikel. Dalam hal ini, Anda Hanya boleh memasukkan kalimat pasif sebanyak 10%. Sedangkan untuk melihat apakah kalimat yang digunakan termasuk aktif atau pasif, bisa dengan melihat bagaimana struktur dari kalimat tersebut.

Jika terdapat imbuhan –di yang diikuti dengan kata maupun predikat, maka itu tergolong kalimat pasif. Jika mendapati sinyal Yoast masih merah, maka sebaiknya perhatikan kembali susunan kalimat dan pastikan kalimat pasif yang Anda gunakan tidak melebihi jumlah yang disarankan.

Baca Juga :  Macam-macam Web Server, dari Open Source hingga Berbayar

Panjang Paragraf

Panjang pendek paragraph juga cukup berpengaruh terhadap perubahan warna Yoast SEO. Dalam satu artikel, minimal kata yang harus dituliskan adalah 300 kata. Jika terlalu pendek, artikel akan terlihat kurang menarik dan informasinya tidak lengkap.

Begitupun dengan artikel yang panjang, biasanya pembaca akan mudah bosan. Sehingga Anda sebagai pemilik website harus cerdas dalam mengatur penulisan artikel. Jika tema yang diangkat cukup kompleks, cobalah untuk membuatnya menjadi dua konten artikel agar lebih enak saat dibahas.

Setiap sub bab, usahakan untuk mengisinya dengan 3-4 paragraf dengan jumlah per barisnya maksimal 4. Hal ini dilakukan agar kalimat yang dibuat bisa enak dibaca serta tidak terlalu gendut tampilannya.

Berikan Beberapa Kalimat Transisi

Cara agar Yoast SEO hijau semua berikutnya adalah dengan menambahkan beberapa kalimat transisi pada artikel yang ditulis. Kalimat ini mampu memperbaiki readability analysis, yang bisa mempermudah pengunjung website memahami artikel yang Anda publish.

Adapun contoh transisi yang bisa digunakan terbagi atas beberapa jenis, berikut ini contohnya:

  •   Transisi lanjutan terdiri dari: berikutnya, selanjutnya, bahkan, pula, dsb
  • Urutan waktu meliputi: peramaha, semantara, kini atau dahulu
  •  Berlawanan, seperti: namun, tetapi, bagaimanapun, dsb
  •  Ilustrasi meliputi: misalnya, atau contohnya
  • Simpulan yang terdiri dari: kesimpulannya, alhasil, ataupun akhirnya
  • Transisi sebab akibat: oleh karena itu, sehingga, akibatnya, dll.

Tugas Anda agar Yoast SEO bisa hijau cukup mudah bukan? memang awal-awal pasti Anda bingung, namun seiring waktu semua akan dikuasai secepatnya. Asal Anda tahu tips dan triknya agar bisa mendapat sinyal hijau secaptanya.

Nah, itulah beberapa informasi terkait cara agar Yoast SEo bisa hijau semua. Semoga ulasan di atas bermanfaat ya dan selamat mencoba.